Ibu dan Anak

Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, Dukung Anak Indonesia Menjadi Generasi Maju

Kepedulian kita sangat berarti untuk kemajuan anak Indonesia. Terimakasih SGM Eksplor, para mitra, dan semua bunda yang ikut menjadi bagian gerakan Ayo Tunjuk Tangan sehingga bisa memaksimalkan akses nutrisi dan pendidikan di 41 Kabupaten/ Kota di Indonesia.

Gerakan Ayo Tunjuk Tangan, Dukung Akses Nutrisi dan Pendidikan

Apakah bunda masih ingat dengan gerakan sosial #AyoTunjukTangan

Gerakan ini disambut baik oleh masyarakat terutama para bunda. Saya pun sudah ikut serta mendukung dan mengajak banyak bunda lainnya untuk berpartisipasi. Bunda juga begitu kan? bahagia ya bunda, dengan kepedulian yang tampaknya sederhana namun jika dilakukan bersama-sama akan menjadikan sebuah kolaborasi yang kuat agar anak Indonesia tumbuh jadi generasi maju.

Kita menyadari bahwa banyak masalah yang dihadapi oleh anak Indonesia. 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi anak yang memadai. Di beberapa daerah, kita masih menemukan anak yang kekurangan gizi dan tidak mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Padahal anak-anak adalah harapan bangsa yang akan meneruskan estafet perjuangan. 

Hal ini juga disampaikan oleh Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone Indonesia. Ia menyebutkan anak Indonesia masih menghadapi tantangan. Sehingga dibutuhkan dukungan banyak pihak dalam menangani masalah nutrisi dan pendidikan anak Indonesia agar dapat selesai lebih cepat. 

Untuk itu sebagai upaya mendukung kemajuan anak Indonesia, SGM Danone melalui SGM Eksplor melakukan inisiatif kolaborasi gerakan #AyoTunjukTangan yang berhasil memberikan dukungan berupa gawai dan beasiswa pendidikan 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia. 

Kita tentu menyadari ya bunda bahwa gerakan ini tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk mencapai cita-cita agar semua anak Indonesia punya tumbuh kembang yang optimal dibutuhkan banyak elemen untuk ikut kolaborasi, ikut tunjuk tangan menjaga anak-anak Indonesia. 

Apresiasi untuk para mitra diantaranya Telkomsel, Cakap, Kemendikbud Perin yang bahu membahu mewujudkan gerakan ini melekat dan bermakna di banyak bunda dan seluruh masyarakat. Bersama SGM Eksplor sudah bersama-bersama melangkah dalam memberikan kontribusi akses kemajuan Anak Indonesia dengan harapan anak-anak bisa sehat dan menghadapi masa depannya. 

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), Jumeri, S.TP., M. Si juga menyampaikan apresiasinya pada Gerakan Ayo Tunjuk Tangan yang menunjukkan kontribusi nyata dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Ia percaya bahwa mencerdaskan anak bangsa merupakan sebuah tugas yang harus dilakukan terus menerus dan wajib diemban selama eksistensi negara Indonesia. 

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang” (Jumeri, S.Tp.,M.Si)

Kemendikbud mencoba menghadirkan Merdeka belajar untuk pendidikan bermutu tingga. Dan juga merangkul semua yang berkepentingan untuk menghela semua potensi bangsa. Hal ini bisa dilihat dalam beberapa aspek seperti Angka partisipasi yang tinggi di seluruh jenjang pendidikan, Hasil pembelajaran berkualitas, Mutu pendidikan yang merata di setiap daerah. Untuk itu sejalan dengan meredeka belajar yang menjadi cita-cita kita. Kolaborasi kemitraan Danone melalui SGM Eksplor sangat diapresiasi karena telah menghadirkan berbagai dukungan demi kemajuan anak Indonesia seperti :

  • dukungan pencetakan modul belajar untuk kabupaten/ kota 3T, 
  • dukungan paket belajar daring (gawai, kuota, program belajar_
  • Rehabilitasi 10 bangunan gedung sekolah dasar sebagai bentuk kontribusi danone indonesia persiapan belajar tatap muka
  • Pemberian beasiswa siswa sd di kabupaten kota untuk memotivasi minat siswa
  • Dukungan paket nutrisi pertumbuhan anak 3+ 
  • Dukungan paket nutrisi pertumbuhan anak 1+ di sumedang jawa barat
  • Dukungan 1paket nutrisi pertumbuhan 1+ kupang flores 

Anak Indonesia Berhak untuk Maju

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo menyebutkan bahwa Gerakan Ayo Tunjuk Tangan adalah salah satu bagian dari misi SGM karena setiap anak Indonesia berhak untuk maju. Kemajuan itu tidak bisa sendiri saja bunda. SGM bergandengan tangan dengan para mitra mendukung anak Indonesia. Selain itu juga mengajak para orangtua untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.

Berikut bentuk dukungan kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan:

1. 75.000 Dukungan Nutrisi untuk Anak Usia di Atas 1 Tahun

Vurry Listiani, salah satu orang tua yang menerima dukungan nutrisi dari SGM Eksplor dan para mitra mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya. Sebagai orang tua ia sangat bahagia jika melihat anak bisa tumbuh kembang dengan baik apalagi dengan dukungan nutrisi, tumbuh kembangnya bisa terjaga. 

2. 1.500 Anak Mendapatkan Dukungan Beasiswa Pendidikan Online

Sr. Yustiana S.Sps selaku Kepala Sekolah di Labuan Bajo mengucapkan rasa syukurnya atas bantuan beasiswa pendidikan online dan gawai yang diberikan SGM Eksplor dan para mitra. Ia menyadari bahwa semenjak pandemi guru dan siswa mengalami kendala tidak meratanya teknologi untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya dukungan gadget dan kuota internet diharapkan bisa memotivasi siswa supaya lebih giat belajar dan proses pembelajaran jadi lebih baik. 

3. Rehabilitasi Sekolah

Bangunan sekolah yang layak menjadi salah satu motivasi siswa untuk semangat belajar. Untuk itu SGM melakukan renovasi sekolah agar setelah pandemi anak-anak bisa kembali sekolah dengan baik. Drs. Bernardus Dandur, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kab. Manggarai Barat) mengucapkan terimakasih dengan dukungan rehabilitasi sekolah sehingga lebih banyak siswa yang kembali belajar dengan rasa aman dan nyaman. 

Dukungan Para Mitra

Dukungan yang diberikan kepada anak-anak Indonesia ini berhasil direalisasikan berkat kolaborasi dengan masyarakat, pemerintah juga pelaku Industri yang juga punya komitmen dalam mewujudkan Kemajuan anak Indonesia, diantaranya CAKAP dan Telkomsel. 

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P Santoso menyampaikan rasa bahagia nya bergabung di gerakan Ayo Tunjuk Tangan. “Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital yang terdepan di Indonesia berkomitmen mendukung kemajuan anak Indonesia. Ayo Tunjuk Tangan ini merupakan kolaborasi program pertama kali yang sangat tepat dalam mendukung pendidikan anak Indonesia. Sejalan dengan Telkomsel yang berkomitmen memberikan kemudahan proses belajar. Merdeka belajar jarak jauh. Memberikan solusi belajar dengan kebiasaan baru untuk terus dorong Anak Indonesia lebih berkembang.”

Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri juga menyampaikan hal senada bahwa CAKAP mendukung kolaborasi gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan. “CAKAP mempunyai misi elevates people’s lives and increases the human resources’ competitiveness in Indonesia. Kami percaya, peningkatan kualitas pendidikan merata  dapat mendorong pembangunan nasional indonesia maju. Sebagai startup di bidang teknologi, CAKAP sangat sepakat dengan gerakan ayo tunjuk tangan sehingga anak-anak bisa memaksimalkan pendidikan belajar di rumah serta mendukung mereka mengembangkan kualitas dan kemampuan. Cakap menyediakan pendidikan bahasa inggris gratis. Berharap cakap memberikan manfaat platform belajar 2 arah.”

Masyarakat sebagai Support System dalam Mendukung Kemajuan Anak Indonesia

Nah bunda untuk membangun anak Generasi Maju yang sehat dan produktif tentu bukannya tanpa hambatan. Kita seringkali menemukan tantangan seperti ketidaksetaraan pengetahuan tentang kesehatan, literasi soal kesehatan, lalu akses nutrisi juga tidak merata.

Tantangan lain yang dihadapi adalah kurangnya keterlibatan publik. Selama ini masalah kesehatan dianggap sebagai masalah sendiri. Padahal kesehatan itu masalah bersama. 

Oleh karena itu Gerakan Ayo Tunjuk Tangan mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung keberhasilannya. Gerakan ayo tunjuk tangan tak lepas dari peran masyarakat sebagai support system untuk mendorong anak jadi Generasi Maju. 

Menurut Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci kita semua adalah aktor yang berperan dalam menyiapkan akses nutrisi dan pendidikan anak. Kita semua adalah support system kemajuan anak Indonesia. 

Kesehatan anak adalah salah satu goals yang harus disadari oleh orang tua dan semua elemen masyarakat. Kesehatan adalah investasi terbesar, apalagi saat Indonesia mengalami bonus demografi dimana penduduk kelompok mudanya lebih banyak. Untuk itu anak-anak sebagai Generasi Penerus Bangsa harus sehat dan produktif. Jadi selain kesehatan, kita perlu menjamin anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang baik.

Untuk itu bunda keterlibatan publik dalam memaksimalkan akses nutrisi dan pendidikan anak Indonesia sangat ditunggu. Kita bisa mulai dari hal-hal sederhana seperti melakukan kerja bakti, menjadi relawan, dan aksi sosial melalui platform digital. 

Dengan menjadi support system, bukan hanya bisa membantu anak Indonesia saja bun. Tetapi juga memberikan dampak positif untuk diri kita juga lingkungan. Apa saja sih? Misalnya kita bisa hidup dengan lebih baik karena menyuarakan kebaikan, menjadi bagian dari sesuatu yang besar, meningkatkan kepedulian serta membuat perasaan lebih bahagia. 

Saya juga percaya bahwa kebaikan dan kepedulian para bunda dalam mendukung anak Indonesia Maju akan memberikan semangat dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Yakinlah bahwa kebaikan akan menghasilkan kebaikan.

Terimakasih untuk SGM Eksplor bersama para mitra, masyarakat dan semua bunda seluruh Indonesia. Dengan kolaborasi yang kuat lewat #AyoTunjukTangan telah memberikan kontribusi besar untuk akses edukasi dan nutrisi demi mendukung kemajuan anak-anak Indonesia. 

#Ayo TunjukTangan #Generasi Maju #SGMEksplor

Bagikan postingan ini :)

(38) Komentar

  1. betul banget kita harus saling kolaborasi agar anak Indonesia bisa jadi anak generasi maju. keren programnya sgm dan para mitra ini
    semoga makin banyak lagi kegiatan bermanfaat seperti ini

  2. Wah bagus ini programnya SGM, tidak hanya menyediakan nutrisi untuk perkembangan anak, tetapi juga mendukung mereka untuk menjadi generasi maju.

  3. Iya program ini memang bagus banget buat bantu anak anak Indonesia

  4. Iya SGM selalu berkomitmen membantu anak anak di Indonesia jadi Generasi Maju

  5. anak indonesia memang masih banyak masalahnya dalam hal akses pendidikan dan nutrisi . semoga program ayo tunjuk tangan ini bisa terus berlanjuut

  6. Iya betul bagus bangett

  7. Iyaa apalagi di daerah kabupaten 3T. Semoga ya makin banyak program seperti ini

  8. Keren banget program ini memang, sesuai PP no.3 tahun 2021 ya Mbk.. Semoga terwujud dgn maksimal, sehingga nantinya bisa bnr2 terwujud anak bangsa yg berpotensi dan mndapatkan fasilitas pendidikan yg merata.

  9. Keren banget program SGM. Saya ikut tunjuk tangan supaya program seperti ini terus berlanjut dan manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak org yg membutuhkan.

  10. Ralat Mbk Pp no.3 tahun 2020.. hehe. Pokoknya aku dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini..

  11. Pokoknya mantap dah kalo sudah kebaikan anak Indonesia

  12. Iya betul yue sesuai nih sama program merdeka belajar nya pemerintah

  13. Iya mba sudah ikutan juga kan?

  14. Iyes semangat untuk anak indonesia

  15. Hehe iya yue makasih

  16. Betul.. Dan berharap makin banyak yang peduli

  17. Yeayy thankyou..
    Semoga makin banyak anak Indonesia yang jadi generasi maju

  18. Kalau semua kolaborasi untuk memajukan anak bangsa keren memang ya. Cung jempol untuk SGM

  19. Iya zef dari hal sederhana kalo bersama sama jadi hal yang besar

  20. Semoga dengan kampanye dan kolaborasi ini makin banyak anak Indonesia yang dapat akses edukasi dan nutrisi yang baik.

  21. Benar seksli mba. Jika banyak yang mendukung seperti ini, semoga semua anak di Indonesia bisa tercukupi asupan nutrisinya mba. Dukung selalu program SGM 🙂

  22. Apa kabar bunda anak generasi maju? Lama saya tidak update informasinya. Senang sekali ada ribuan anak yang mendapat biaya pendidikan gratis
    Semoga mereka jadi generasi maju ya. Aamiin…

  23. Dukung anak Indonesia untuk terus maju dan sukses dengan memberikan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang merata di setiap daerah.
    Siap dukung Gerakan Ayo Tunjuk Tangan dari SGM.

  24. Sepakat banget ini generasi harus makin maju dan makin sukses, keren deh program SGM ini ya salut

  25. Anak-anak sudah dipastikan akan menjadi generasi penerus bangsa bagi generasi sebelumnya. Sementara teknologi, dan zaman terus berkembang. Senang deh, kalau ada program-program yang concern terhadap anak seperti ini, karena keterlibatan semua pihak bisa membantu membekali anak-anak agar bisa tangguh dalam menjalani langkah ke depannya. Aamiin

  26. program yang keren. SGM memang selalu terdepan ya untuk dukung anak Indonesia menjadi generasi maju dan berprestasi 🙂

  27. Bagus sekali Program Ayo Tunjuk Tangan dari SGM ini bagus sekali untuk membantu anak-anak Indonesia mendapat akses edukasi dan nutrisi. Saya sudah ikutan juga dong..

  28. Gerakan Ayo tunjuk tangan bagus bnget ya tujuan selain nutrisi bidang Pendidikan Juga Ada smoga terus berlanjut nih Dan bisa kebagian semua nya

  29. Saya baru tau kalau program daei SGM ini berkolaborasi dengan Kemendikbud juga. Karena memang masalah edukasi dan nutrisi anak sebagai masa depan bangsa ini perlu bersama dipikirkan, bukan hanya beberapa pihak saja ya. Semoga tercapai tujuannya aamiin.

  30. Aku ikutan kolab buat anak indonesia nih, mba, sampai isi beberapa kali formnya biar anak-anak Indonesia terpenuhi gizi dan nutrisinya

  31. Keren banget ya program SGM bisa membantu anak Indonesia dalam mengejar impian mereka dalam bidang pendidikan, banyak banget program bermanfaat seperti membangun sekolah dan lainnya, ikut bangga..

  32. Salut banget dengan program SGM yang memberikan
    beasiswa pendidikan kepada 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu

  33. Keren banget program Ayo Tunjuk Tangan ini ya mba, sehingga bisa memberikan kontribusi besar untuk akses edukasi dan nutrisi ya. Semoga anak-anak menjadi generasi maju.

  34. menjadi generasi maju emang harus dipersiapkan sedini mungkin ya mbak
    caranya ya dengan memberikan pendidikan dan nutrisi yang terbaik untuk anak

  35. ALhamdulillah sudah disalurkan ya donasinya dari program ayo tunjuk tangan. Semoga makin banyak hasilnya ke depannya

  36. Semoga program ini berlanjut ya sampai merata semua anak di daerah punya akses nutrisi dan pendidikan yt sama dengan di kota

  37. Program SGM makin berkelas yah dan sangat peduli dengan kemajuan anak bangsa. Semoga sukses terus program SGM.

  38. Bagus ya program SGM dengan memberikan beasiswa dan renovasi sekolah. Semoga program ini membuat anak-anak Indonesia mendapatkan fasilitas yang layak dan aksea yang memadai saat PJJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *