Furniture

Inspirasi Rooftop Rumah Minimalis yang Kekinian

Rumah minimalis dengan tambahan rooftop memang sedang kekinian. Jika dahulu rooftop sering tampak di bangunan komersil seperti hotel, cafe maupun restoran, kini penggunaan rooftop makin kerap digunakan di rumah untuk berjemur, berkebun maupun bersantai.

Pengertian Rooftop dan Fungsinya

Rooftop adalah atap datar berupa dak beton yang biasa ditemukan pada rumah bergaya modern minimalis dan diletakkan di bagian atas rumah dan terbuka. Pemilik rumah dapat memanfaatkannya untuk menjemur pakaian. Selain itu pemilik rumah bisa bersantai menikmati matahari pagi dan sore serta sebagai arena berkumpul keluarga.

Rooftop bisa juga dikatakan multifungsi karena memiliki beragam manfaat diantaranya:

1. Terlihat Estetik

Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang menyukai gaya bangunan minimalis dan estetik. Penambahan rooftop serta furniture dan dekorasi yang sesuai akan memberikan kesan unik dari sebuah bangunan. Makanya tak jarang rumah, cafe, maupun restoran memaksimalkan fungsi rooftop agar bangunan terlihat menarik.

2. Tempat Berkebun

Rumah minimalis yang tidak banyak space kosong dapat memanfaatkan rooftop sebagai tempat berkebun atau area hijau. Rumah akan terasa lebih sejuk dengan tanaman hias, tanaman herbal maupun tanaman yang dibutuhkan untuk masak. Penghijauan di rumah juga mampu membuat mood jadi lebih baik bukan?

3. Area Berkumpul

Rooftop dengan desain yang nyaman akan jadi tempat favorit siapa saja, apalagi jika sedang berkumpul dengan keluarga. Karena terbuka, angin akan lebih terasa dan mampu menghilangkan penat setelah lelah bekerja. Kamu pun bisa mengundang teman-teman untuk diskusi bersama di area rooftop.

4. Ruang Makan Outdoor

Sore hari yang sejuk dengan cuaca cerah menjadi waktu yang pas untuk menikmati acara makan bersama keluarga dan kerabat di ruang terbuka. Momen ini sangat menyenangkan. Kamu bisa membuat rooftop yang dilengkapi dengan meja dan kursi. Atau rooftop juga bisa digunakan untuk acara barbeque di malam hari, jadi tambahkanlah lampu yang memadai. Acara barbeque akan lebih seru apalagi jika langit sedang bagus dengan bintang yang menghiasi.

Inspirasi Rooftop untuk Rumah Minimalis yang Kekinian

Tertarik untuk menambahkan rooftop di rumah impian? Berikut macam-macam rooftop yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Rooftop dengan Aksen Kayu

Rumah dengan rooftop aksen kayu akan tampil mewah namun natural. Rooftop jenis ini sesuai namanya terbuat dari bahan dasar kayu baik pada dinding, lantai, hingga kursi dan furniture lainnya.

Kesan alami dan natural akan dominan. Selain itu akan terasa sejuk saat kaki menginjak dasar kayunya.Desain rooftop dengan aksen kayu membuat kamu akan betah berlama-lama. Desain ini cukup populer dan banyak digunakan. Vibes bersantainya lebih terasa. Agar lebih keren, kamu bisa menambahkan atap semi transparan agar lebih terlindung saat hujan.

Rooftop Hijau

Konsep rumah hijau juga sedang hits dan jadi salah satu pilihan terbaik ketika kamu merencanakan pembuatan rooftop. Pemandangan akan terasa sejuk dan asri ketika rooftop juga berfungsi sebagai lahan hijau dan tempat bersantai. Kamu bisa menambahkan aneka tanaman favorit di sekitar rooftop. Namun pastikan bahwa struktur atap harus kuat untuk menahan beban tanaman, air serta perabotan yang akan diletakkan.

Rooftop Bohemian

Konsep bohemian juga bisa diterapkan pada rooftop minimalis untuk menciptakan suasana hangat saat berkumpul bersama kerabat. Gaya bohemian style decor bisa dibawa dengan berbagai dekorasi seperti karpet lantai motif etnik, corak sarung bantal tribal, hingga throws sebagai elemen pelengkap untuk menciptakan kesan yang nyaman. Kamu juga bisa menambahkan kaktus dan sukulen dengan bentuk yang variatif. Rooftop bohemian benar-benar unik dengan warna hangat.

Rooftop Industrial Minimalis

Tak kalah populer, rooftop industrial menjadi salah satu jenis rooftop yang paling disukai oleh milenial. Konsep rooftop ini cocok diterapkan di lantai atas rumah dengan lahan yang terbatas. Gayanya kekinian namun hemat karena material yang digunakan tidak terlalu banyak dan efisien.

Untuk menambahkan kesan modern, kamu bisa menambahkan furnitur seperti bangku, meja kecil dan beberapa minuman makanan serta tanaman hias.

Penataan yang tepat harus diperhatikan agar rooftop tidak terkesan sempit. Kamu bisa menggunakan material kanopi baja ringan sebagai interiornya. Baja ringan ini memberi kesan industrial karena memiliki warna-warna natural dan trendi.

Kanopi Baja Ringan untuk Rooftop Industrial

Baja ringan merupakan bahan yang memiliki berbagai keunggulan untuk membuat rooftop industrial minimalis. Kelebihannya tersebut adalah anti karat, anti rayap, tidak lapuk, dan tidak mengalami korosi sehingga akan tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Perakitan kanopi baja ringan juga lebih mudah dibanding material lainnya karena menggunakan baut khusus. Proses pemasangan yang mudah dan cepat juga menghemat dana yang dikeluarkan.

Kamu pun tak perlu khawatir soal ketahanan cuaca, karena kanopi baja ringan kuat terhadap perubahan cuaca, tidak memuai dan menyusut serta tetap seperti bentuk aslinya.

BlueScope ZacsⓇ yang sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Australia merupakan merek baja ringan yang sudah dipercaya akan kualitas dan kekuatannya. Dengan warna-warna trendi yang terinspirasi dari keindahan alam membentuk tekstur menyerupai kulit jeruk yang unik pada permukaan baja lapis aluminium seng AZ100. Hal tersebut akan semakin mendukung rooftop dengan konsep industrial minimalis yang kamu impikan. Selain itu, baja ringan BlueScope ZacsⓇ juga menyediakan garansi resmi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna.

Tips Memasang Rooftop dengan Benar

Bagaimana? Apa kamu sudah menemukan ide untuk membuat rooftop di rumah? Nah jangan terlalu terburu-buru ya karena kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini agar rooftop yang diinginkan dapat dibangun sesuai harapan!

1. Pilihlah Rooftop Sesuai Kebutuhan

Jangan hanya ikut-ikutan. Sebelum membangun rooftop, pilihlah jenis rooftop sesuai yang kamu minati dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tipe rooftop di atas bisa jadi inspirasi. Jika ingin punya rooftop modern dan hemat kamu bisa pilih rooftop industrial, atau jika suka berkebun kamu bisa buat rooftop hijau.

2. Pilih Material dan Vendor Terpercaya

Pilihan konsep rooftop akan mempengaruhi material yang dibutuhkan. Jadi setelah memilih konsep, barulah diskusikan dengan vendor dan temukan material terbaik. Kanopi baja ringan misalnya dibutuhkan untuk membuat rooftop modern. Percayakan juga pembuatan rooftop dengan vendor yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

3. Perhitungkan Biaya

Biaya juga menjadi bagian penting yang harus dipertimbangkan. Jangan memaksakan diri untuk membuat rooftop mewah jika budget kamu minim. Lebih baik buat rooftop minimalis yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Perhatikan Keamanan

Tips terakhir namun sangat penting adalah faktor keamanan. Akan percuma punya rooftop estetik dan mewah namun tidak aman untuk keluarga. Jadi kamu harus mempertimbangkan kekuatan bangunan rumah yang akan dibuat rooftop serta dekorasi yang harus ada di rooftop apakah akan mengganggu kekuatan bangunan apa tidak.

Referensi:

https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/inspirasi-rooftop-konsep-minimalis-yang-kekinian

https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/rincian-biaya-pasang-kanopi-baja-ringan-dan-kelebihannya

https://www.rumah.com/panduan-properti/rooftop-minimalis-59424

https://www.dekoruma.com/artikel/141224/model-kanopi-rooftop-minimalis

Bagikan postingan ini :)

(28) Komentar

  1. jadi semakin cantik ya ada rooftop seperti ini di rumah
    mau coba juga bikin yang minimalis

    1. ayo dibuat juga rumah dengan rooftop

  2. Duh impian sekali punya rumah rapi minimalis dan ada rooftopnya begini
    Bisa untuk santai, berkebun dan acara keluarga

    1. iya betul rooftop multi fungsi ya kak

  3. punya rooftop dipakai untuk berkebun. malah aman dari serangan hewan ternak tetangga. tadinya waktu di halaman kebunnya diacak-acak ayam tetangga hahaha.

  4. Nyaman banget kalau bisa punya rooftop minimalis kekinian di rumah ya. Ngebayangin asyiknya berkumpul bersama keluarga di fooftop sambil menikmati pemandangan yang serba hijau dan asri. Mantaap, deh!

  5. Rooftop industrial semakin disukai ya, kayak resto2 maupun dafe dan hotel pun tak mau ketinggalan. Di rooftop kita bisa duduk2 manis, menikmati suasana sekitar rumah dilihat dari atas. Sekarang kita bisa pakai kanopi baja ringan dengan brand terpercaya seperti Blue Scop Zacs ya mbak. Kualitas dan pilihannya bervariasi, mantap deh, hunian jadi lebih indah dan bermanfaat.

  6. Wah, emang cantik ya mbak rooftop minimalis kekinian ini
    Someday pengen juga renovasi rumah buat nambahin rooftop sekece ini

  7. Rooftop di rmh HOME swert Home bunda yg mungil, 4L (LoLagi/Lo Lagi) bunds jadikan kebun da. T4 jemuran.

  8. Saya tuh sempat kepikiran punya rooftop di rumah. Apalagi ada teras atas yang berasa kurang dimanfaatkan. Dibikin cantik gini kayaknya bakal makin betah.

  9. Pengen banget ini memperbaiki rooftop di rumah dan memberdayakannya untuk fungsi-fungsi tambahan tapi memang kalau mau dimaksimalkan biaya yang dibutuhkan juga cukup lumayan ya mba

  10. Aku ingin punya juga roortop sebesar itu dan gede ya jadi nyaman sekali. Tapi hingga kini belum terwujud. Kalaupun mau, inginnya yang minimalis saja. Makasih rekomendasinya ya mba Ria

  11. Effisiensi roortop ini sering dilihat di drakor yah, hehehe, tapi emang di mereka dimanfaatkan dengan baik serta fasilitas yang dilengkapi. Kalo aku pribadi mau juga kalo bisa buat berkebun atau buat jemur pakaian baelah, hahaha

  12. Evi menulis:

    Rumah dengan rooftop adalah impianku yang belum padam juga sampai sekarang. Memang sih seru banget kalau punya taman di atas rumah. Selain ditanami bunga-bunga juga aneka sayuran organik. Jadi mimpi nih mengisi hari tua dengan berkebun 🙂

  13. Di rumahku tidak ada rooftop, tapi ide untuk pemasangan kanopinya bisa diterapkan di kebun rumah bagian belakang. Ibu punya banyak tanaman yang bakalan makin cantik saat ditata dengan rapi barengan dengan tempat duduk.

  14. Damar Aisyah menulis:

    Desain rooftop-nya cakep2 nih. Suatu hari kalau punya rumah yang lingkungannya mendukung pengin juga punya rooftop begini. Saya paling suka yg gaya industrial karena terkesan sederhana dan ringkas.

  15. Impianku banget ini Mbak, memiliki rooftop yg asri dan nyaman buat kumpul keluarga. Ngeteh sore-sore ditemani cemilan, wah… rasanya langsung mau rombak atap untuk dijadikan rooftop hahaha

  16. Kebetulan sekali aku memang sedang ingin membuat rooftop di rumah, lagi masih cari-cari inspirasinya juga. Karena lahan yang mau dibangun tidak begitu besar jadi pengin memaksimalkan dengan design minimalist gitu.

  17. Pengen banget deh punya rooftop di rumah yang bisa dipakai makan atau ngopi-ngopi cantik… Jadi engga perlu ke kafe, hihihi…

  18. Kalau di drama, rofftop tuh buat santai, lihat bintang. Kalau aku, kayanya pengen yang punya terus diisi tanaman, sayuran dan juga buat duduk dan menikmati hari. Cuma di Indonesia tuh PR-nya soal panas yaaa

  19. Tiap kali liat inspirasi rooftop bersliweran di sosmed langsung diholawatin karena sepengen itu punya rooftop. Semoga ada rejeki bisa bikin rooftop impian yaa. aamiin

  20. wah pengen banget punya rooftop dirumah, sayang rumahnya masih satu lantai mba, padahal enak buat ngopi sore-sore ya

  21. Cita cita suamiku mba, pengen punya rooftop tempat BBQ dan kumpul2 keluarga dan teman. Wah jd salah satu rekomendasi nih BlueScope ZacsⓇ. Tq infonya ya mba

  22. Karena melihat project rooftop yang lewat di reels Instagram, aku jadi lihat-lihat ide rooftop yang mungkin bisa diterapkan di rumahku. Sudah aku tandai beberapa yang keren dan multifungsi. Hehe.

  23. Sebagai pemakai baja ringan untuk atap rumah, saya mupeng lihat rooftop rumah minimalis kekinian yang memakai material tidak terlalu banyak dan efisien ini. Cakep banget ini rooftop baja ringannya

  24. Rooftop itu enaknya pas malam bisa lihat lampu kerlap kerlip, kalau buat BBQ plus kumpul keluarga seru banget pokoknya . Di rumah ibuku rooftop itu dikasih tanaman macem-macem jadi adem liatnya. Tambah cakep kalau ke roftop

  25. rooftop sekarnag menjadi salah satu bagian rumah yang sengaja dibuat untuk me time keluarga yaa. keren deh, apalagi kalau didisain dengan perencanaan yang matang, hasilnya aestetik yaa.

  26. Impianku banget nih punya rumah yang ada rooftopnya. Kayanya asyik nih pagi2 ngopi sambil berjemur di rooftop hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *