Ibu dan Anak

Keseruan Kreasa 3rd Anniversary

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, begitu pun saat kita menjadi orang tua dan dikaruniai seorang anak. Kesempatan dan berkah luar biasa mendapatkan amanah untuk membersamai tumbuh kembang mereka. 

Meskipun tidak memiliki banyak ilmu saat menikah, aku percaya bahwa aku punya kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Bersyukur banget, di era digital saat ini ruang untuk belajar hal-hal baru terbuka luas termasuk untuk mempelajari dunia anak dan pengasuhannya.

Salah satu kegiatan baik yang aku ikuti belum lama ini adalah rangkaian edukasi yang diadakan oleh Kreasa dan Parentoday dalam menyambut ulang tahun Kreasa yang ke tiga. Ada webinar parenting, kelas desain dan kelas komik dengan mengangkat tema “Unlocking Creativity: Enpowering Parents and Inspiring Children”. Rangkaian kegiatan seru ini berlangsung selama 3 hari (31 Maret – 2 April 2023).

Rangkaian kegiatan ulang tahun kreasa

Ada yang sudah pernah dengar tentang Kreasa?

Kreasa adalah pusat kreativitas anak untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi melalui berbagai program dengan tepat dan terarah. Kreasa menghadirkan beberapa kelas pilihan yang dapat membantu anak mengasah minat bakatnya seperti animation, speaking, comic, steam, writing, dll.

Kreasa 3rd Anniversary mengajak orang tua dan anak untuk kembali belajar dengan cara yang menyenangkan. Meskipun lewat zoom, acara tetap berlangsung seru dipandu oleh kak Tika dan kak Mira. 

1. Parenting Webinar

Growth mindset parenting adalah bahasan yang disampaikan oleh Mba Miranti (Founder & CEO of Kreasa). Pembahasan ini sangat menarik, karena sebagai orang tua kita diharapkan dapat menerapkan tipe parenting ini. Growth mindset berarti pemikiran atau pola pengasuhan yang cenderung selalu ingin memperbaiki diri dalam menjalankan kehidupan.  Berikut tipikal growth mindset:

  • senang belajar hal baru
  • masalah dianggap sebagai tantangan
  • terbuka dengan kritik/saran
  • kegagalan dijadikan pembelajaran

Dengan adanya growth mindset orang tua mampu mengenali karakter anak dengan pikiran positif. Contohnya: anak yang aktif ternyata punya kecerdasan kinestetik. Mba Mira mengingatkan untuk mengenali karakter anak dengan : amati- pelajari-pahami dan fasilitasi karena “Anak adalah Masterpiece”.

Selain itu Penting banget untuk “connection before correction”. Maksudnya sebelum menyalahkan anak atas apa yang ia lakukan, sebagaiknya bangunlah bonding dengan banyak diskusi dan melakukan kegiatan bersama. Dengan begitu anak akan merasa bahagia dan dihargai. 

Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Potensi Diri Anak

Keseruan parenting webinar berlanjut dengan kehadiran Mba Fabiola Priscilla. Saya pernah ketemu mba Fabiolla sebenarnya di Pelatihan Ibu Penggerak, jadi senang banget akhirnya bisa dapat ilmu dari beliau. Mba Fabbi bicara tentang meningkatkan potensi diri anak. 

Sebelum bicara bagaimana meningkatkan potensi. Kita perlu tahu dulu bahwa potensi anak itu terbaik dua yaitu fisik dan non fisik. Fisik berhubungan dengan jasmani, penampilan fisik, indrawi, kekuatan dll. Sedangkan potensi non fisik berhubungan dengan intelegensi, kecerdasan, bakat, minat, hobi, emosional dll. 

Lalu Tips Peran Orang Tua untuk menemukan Potensi Tersebut?

  • Kuantitas waktu (proioritas-kelola): banyaknya waktu mendampingi anak menjadi sangat penting
  • Kualitas : kita perlu hadir tidak sambilan melakukan aktifitas lain
  • Memiliki wawasan yang luas (tugas perkembangan) dengan mengupgrade ilmu tentang parenting, perkembangan anak dll. 
  • Komunikasi yang baik (asertif)
  • menjadi tauladan (sikap, kata, perilaku, pilihan, prioritas belajar)

2. Design Class

Setelah belajar di parenting webinar. Hari selanjutnya tanggal 1 April 2023, giliran anak-anak yang memulai kelas bersama Kreasa. Kali ini Adik Ghazy yang ikutan Design Class : Menggambar Digital Pakai Ibispaint X yang dipandu oleh Kak Uwan. Ghazy tidak sendiri karena ada banyak teman-teman lainnya yang juga ikutan. 

Sebelum memulai anak-anak diminta untuk menginstall aplikasi Ibispaint X yang menurut kak Uwan cukup mudah digunakan oleh pemula. Kak Uwan juga menjelaskan cara membuat sketsa dari gambar baju yang sudah ada. Setelah sketsa selesai, gambar asli akan dihilangkan sehingga anak-anak bisa menyesuaikan warna sesuai dengan keinginannya.

Ghazy senang banget karena dia memang tertarik dengan menggambar digital di handphone. meskipun perlu waktu, akhirnya Ghazy bisa menyelesaikan desain yang ditugaskan

3. Comic Class

Minggu, 2 April 2023. Abang Ubay bisa hadir karena libur sekolah. Kelas ini memang difokuskan ke abang karena adek ghazy belum bisa menulis cerita sendiri. 

Kak Rifqi yang memandu kelas comic. Ubay bersama teman-teman diminta menceritkan cita-cita mereka dalam bentuk komik. 

Meskipun dilakukan secara online, tidak mengurangi semangat Ubay untuk belajar. Kak Rifqi pun sangat baik menjelaskan dan mecontohkan langsung cara memulai membuat komik.

Ubay menggambar komik yang menceritakan cita-cintanya menjadi pembuat robot. Di akhir kelas, Ubay pun diminta mempresentasikan karyanya kepada teman-teman.

Seru banget ya rangkaian acara kreasi 3rd anniversary ini. Semoga lain waktu bisa ikutan lagi kelasnya. Terima Kasih Kreasa

Bagikan postingan ini :)

(24) Komentar

  1. Ya Allah, Mba.. Saya pikir kreasa tuh nama anak, mba.. Hahaha.. Ampun dah. Pas baca ternyata program kreatifitas utk anak-anak toh. Iiih jadi mau coba kelasnya deh. Biar bakat minat anakku makin berkembang.

  2. menulis:

    seru banget kegiatan anniversary nya, sebagai orang tua juga ikutan belajar ketika anak-anak mulai tumbu dan berkembang. Ubay seru nih bikin komik, lucu gambar karakternya, bisa nih punya hobi jadi komukus

  3. tak terasa ya mba Kreasa sudah berusia 3 tahun, manfaat dari program Kreasa ini luarbiasa buat mengembangkan minat anak

  4. Wah, kalau aku baca, ini mirip programnya ibu punya mimpi ya mbak. Aku pernah ikut salah satu kelasnya ibu punya mimpi. Emang ya kalau sudah jadi ibu itu harus terus belajar, supaya bisa catch up sama anak, supaya bisa tetep deket sama anak, juga supaya bisa berusaha jadi ibu yang lebih baik lagi.

  5. menulis:

    Sebagai generasi pak Tino Sidin, aku iriiii… hahahah. Senang melihat anak2 terlihat gembira saat menggambar dan membuat komik. Bagus sekali programnya. Orangtua dan anak bisa tambah dekat dan belajar bareng meningkatkan kretifitas anak.

  6. Salut,Kreasa menginjak 3 tahun ya mba. Aku tau karena mba Miranti teman SD dan SMP aku masya Allah Rantiiii. Bener banget connection before correction. Kadang langsung aja ngebenerin tanpa tanya kenapa pada anak..wah Ghazy suka gambar2 di ibis kah..
    Sukses selalu, barakallah Kreasa.

  7. Kreasa bisa menjadi jembatan untuk mengembangkan kreativitas dan hobi anak-anak ke level yang lebih tinggi lagi karena bakat saja sebenarnya tidak cukup namun dibutuhkan pengetahuan khusus agar anak bisa mengembangkan bakatnya sesuai dengan ilmu. Dengan belajar bersama ini, orangtua bisa tahu sejauh mana perkembangan bakat anak-anaknya dan juga untuk meningkatkan bonding antara orangtua dan anak. Program-programnya juga bagus banget sayangnya anak-anakku sudah besar dan kuliah di luar kota.

  8. Ah, ini yang sepertinya saya butuhkan. Pengen bocah tu belajar dengan cara yang menyenangkan. Kadang dia terlihat seakan banyak keharusan dalam belajar, hehehe. Mudah-mudahan anaknya mau coba kelas online, karena anaknya belum terbiasa dengan online. Sip deh, kreasa.

  9. Masya Allah.. memuliakan anak2 memang sudah patut kita lakukan yaa terutama orang tua.. semoga bisa terus membersamai anak dengan lebih baik. Happay anis 3th yaa

  10. Sukses terus buat Kreasa . Senang ya ada kegiatan seperti ini, bakat dan minat anak jadi tersalurkan

  11. Wah ada comic class berapa itu harganya mak? Anak saya suka banget gambar dan pengen dijadikan komikus sama saya hehe.. Dia juga minat sih, kabarin ya mak untuk prosedur daftarnya. Terjangkau nggak harganya?

  12. Masya Allah duo jagoan nih suka desain dan gambar juga ya. Nanti belajar bareng ya biar bisa dapat cuan juga sama Kanga Athifah

  13. Bagus banget ada kelas komik, ini keren banget deh! Asli menarik sekali buat diikuti nih

  14. Ih keren banget gambarnya. Aku suka banget kalau ikutan webinar yang bener-bener bsa upgrade pengetahuan selama menjadi ibu. Menurutku, jadi ibu itu nggak mudah dan kudu selalu mau belajar untuk menambah ilmu jadi orang tua

  15. Saya kira tadi nama anakmu Mak, Kreasa.

    Kayaknya seru banget ya belajar di Kreasa.

  16. Saluuut sama Kak Mira dan Kreasa. Alhamdulillah sudah mencapai usia 3 tahun yaa. Kreasa ini lahir saat pandemi memfasilitasi belajar online buat anak-anak.
    Acara anniversary ini ortunya belajar, anak-anak juga belajar desain dan komik. Asik yaa ikutan kelas di Kreasa.

  17. Wah seru banget.
    Bareng kreasa yang uda memasuki tahun ke-3. Happy 3rd anniversary, Kreasa.
    Menggambar dengan ilmu dan teknik ini tentunya akan terasa lebih “deep” daripada tanpa bimbingan. Guru-guru di Kreasa pasti sangat menyenangkan saat menyampaikan ilmu ya..

  18. Sebagai orang tua kita memang harus terus belajar ya, Mbak. Btw bagus banget itu kalimat dalam hadits riwayat Abu Daud dan At-Tirmidzi 🙂

  19. Wah keren nih. Aku baru tahu dengan KREASA ini. Bagus ya buat anak. Kepengen deh aku ikutkan anak-anakku, 2 yang masih kecil ke tempat kayak KREASA ini. Biar minat, bakat, serta potensi anak bisa tergali dengan optimal.

  20. Masya Allah, di Kreasa kita dapat menemukan bakat dan minat anak, ya. Jadi, sejak kecil kita akan tahu mengarahkan ke mana mereka sesuai dengan bakat dan minatnya. Agar anak bahagia dan nyaman ketika belajar, orang tua juga tidak memaksakan kehendaknya.

  21. Alhamdullillah bergabung dengan berbagai komunitas positif seperti KEB sangat membantuku mengadopsi gaya pengasuhan anak yang cocok untuk buah hati yang kebetulan kelahirannya di era milenial.

    Menikmati tulisan Kreasa 3rd Anniversary di atas, bagian ini adalah favoritku!

    “… Peran Terbesar orangtua adalah menerima, mengapresiasi dan mendukung anak sesuai potensi yang mereka miliki!”

    Iyes!
    Alhamdullillah, aku membuktikan sendiri betapa menerima, mengapresiasi serta mendukung anak sesuai potensi itu selayaknya investasi!

    Insya Allah, kita, para orang tua akan memanen gaya pengasuhan yang kita terapkan ke buah hati!
    Percayalah!

  22. Artha Amalia menulis:

    Kalau dulu anggapannya anak2 kudu rajin belajar. Eh sekarang mah orang tua jg kudu banyak asah skill, belajar biar bisa pahami anak dan mengikuti perkembangan zaman biar tumbuh kembang anak optimal yak. Serunya kegiatan orang tua dan anak ini, meski online tapi sungguh berkesan

  23. Baru tahu dengan Kreasa ini. Luar biasa yah kegiatannya sekalipun lewat zoom, tetapi tetap mengedukasi.

  24. Wah seru banget nih kegiatannya si kecil. Belajar yang menyenangkan itu begini ya mak. Membantu juga untuk menyalurkan minat dan bakat anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *