Kesehatan

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi

gigi putih berseri

Senyum adalah jendela hati, dan tentu saja, kita semua ingin menjaga senyum kita tetap cerah dan menawan. Salah satu cara yang terbaik untuk memiliki gigi yang putih berseri adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk memutihkan gigi. Namun, dengan banyaknya pilihan di pasaran, bagaimana kamu bisa yakin memilih yang terbaik?

Memilih Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi

1. Perhatikan Kandungan Pemutihnya

Ketika kamu mencari pasta gigi untuk memutihkan gigi, pastikan untuk memperhatikan kandungan pemutihnya. Bahan-bahan seperti hydrogen peroxide, sodium bicarbonate, atau karbamid peroksida sering digunakan dalam pasta gigi pemutih untuk membantu menghilangkan noda dan memperbaiki warna gigi yang kusam. Pastikan pasta gigi yang kamu pilih mengandung salah satu atau lebih dari bahan-bahan tersebut untuk hasil yang optimal.

2. Pilih yang Mengandung Flouride

Selain bahan pemutih, penting juga untuk memilih pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride adalah mineral yang penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Dengan memilih pasta gigi yang mengandung flouride, tidak hanya membantu memutihkan gigi, tetapi juga menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

3. Pertimbangkan Kandungan Abrasifnya

Sebagian besar pasta gigi pemutih mengandung bahan abrasif yang membantu menghilangkan plak dan noda dari permukaan gigi. Namun, kandungan abrasif yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi jika digunakan secara berlebihan. Pastikan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan abrasif yang seimbang untuk menghindari kerusakan pada enamel gigi.

4. Cari yang Direkomendasikan oleh Ahli Gigi

Jika bingung dalam memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli gigi. Mereka dapat memberikan saran yang spesifik berdasarkan kondisi gigi dan membantu kamu memilih pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mereka juga dapat memberikan tips tambahan untuk menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

5. Hindari Pasta Gigi dengan Kandungan Gula yang Tinggi

Ketika memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi, penting untuk menghindari pasta gigi yang mengandung gula atau pemanis buatan lainnya. Gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan memperburuk masalah pewarnaan gigi. Pilihlah pasta gigi yang bebas gula atau pemanis buatan untuk menjaga kesehatan gigi.

6. Perhatikan Alergi dan Sensitivitas

Jika kamu memiliki alergi tertentu atau sensitivitas terhadap bahan-bahan tertentu, pastikan untuk memeriksa label kandungan pasta gigi dengan cermat. Hindari pasta gigi yang mengandung bahan-bahan yang dapat memicu reaksi alergi atau membuat gigi lebih sensitif. Pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan gigi.

7. Konsistensi dalam Penggunaan

Memilih pasta gigi yang tepat adalah langkah awal, tetapi konsistensi dalam penggunaan juga sangat penting. Untuk mencapai hasil yang optimal, gunakan pasta gigi pemutih secara teratur sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan pasta gigi. Biasanya, pasta gigi pemutih digunakan dua kali sehari, selama dua menit setiap kali menyikat gigi.

pasta gigi yang memutihkan gigi
Foto oleh Kampus Production: https://www.pexels.com/id-id/foto/cinta-kasih-rasa-sayang-wanita-7414402/

Tips Agar Gigi Putih dan Sehat

Selain menggunakan pasta gigi pemutih, kamu juga dapat melakukan beberapa hal lain untuk memutihkan gigi, antara lain:

  • Sikatlah gigi secara teratur yaitu selama dua menit setiap menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus serta pasta gigi yang mampu memutihkan gigi seperti close up white attraction mineral clay & acai berry.
  • Gunakan benang gigi: Gunakan benang gigi sekali sehari untuk membersihkan plak dan sisa makanan di antara gigi.
  • Berhenti merokok: Merokok dapat menyebabkan gigi menguning dan bernoda.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menodai gigi: Makanan dan minuman seperti kopi, teh, soda, dan anggur merah dapat menodai gigi. Jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman ini, segera bilas mulut dengan air setelahnya.
  • Perawatan gigi profesional: Kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi secara rutin. Dokter gigi juga dapat memberikan perawatan pemutihan gigi profesional yang lebih efektif.

Penting untuk diingat bahwa memutihkan gigi membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan berharap gigimu akan langsung putih berseri setelah menggunakan pasta gigi pemutih. Gunakan pasta gigi pemutih secara teratur dan ikuti tips di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagikan postingan ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *