Otomotif

Mobil Baru vs Bekas: Mana yang Lebih Hemat Jangka Panjang

Membeli mobil baru atau bekas seringkali menjadi pertimbangan yang tidak ada habisnya karena keduanya memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing. Dalam membeli kendaraan roda empat yang diinginkan, tentunya Anda harus memperhatikan banyak hal seperti kondisi keuangan. Pasalnya budget yang dimiliki ini menjadi acuan mobil yang akan didapatkan.

Dalam proses pembelian kendaraan sendiri Anda bisa menggunakan jasa leasing mobil untuk membiayai sejumlah harga yang dibutuhkan. Namun sebelum itu tentunya Anda harus menentukan akan membeli mobil baru atau bekas agar proses yang dilakukan dapat berjalan lancar hingga mobil di tangan Anda.

Nah jika Anda masih bingung akan membeli pilihan mobil yang mana, maka kami akan membantu Anda dengan memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangannya antara mobil baru dan bekas. Penasaran apa saja informasinya?

Kelebihan Beli Mobil Baru

Sebagai bahan pertimbangan antara memilih mobil baru atau bekas, Anda harus paham terlebih dulu apa saja kelebihan beli mobil baru. Dengan demikian, yuk intip ulasan tentang kelebihan beli mobil baru yang akan kami bahas selengkapnya.

1. Terjamin Garansi

Alasan membeli mobil baru yang harus Anda pertimbangkan adalah adanya jaminan garansi. Tentunya hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan perbaikan gratis selama masih memiliki garansi resmi dari pihak dealer. Biasanya garansi yang diberikan mencapai 36 bulan atau sekitar 100.000 kilometer perjalanan.

2. Dapat Servis Gratis

Keuntungan yang akan Anda dapatkan saat membeli mobil baru yang selanjutnya adalah adanya servis gratis. Pelayanan menarik yang satu dapat Anda rasakan beberapa kali hingga batas waktu tertentu sesuai dengan keputusan pihak dealer. Meskipun demikian, dengan adanya servis gratis ini bisa menghemat pengeluaran dalam merawat mobil yang dimiliki.

3. Kualitas Mobil Terjamin

Berbeda dari mobil bekas yang pernah dipakai oleh orang lain, kualitas mobil baru akan lebih terjamin karena belum pernah digunakan oleh siapapun. Dengan demikian, jika Anda menginginkan kualitas mesin terjaga, maka belilah mobil baru dari dealer langsung.

Kekurangan Beli Mobil Baru

Selain memiliki keunggulannya tersendiri, ternyata membeli mobil ori juga terdapat beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Dan berikut ini adalah informasi tentang apa saja kekurangan beli mobil baru yang wajib Anda ketahui.

1. Harga Lebih Mahal

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa harga mobil itu sangat mahal, apalagi jika Anda hendak membeli mobil baru. Biasanya Anda harus menyiapkan setidaknya 100 juta rupiah untuk mendapatkan mobil impian. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan jasa leasing mobil untuk mengajukan kredit mobil.

2. Tidak Bisa Langsung Digunakan

Kerugian punya mobil baru yang kedua adalah Anda tidak menggunakan mobil langsung. Biasanya nasabah akan diminta menunggu sekitar 3 minggu hingga semua surat dan berkas berkendara selesai. Tentunya surat-surat ini sangat penting untuk menghindari pelanggaran lalu lintas.

Kelebihan Beli Mobil Bekas

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian membeli mobil baru, Anda juga harus mempertimbangkan tentang kelebihan membeli mobil bekas. Yuk simak informasi selanjutnya tentang bagaimana kelebihan beli mobil bekas di bawah ini.

1. Mudah Mendapatkan Pinjaman Kredit

Harga mobil bekas yang cenderung lebih murah membuat banyak leasing mobil menawarkan pembiayaan cicilan mobil dengan sukarela. Bahkan bunga yang ditawarkan pun lebih rendah sehingga akan meringankan Anda saat mencicil tagihannya.

2. Harga Murah dan Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan mobil yang murah dan memiliki kualitas terbaik, Anda harus teliti dalam memilih mobil yang diinginkan. Selain itu, pastikan juga Anda mencoba dan cek semua mesin agar nantinya tidak ada kerusakan yang terjadi.

3. Dapat Langsung Digunakan

Berbeda dari membeli mobil baru, Anda bisa langsung menggunakan mobil tersebut jika membeli mobil bekas. Pasalnya Anda tidak perlu lagi menunggu surat selesai, karena semuanya sudah ditangan pemilik mobil pertama. 

Kekurangan Beli Mobil Bekas

Dalam menentukan pilihan mobil yang diinginkan, pastikan Anda juga memahami apa saja kerugian beli mobil bekas. Lalu, apa saja kekurangan beli mobil bekas? 

1. Harga Jual Rendah

Karena mobil bekas pernah digunakan, maka saat Anda menjual barang tersebut harga jualnya relatif rendah. Apalagi jika mesin mobil sudah usang, maka pembeli akan terus menurunkan harga sesuai dengan kondisi mobil.

2. Adanya Biaya Perawatan Ekstra

Mobil bekas rentan akan kerusakan mesin sehingga Anda harus memiliki uang simpanan untuk melakukan perawatan. Tentunya hal ini akan merugikan jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki mobil secara rutin.

Jadi, Pilih Mobil Baru atau Bekas?

Jika dilihat kelebihan dan kekurangan membeli mobil baru atau bekas, kami sangat menyarankan untuk membeli mobil baru. Selain kualitasnya lebih terjamin, Anda juga bisa mendapatkan asuransi untuk melindungi mobil tersebut. Meskipun harganya yang cenderung mahal, tetapi Anda juga dapat mengajukan pinjaman kredit mobil ke Maybank Finance.

Sebagai lembaga pembiayaan mobil baru dan bekas yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan, Maybank Finance akan membantu Anda mendapatkan mobil yang diinginkan dengan cepat dan syarat yang mudah. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan promo menarik.

Mulai dari cashback Rp. 30 ribu hingga Rp. 1 juta semuanya bisa Anda dapatkan dengan mengajukan kredit di Maybank Finance ini. Bunga yang ditawarkan pun sangat rendah karena Anda hanya akan dikenakan bunga mulai 5,88% saja. Menarik bukan?

Dengan demikian, yuk segera kunjungi Maybank Finance dan dapatkan pilihan mobil berkualitas yang Anda inginkan. Kini Anda tidak perlu bingung lagi akan membeli mobil baru atau bekas, karena semuanya akan dibantu oleh Maybank Finance. 

Sumber:

Beli Mobil Bekas atau Baru, Lebih Untung Mana Ya?

https://www.otonesia.co.id/blog/post/pilih-membeli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

https://www.finder.com/id/beli-mobil-baru-atau-mobil-bekas-mana-yang-lebih-untung

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Jadi, bingung mau beli yang mana kadang iya sih memang banyak keuntungannya membeli mobil bekas, tetapi takut juga kalau ada risiko kerusakan yang kadang parah dan sering banget terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *