Otomotif

Tips Perawatan dan Servis Motor Matic Agar Awet

tips merawat motor matic

Trend penggunaan motor matic makin meningkat akhir-akhir ini. Tak hanya perempuan, laki-laki pun senang menggunakan motor matic karena mudah digunakan terutama untuk pemula. Aku pun begitu, setiap hari menggunakan motor untuk mengantar anak sekolah, ke pasar maupun melakukan kegiatan di luar rumah.

Sama seperti kendaraan lainnya, motor matic juga memerlukan perawatan rutin agar performanya tetap terjaga. Jadi jika kamu juga menggunakan motor matic ada baiknya rawatlah motor dengan baik serta lakukan service motor rutin untuk mengganti oli motor matic, mengecek komponen mesin, hingga melakukan penggantian bas yang sudah gundul.

Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Sebelum membahas mengenai service motor matic, kamu perlu mengetahui cara merawat motor matic yang benar. Perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri agar motor tidak cepat rusak.

  • Rutin Panaskan Motor Setiap Hari

Semenjak menggunakan motor, ayah dan suamiku selalu mengingatkan untuk memanaskan motor setiap hari. Fungsinya adalah adalah untuk memanaskan mesin agar oli di dalam mesin siap melumasi mesin. Memanaskan motor matic bisa dilakukan antara 5-10 menit menggunakan kick stater sebelum digunakan sehingga performa mesin lebih maksimal.

  • Isi Bensin Sebelum Benar-Benar Habis

Tips selanjutnya agar motor tetap awet adalah memperhatikan kondisi bensin motor matic. Karena kebiasaan buruk yang kerap terjadi seperti motor kehabisan bensin hingga berhenti dijalan dapat merusak mesin motor apalagi motor matic injeksi. Jadi usahkan motor matic punya bensin yang cukup. Jangan sampai menunjukkan indikator E pada speedometer. Selain menjaga mesin motor, bensin yang cukup membuat perjalananmu lancar dan nyaman.

  • Cuci Motor

Motor yang kotor mengganggu penampilan motor saat digunakan bukan? Nah selain itu debu dan kotoran yang tidak dibersihkan bisa mengganggu performa mesin bahkan bisa menyebabkan karat. Untuk itu bawalah motor maticmu untuk ke steam motor untuk dibersihkan secara rutin. Motor akan terasa lebih enteng dan kamu pun nyaman menggunakannya.

  • Service Motor Matic Secara Rutin

Selain menjaga kondisi motor matic tetap baik yang bisa kamu lakukan sendiri. Kamu juga perlu melakukan servis rutin motor matic untuk menjaga performa mesin. Servis rutin ini perlu dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan agar motor bisa di cek secara menyeluruh ketika sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Servis motor dilakukan oleh mekanik di bengkel terpercaya. Jika kamu tidak punya pengetahuan soal servis motor, jangan coba-coba sendiri. Serahkan saja pada ahlinya. Nantinya, motormu akan di cek kondisi mesinnya, gas tangan, rem, oli motor matic, ban dan juga oli gardan.

Lalu bagian apa saja yang jangan sampai dilewatkan saat melakukan servis motor matic? Yuk simak ulasannya!

1. Ganti Oli Secara Berkala

Perawatan motor matic dengan mengganti oli mesin secara berkala menjadi salah satu hal yang sangat penting. Perawatan dilakukan sesuai jadwal pergantian oil yang biasanya berdasarkan jarak tempuh masing-masing motor. Ada yang setiap 1000 km, 2000 km, dan ada juga yang punya acuan 5000 km. perawatan ini dapat dilakukan ⅔ bulan sekali menggunakan jenis oli mesin yang sesuai spesifikasi motor. bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

static based oil
sumber gambar: planetban.com

Selain oli mesin, ada juga oli gardan yang fungsinya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Sama seperti oli mesin, oli gardan juga harus diganti secara rutin. Namun penggantiannya tidak sesering oli mesin. Gunakan rumus 2x ganti oli mesin, lalu 1x ganti oli gardan.

2. Mengganti Penyaring Udara

Filter atau penyaring udara berfungsi menahan kotoran di mesin. Karena jika mesin tersumbat oleh debu/kotoran, akan mengganggu performa mesin. Kamu bisa mendatangi bengkel untuk mengganti penyaring udara. Tangki bensin dan bagian lain perlu dilepas untuk mendapatkan komponen ini.

3. Melihat Tekanan Ban dan Tapaknya

Pemeriksaan ban menjadi salah satu tips merawat motor matic yang cukup mudah. Namun seringkali diabaikan. Padahal tekanan ban yang pas menjadi kunci kenyamanan saat mengemudikan motor.
Tekanan ban yang rendah biasanya menghasilkan cengkaraman tak terduga dan menyebabkan ban terasa kempes. Sedangkan tekanan yang tinggi membuat berkendara jadi tidak nyaman. Untuk itu saat melakukan servis motor matic, minta mekanik memeriksa kondisi tekanan ban agar tetap dalam kondisi yang stabil.

4. Mengganti Kampas Rem

Rem adalah salah satu sparepart motor yang perlu diperhatikan setiap servis motor matic. Kondisi rem akan mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Kampas rem yang tipis menyebabkan rem kurang pakem. Padahal kamu sangat membutuhkan rem selama mengendarai motor. Jadi pastikan kampas rem tidak luput dari pengecekan saat melakukan service motor.

5. Mengecek Busi dan Aki

Selanjutnya pastikan busi dan aki dicek apakah masih berfungsi dengan baik.Busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala dengan baik.

Sedangkan aki tegangannya harus pas. Idealnya 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati dan 13,7 – 14,2 Volt saat mesin menyala. Jika tegangan aki tidak sesuai, ditemukan kebocoran atau ada karatan, mekanik harus melakukan pemeriksaan detail dan melakukan penggantian jika diperlukan.

6. Service Tune up Motor Rutin

Tune up mesin meliputi banyak hal termasuk memeriksa tekanan ban dan tapaknya. Service ini dilakukan untuk memeriksa komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan termasuk juga kondisi lampu, pembersihan karburator, memeriksa rem, rantai dll.

Bila ada yang harus diperbaiki saat tune up dilakukan, montir atau mekanik akan bertanya terlebih dulu apakah mau diganti atau tidak. Karena tune up bisa jadi disertai dengan penggantian sparepart yang rusak, mengganti oli mesin dan oli gardan. Jika kamu setuju barulah perbaikan akan dilakukan. Untuk itu sebaiknya jika servis motor kamu membawa uang lebih jika dibutuhkan perbaikan.

Servis Motor Matic di Bengkel Terbaik Planet Ban

Kenyamanan berkendara adalah hal yang kamu harapkan saat mengendarai motor. Untuk itulah kenapa service motor dibutuhkan. Jadi pilihlah bengkel terbaik yang menyediakan layanan service motor matic berkualitas.

Ada loh bengkel yang memberikan layanan servis motor rasa mesin baru. Namanya Planet Ban, Bengkel yang menawarkan sistem servis terpadu untuk meningkatkan performa motor lebih cepat dengan biaya terjangkau. Tim mekanik planet ban akan memeriksa bagian vital yang tersembunyi, jarang diservis, jarang dicek dan distel rutin sehingga.

servis motor matic planet ban
sumber gambar : planetban.com

Berikut Keunggulan Servis di Planet Ban:

  • Mesin lebih awet dan tidak mudah rusak karena Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi yang bermanfaat untuk menjaga performa motor dan mesin.
  • Pemakaian akan lebih awet, mesin tetap dingin dan tarikan enteng jika dipadukan dengan sparepart asli.
  • Biaya servis lebih hemat karena ganti oil cukup saat mencapai jarak 5000 km saja (hanya 4-6 bulan sekali. Kamu pun tidak perlu terlalu sering ke bengkel.
  • Ikut berkontribusi terhadap lingkungan karena emisi dan polusi motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Planet Ban menawarkan keunggulan yang tidak ditemukan di tempat servis motor matic lainnya.
Biasanya jika servis di bengkel lain masih tersisa kotoran, debu, dan sisa pembakaran di di beberapa bagian mesin motor. Kadang membuat motor terasa berat karena kerap juga ditemukan kotoran di blok CVT

Nah jika kamu melakukan servis motor matic rutin di Planet Ban, hal itu tidak akan terjadi. Karena servis motor Planet Ban meliputi pengecekan dan pembersihan seluruh bagian mesin sehingga motor terasa baru. Semua bagian seperti blok CVT, klep mesin, silinder, piston, throttle body tidak akan luput dari pemeriksaan. Tidak ada lagi sisa debu, kotoran maupun sisa pembakaran.

Harga Servis Motor di Planet Ban

Kamu mungkin beranggapan servis motor seperti punya mesin baru yang dilakukan Planet Ban akan merogoh kocek cukup banyak. Namun tidak perlu khawatir karena harga servis motor Planet Ban sangat terjangkau.
Untuk service motor injeksi hanya Rp Rp20.000,- service CVT danrantainya Rp19.500,- lalu service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Wah murah bukan? Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru karena mesin bersih total. Hasil tarikan saat berkendara terasa enteng, emisi turun lebih daru 70%, dan juga hemat bbm.

Itulah tips menjaga motor matic tetap awet. Coba ingat lagi kapan kamu terakhir servis motor? Kalau sudah lama motormu tidak di servis. Datangi saja bengkel Planet Ban agar performa motormu tetap terjaga.

Bagikan postingan ini :)

(11) Komentar

  1. Matic ataupun bukan, penting banget ya mbak untuk rutin melakukan perawatan pada kendaraan motor yang dimiliki. Ya balik-balik manfaatnya pun buat kita juga, yang jadi nyaman dan aman dalam berkendara.

    1. iya mbak betul, kalo motor dirawat bawanya tuh jadi enteng

  2. Nih ibuk2 perlu juga tau soal perawatan motor. Mudahnya emang datangi planet ban sih, service motornya lengkap dan bisa bikin motor seperti baru

    1. tau banget nih ibu-ibu memang suka kurang paham soal motor, tapi kalo udah ada planet ban ga khawatir lagi sih

  3. Benar nian mbak, motor yang terawat tentu akan membuat nyaman untuk dikendarai. Harus rutin servis berkala agar performa motor tetap terjaga

    1. iya betul ter, jangan sampai lewat service tu

  4. Wkwkwk, bener nih kadang suka abai sama motor padahal penting banget rutin ngerawat biar awet dan aman pas dipakai.

    Kerasa banget sih klo rutin servis motor jadi lebih enteng tarikannya.

    1. iya kan kita pikir tuh kalo ga rusak ga usah diapa2kan wkwwk
      padahal harusnya service rutin biar ga mudah rusak

  5. nina menulis:

    Motor perlu disayangi dengan merawatnya secara maksimal.

  6. Wah beneran nambah manfaat nih tulisan. Jujur motor itu juga memang perlu perawatan, supaya tidak cepat rusak, jadi jangan asal pakai

  7. Hima menulis:

    Wah beneran nambah manfaat nih tulisan. Jujur motor itu juga memang perlu perawatan, supaya tidak cepat rusak, jadi jangan asal pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *