game

Ajak Anak Belajar Literasi Finansial di Mortgage Calculator Money Games

Hari ini Ghazy excited sekali karena di sekolahnya ada jadwal kewirausahaan. Meskipun masih TK, anak-anak diajak untuk mulai berwirausaha. Mereka membawa 10 kue dari rumah yang akan di jual di aula sekolah. Setiap kue dijual dengan harga seribu rupiah. Saya pun tak kalah semangatnya, pagi-pagi sudah menyiapkan pastel isi mie di dalam wadah.

Saat pulang sekolah, Ghazy ceria sekali. Ia cerita kalau dagangan pastel nya laris. Habis diborong abang-abang di SD. malah ia jadi ingin berjualan juga di rumah.

Kegiatan wirausaha di sekolah Ghazy banyak sekali manfaatnya sebagai upaya mengenalkan literasi finansial sejak dini. Literasi keuangan ini menjadi penting untuk bekal anak-anak di masa depan.

Pentingnya Literasi Finansial Sejak Dini

Anak kecil kok diajarkan finansial? Pertanyaan ini mungkin kerap ditanyakan oleh orang tua. FYI, literasi finansial adalah salah satu dari enam literasi dasar yang harus dikuasai oleh anak-anak. Literasi Finansial adalah pengetahuan dan kecakapan dalam mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, keterampilan, risiko dan motivasi dalam konteks finansial.

Edukasi keuangan ini bagi anak usia dini sangat penting karena dapat membentuk perilaku dan kebiasaan keuangan saat mereka memasuki usia dewasa. Mereka harus memiliki literasi ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena bagaimanapun setiap aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari transaksi keuangan.

Usia dini juga menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak-anak bijak mengelola keuangan karena pada masa ini kebiasaan anak dibentuk dengan mengobservasi lingkungan dan belajar banyak hal. Apa yang diajarkan, didengarkan dan dilakukan oleh orang tua dan lingkungan akan memberi peran dalam membentuk perilaku dan cara pandang.

Jika literasi keuangan ditanamkan sejak dini, mereka akan punya pengalaman mengelola keuangan seperti mengenal makna uang, terbiasa menabung dan berinvestasi, serta nilai-nilai berbagi.

Metode Mudah Mengajarkan Anak Literasi Keuangan

Literasi finansial mungkin terkesan sulit dipahami anak-anak. Namun ternyata ada banyak cara sederhana yang bisa diterima dan mudah dimengerti anak-anak. Berikut metode yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak pada literasi finansial:

1. Memberi Contoh Pengelolaan Keuangan

Anak-anak meskipun belum memiliki penghasilan, dapat diajak untuk mengelola uangnya sendiri misalnya uang jajan, uang THR lebaran dll. Ajak mereka untuk menghitung berapa uang yang didapatkan dan dikeluarkan setiap harinya. Lalu, ajak mereka berdiskusi jika menginginkan mainan atau sesuatu. Bahwa untuk mendapatkan sesuatu perlu kerja keras dan menabung.

2. Mengenalkan Nilai Uang Agar Tidak Boros

Ada benarnya jika anak-anak menginginkan sesuatu jangan langsung dibelikan atau dikabulkan. Anak-anak hendaknya diberi pemahaman akan nilai uang agar mereka lebih mengerti memanfaatkannya. Bahwa diperlukan usaha orang tua untuk mendapatkan uang tersebut sehingga mereka akan lebih menghargai uang yang didapatkan.
Ketika anak diajarkan bahwa uang tidak diperoleh begitu saja, dapat mencegah kebiasaan boros anak.

3. Biasakan Menabung Sejak Dini

Salah satu cara agar anak bijak mengelola uang adalah dengan mengajarkan mereka menabung baik itu di celengan maupun di Bank. anak yang terbiasa menabung sejak dini akan memiliki kemampuan finansial yang baik, tidak mudah tergoda untuk boros dan menghambur-hamburkan uang serta mampu membantu masa depannya.

4. Edukasi Finansial Lewat Permainan

Selain edukasi menabung dan diskusi bersama anak, ada permainan yang mampu mengasah kemampuan finansial anak. Misalnya permainan kasir-kasiran, monopoli, role play jadi pedagang dll. Orang tua dapat menemani anak bermain bersama sekaligus mengajarkan mereka berhitung, mempertimbangkan saat mengeluarkan uang serta berdiskusi tentang bagaimana mengelola uang.

Selain permainan langsung yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak. Saat ini juga ada game online money game yang mampu membantu anak mengenal literasi finansial dengan mudah dan menyenangkan.

Belajar Keuangan dan Finansial di Mortgage Calculator

Ayah bunda bisa mencoba Money Game di website Mortgage Calculator. Mortgage Calculator Money Games adalah website yang menjadi sarana untuk anak bermain game sekaligus belajar mengenai keuangan. Situs Mortgage Calculator Money Games menyediakan banyak game online untuk anak yang seru, edukatif, juga gratis dan bebas iklan. Ada beberapa permainan diantaranya: real estate games, money games, cryptocurrency games, farming simulation games, grocery stores games, restaurant simulation games dan banyak lagi lainnya.

Penasaran apa saja games nya? Yuk simak ulasannya

Money Games

Money games adalah permainan menghitung uang dan memberikan kembalian. Permainan ini sangat menyenangkan, anak-anak dapat berlatih numerasi seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sekaligus belajar tentang uang.
Di mortgage calculator, ada beberapa permainan money games:

Game kasir-kasiran ini seru sekali. Pada permainan ini anak seolah menjadi kasir sebuah grocery. Layaknya seorang kasir, anak akan diajak menghitung barang belanjaan, menjumlahkan harga, memberikan kembalian, hingga memberi struk kepada pelanggan. Semakin baik pelayanan kasir, akan semakin bagus score yang didapatkan.

Money games selanjutnya adalah cash back, sebuah permainan dimana anak akan diminta untuk memberikan kembalian yang tepat kepada pembeli menggunakan uang kertas dan koin.

Pada permainan cashback ada pilihan tingkat kesulitan. Akan muncul gambar barang dan harga dari barang tersebut. Lalu akan ada uang yang diberikan. Tugas anak adalah menghitung berapa kembalian yang harus diberikan. Anak pun bisa memberikan kembalian dengan beberapa kombinasi uang kertas dan koin selama jumlah total akhir kembalian sesuai dengan yang seharusnya.

Real Estate Games – Lego City Adventures Bulid and Protect

LEGO City Adventures Build And Protect merupakan salah satu permainan real estate games yang ada di mortgage calculator.

LEGO City Adventures Build And Protect adalah permainan untuk membantu Walikota Solomon Fleck membangun kota LEGO menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak yang dapat digunakan untuk membantu membangun sisa kota.

Untuk menciptakan kota metropolis, anak-anak diminta untuk membangun gedung. Ada juga bangunan unik yang tersembunyi. Nah setelah gedung dibangun, kumpulkan pajak dari setiap bangunan untuk mendanai pengembangan bangunan lebih lanjut. Setiap bangunan harus memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama minipiece yang dibutuhkan. Melalui game ini anak-anak akan belajar memperkirakan berapa koin yang dibutuhkan untuk membangun gedung dan mengembangkannya.

Coffee Shop : Restaurant Simulation Games

Coffee adalah game simulasi restoran di mana pemain menyesuaikan pengaturan game untuk mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin dari menjalankan kedai kopi. Pada permainan ini anak belajar mengelola inventaris, memperhitungkan arus kas, menetapkan harga, menyesuaikan formula kopi dan merencanakan agar penghasilan dapat maksimal serta menyesuaikan bisnis berdasarkan cuaca. Hal ini karena permintaan kopi akan naik pada cuaca dingin dan akan turun pada cuaca hangat.

Anak-anak akan belajar mengelola sebuah usaha melalui permainan coffee shop. Mereka akan belajar mempertimbangkan pengelolaan keuangan dan bisnis agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut beberapa pelajaran penting pada game coffee shop:

  1. Mengatur level kopi, susu, gula sehingga dapat mengelola bahan. Bisa membeli bahan jumlah besar untuk menghemat tetapi juga harus mempertimbangkan kemungkinan bahan akan rusak.
  2. Mengatur strategi agar penggunaan bahan tepat
  3. Memaksimalkan keuntungan dengan menyesuaikan harga
  4. Memprediksi cuaca
  5. Menawarkan gelembung harga untuk membaca umpan balik konsumen

Farming Simulation Games : Farming Tone

Farming Tone merupakan salah satu permainan simulasi pertanian yang dapat dicoba anak karena menyenangkan dan mengajarkan mereka mengelola bisnis pertanian dan pemrosesan makanan.


Pada game ini anak-anak diajak untuk menanam benih, mengumpulkan tanaman, menjualnya serta beternak hewan. Mereka akan memahami bagaimana usaha untuk mendapatkan uang yang tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan ketekunan.

Masih banyak lagi permainan mortgage calculator money games yang bisa dicoba. Semuanya gratis, seru dan mudah dimainkan. Yuk ajak anak bermain bersama untuk mengenalkan literasi finansial.

Bagikan postingan ini :)

(23) Komentar

  1. Hihiiii lucu banget siihh ada permainan Lego real estate games, keknya seru banget itu.Ohya aku setuju banget mengajarkan anak untuk mengenalkan pengelolan financial sejak dini,

    Ada yang menarriik ituu di mortgage calculator money games,anak akan belajar mengelola sebuah usaha lewat permainan coffee shop. Seruuu juga yaa, bisa belajar mempertimbangkan pengelolaan keuangan dan bisnis agar mendapatkan hasil yang maksimal. Asik pisan jadi punay gambaran kelak kalo mau punya usaha.

  2. Wah bagus nih gamenya. Beneran bikin anak belajar ngatur uang ya. Yang begini nih game yang keren. Selain menghibur anak atau pemainnya, juga mengedukasi. Aku ajak anak-anakku main ah. Pasti mereka suka. Dulu mereka suka main jadi pedagang kafe, mereka suka. Yang ini juga pasti mereka suka.

  3. Evi menulis:

    Kalau ada yang merasa heran, kok anak kecil sudah dikenalkan pada literasi keuangan, justru pertanyaan itu yang aneh ya Mbak. Sebab, anak-anak lah yang akan meneruskan kehidupan kita selanjutnya. Nah bila sejak kecil mereka sudah dibekali konsep keuangan, apa-apa saja yang perlu mereka tahu dan kuasai, semoga mereka tumbuh jadi orang dewasa yang “tidak akan pernah bermasalah dengan uang”. Itu ya harapan terbaik kita sebagai ortu, bekal berharga untuk mereka menapak kedewasaan kelak

  4. Asyik sekali ya, sekarang ada mortgage calculator yang menyediakan banyak game menarik untuk anak. Beberapa game di sana bagus sekali untuk mengasah kemampuan anak berhitung dan mengenal literasi keuangan

  5. memang ya, era digital ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan nyaman, terkhusus dalam hal pembelajaraan seperti belajar literasi keuangan yang dikemas dengan games edukasi seperti ini

  6. Seru, fun semua ya. Gratis pulaaa. Anak2 mah pasti nggak nolak kalau diajak main ini ya. Yg bikin kupi menarik aku untuk main deh
    Cobain ah ke situs itu. Makasih infonya mbaa

  7. Asik ya sekarang ini mengajak anak untuk belajar literasi keuangan lebih mudah, apalagi anak sekarangkan sukanya m,ain gadget. Jadi bisa ngajak sama-sama bermain calculator money games.

  8. Paling mudah mengajarkan literasi finansial pada anak-anak lewat game ya Mbak Ria. Anakku juga makin pinter itung-itungan uangnya karena suka main game, hihihi.

  9. Literasi finansial memang mesti dikenalkan pada anak sejak dini, karena merupakan salah satu ketrampilan yang mesti dikuasai untuk bekal anak di masa depannya.
    Mengajarkan soal keuangan lewat game, jadi serasa nggak kayak sedang belajar ya, tapi main aja. Dan pelan-pelan dari permainan itu, konsep keuangan bisa masuk ke pemahaman anak

  10. Point nomor 3 bener bener penting banget, penerapan menabung sejak dini sangat kutekankan pada anak anakku agar kelak mereka punya simpenan untuk hari tua nya

  11. Ngomongin uang itu emang enak dan asik apalagi lewat game tentu saja anak akan semakin senang. Iyah kan Ghazy dan Uvay, hehehe

  12. Waktu kecil dulu mainnya jual beli. Kalau anak sekarang udah jarang kaya gitu. Tapi tetap bisa belajar soal keuangan lewat game. Terus ortu juga jangan lupa ngenalin secara langsung, misalnya dengan menabung

  13. Anak-anak kami juga suka nih Mak diajak mainan di website money games ini.

  14. Mortgage Calculator Money Games beneran bantu ortu mengenalkan literasi finansial pada anak yaaa..Apalagi banyak permainan mortgage calculator money games yang bisa dicoba , gratis, seru dan mudah dimainkan semua

  15. Edukasi finansial bisa dilakukan melalui main game kyk gini ya. Apalagi kalau buat anak-anak, kalau main game kyk secara gak langsung jadinya belajar. Soalnya yang namanya literasi keuangan memang sebaiknya diajarkan sejak dini agar anak2 paham uang itu berharga, cara mendapatkannya gak mudah, dan jd paham kalau fungsi uang bukan buat dihambur2kan ya.

  16. Bener banget mengajarkan anak bermain sambil belajar mengatur uang berguna banget.

    Mortgage calculator money cocok buat anak2 karena banyak games edukatif.

  17. Anak zaman sekarang kudu melek literasi sejak dini ya..
    Selain memang agar bisa kelola keuangan secara bijak, juga memahami bagaimana dan darimana uang berasal. Seneng ada Mortgage Calculator Money Games yang bantu anak dan orangtua mempelajari konsep uang ini.

  18. Seru-seru ya game di mortgage calculator… Anak saya yg besar suka tuh main lego city… Kalau saya mah sukanya yang milah sampah, simpel tapi seru…

  19. Banyak sekali game edukasi di Mortgage Calculator Money Games ini ya mbak
    Anak bisa belajar literasi keuangan dengan mudah dan menyenangkan

  20. happy sekarang ada mortgage calculator dan bisa aku recomen ke keponakan aku yang udah sekolah nih karena pengaturan keuangan harus dikenalkan sejak dini yaa

  21. Mbak Ria, sama banget aku juga punya ide belajar literasi keuangan untuk anak SD lewat game di sini. Aku main cash back juga loh, coba dulu sebelum kasih game ke anak. Seru yah…belajar menghitung kembalian yang tepat tapi sayangnya ga ada yang rupiah, jadi mikir agak lama.

  22. Iya, anak-anak bisa diajari literasi keuangan sejak dini ya agar paham bagaimana mendapatkan uang dan bagaimana mengelolanya. Bisa belajar jualan sejak dini juga menambah skil dan rasa percaya diri anak ya

  23. Anakku dah nyobain nihhhh money gamesnya banyak yang seru yaaaaa sampai bingung mau main yang mana
    cuma memang jadi anak tahu kalau membaut sesuatu harus pakai perjuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *