Kecantikan Kesehatan

Berikut Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

tips menebalkan rambut

Aku tuh senang banget melihat perempuan dengan rambut yang tebal dan sehat. Kalian juga kah? Karena menurutku untuk mendapatkan rambut yang tebal alami tuh tidaklah mudah. Semenjak menikah dan punya anak, rambutku kerap kusam dan rontok. Jadi aku coba cari cara menebalkan rambut agar lebih percaya diri. Rambut yang semakin menipis tuh jujur aja kurang enak dilihat karena tampak seperti botak sebagian.

Pernah sih baca ada cara instan seperti hair extension untuk membuat rambut lebat lagi. Tetapi tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit. Proses instan ini juga tidak membuat rambut lebat permanen. Jadi menurutku lebih baik menggunakan cara alami saja dan bersabar dengan prosesnya untuk mendapatkan rambut idaman yang sehat, lebat dan berkilau.

Kenapa Rambut Menipis?

Sebenarnya rambut yang tipis tidak berbahaya. Namun Sebagian orang merasa tidak nyaman apalagi disertai kerontokan rambut terus menerus.

Rambut yang tipis bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan, hormon, usia, nutrisi hingga kebiasaan dalam penataan rambut. Kadang tekstur rambut juga bisa berubah akibat efek samping dari pengobatan tertentu.

Selain karena faktor bawaan dan dan pengaruh hormon yang biasanya kerap dialami oleh wanita hamil. Penipisan rambut juga bisa terjadi karena kondisi stress yang memicu hormon tubuh bekerja tidak semestinya. Saat stress, biasanya asupan oksigen akan terganggu sehingga tubuh jadi tidak sehat.

Nutrisi tubuh juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika tubuh kekurangan protein dan vitamin, akan membuat rambut mudah tipis dan patah. Untuk itu sebaiknya pastikan asupan nutrisi seperti protein, zinc dan vitamin terpenuhi dengan mengonsumsi buah rendah lemak (jeruk, apel, pear dsb).

Rambut yang terus menipis dan rontok bisa juga disebabkan oleh faktor perawatan rambut yang tidak tepat seperti melakukan pewarnaan berlebihan, pengeritingan, mengikat rambut terlalu kencang, serta menggunakan produk rambut yang keras seperti semprotan dan gel rambut tahan lama.

Berikut Cara Menebalkan Rambut

Untuk menebalkan dan merawat lambut, ada cara alami yang bisa dilakukan di rumah. Selain baik untuk kesehatan rambut, cara menebalkan rambut berikut ini dapat memelihara kesehatan kulit kepala.

  1. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Produk perawatan rambut memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahkan setiap hari kamu pasti menggunakannya. Jadi untuk menebalkan rambut, yang penting diperhatikan adalah pemilihan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut. Pemilihan sampo yang salah, justru akan memperparah kerusakan rambut sehingga bisa membuat rambut kering dan rontok.

tresemme menebalkan rambut

Pilihlah sampo yang memiliki kandungan alami dan bahan kimia yang aman untuk rambut seperti amino vitamin. Bahan ini dapat memberikan asupan protein bagi rambut dan membuatnya lebih kuat dan mengurangi resiko penipisan.

Jika rambutmu mudah rontok, sebaiknya pilih sampo yang memiliki bahan penguat rambut seperti chia seed oil yang membuat rambut ternutrisi, lebih kuat, lembut dan berkilau.

  1. Mengurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Alat penataan rambut seperti catok dan blow rambut mengandung panas yang jika terlalu sering digunakan akan membuat rambut cepat rusak dan tipis. Jadi sebaiknya kamu membatasi penggunaan alat seperti pengering, pengeriting dan pelorus rambut tersebut. Jikapun ingin mengggunakannya sebaiknnya disetel dengan panas dibawah 150 derajat Celsius.

  1. Menggunakan Bahan Alami untuk Menutrisi Rambut

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut yang tipis dan menebalkan rambut sepeti minyak zaitun, lidak buaya, minyak kemiri dan minyak kelapa.

Lidah buaya sudah dipercaya sejak dulu dapat menyehatkan rambut. Aku pun kerap diajarkan oleh orang tua untuk mengoleskan gel lidah buaya di kulit kepala dan seluruh rambut. Kepala akan terasa dingin dan segar serta membuat rambut berkilau.

Ada juga minyak kemiri yang dikenal efektif menumbuhkan rambut dan mengurangi peradangan akibat ketombe serta mengurangi kerontokan. Pada minyak kemiri terdapat asam linoleate yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Menjaga Pola Makan

Untuk mendapatkan rambut sehat dan tebal ternyata tak hanya melalui perawatan rambut saja, tetapi juga perlu didukung dengan asupan nutrisi seimbang yang baik untuk kesehatan rambut. Asupan nutrisi seperti protein, vitamin, zat besi, asam lemak omega dan boiin bis akita dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang, daging tanpa lemak, ikan, seafood dan telur.

  1. Mengelola Stress

Stress membuat kondisi tubuh tidak baik hingga melepaskan hormon kortisol yang menyebabkan rambut rontok. Jadi sebaiknya kurangi stress, dan Kelola stress dengan baik. Kamu bisa melakuka olahraga, mendengarkan music, berkumpul Bersama keluarga dan teman agar hidup lebih bahagia. Selain itu hindari juga konsumsi alcohol dan berhenti merokok.

Menebalkan rambut dengan cara alami tersebut memang tidak instan. Tetapi cara tersebut lebih baik untuk mendapatkan rambut yang sehat, tebal dan berkilau dalam jangka waktu yang panjang.

Bagikan postingan ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *