Kesehatan

Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Cepat dan Mudah

teh hijau bahan alami menghilangkan bau badan

Saat tubuh mengeluarkan keringat, kamu mungkin menyadari bau badan mulai muncul dan membuatmu tidak nyaman saat beraktivitas. Sebenarnya keringat sendiri tidak berbau, namun bau badan itu muncul karena adanya bakteri yang bercampur dengan keringat pada kulit. Meskipun sudah menggunakan deodorant dan perawatan kulit, ada baiknya kamu menerapkan cara menghilangkan bau badan secara alami agar hasilnya lebih maksimal.

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Bau badan yang muncul saat berkeringat memang normal terjadi karena secara alami kulit kita ditutupi dengan bakteri. Jadi Ketika berkeringat, air, garam dan lemak akan bercampur dengan bakteri kulit sehingga muncullah bau tak sedap.

Setiap orang pun punya bau badan yang berbeda-beda. Ada yang bau badannya menyengat, ada pula yang tidak tercium bau dari tubuhnya. Selain faktor keringat dan aktivitas fisik berlebih, faktor makanan, hormon dan obat juga mempengaruhi bau tubuh kita.

Selain itu ada juga beberapa kondisi medis yang menyebabkan badan menjadi bau. Misalnya penderita diabetes yang menjadi tanda ketoasidosis, kadar keton tinggi ini menyebabkan darah jadi asam dan bau. Ada juga penyakit hati dan ginjal, bau badan yang muncul bisa karena penumpukan racun di tubuh.

Untuk mengatasi bau badan tersebut, kita sebaiknya menerapkan pola hidup sehat dan bersih seperti mandi secara teratur, mencukur rambut-rambut berlebihan dan bila perlu menggunakan sabun antibakteri yang membantu menghilangkan bakteri pada kulit dan mencegah bau tidak sedap pada tubuh.

mandi hilangkan bau badan
image: pixabay

Setelah mandi, keringkan badan dengan benar terutama di area tubuh yang sering berkeringat seperti ketiak dan lipatan tubuh untuk menghindari bakteri penyebab bau badan berkembang biak.

Pakailah pakaian yang tepat, bersih dan tidak memicu keringat berlebihan di tubuh. Dan jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kurangi makanan yang memicu keringat berlebih dan menyebabkan bau badan seperti makanan pedas, makanan berminyak dan berbau menyengat seperti bawang putih dan bawang Bombay.

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan, Cepat dan Mudah

Selain menjaga pola hidup sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau ketiak secara cepat seperti berikut ini:

  1. Rebusan Daun Sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak dulu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk menghilangkan bau badan. Daun ini kerap dijadikan campuran ramuan untuk mandi wanita menjelang menikah ataupun setelah melahirkan. Kita bisa merebus daun sirih dengan beberapa gelas air. Lalu setelah dingin, air rebusannya dituang ke baksom mandi.

  1. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bau badan adalah lidah buaya. Tanaman ini kaya antioksidan dan memiliki sifat antibakteri untuk mengatasi bau ketiak. Untuk menggunakannya, ambillah gel lidah buaya ke ketiak, lalu diamkan beberapa saat atau semalaman. Lalu bilas saat pagi hingga bersih.

  1. Teh Hijau

Tidak hanya enak diseduh sebagai minuman, teh hijau ternyata juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Teh hijau mengandung antioksidan juga asam tanat yang membantu menghilangkan bau badan. Selain itu teh hijau juga membantu kulit tetap kering dan menjaga bakteri tetap terkendali.

Ambillah kantung teh hijau yang sudah kamu seduh, lalu kompres area ketiak sembari berbaring. Lakukan sekitar 10-15 menit dan bilas ketiak dengan air bersih.

  1. Lemon

Bagaimana cara supaya tidak bau ketiak? nah kamu bisa gunakan lemon.
lemon untuk bau ketiak
gambar : pexels

Lemon merupakan buah yang mengandung zat antiseptic alami untuk membunuh bakteri penyabab bau badan. Kamu bisa menggunakannya dengan campuran baking soda atau gunakan saja potongan lemon sebagai pengganti deodorant. Oleskan perasan lemon ke kulit ketiak secara perlahan. Namun untuk kulit sensitif kamu perlu mencampurkan dengan air terlebih dahulu agar tidak terasa perih di kulit ketiak.

  1. Bunga Kecombrang

Tahukah kamu dengan bunga kecombrang? Sering dijadikan teman sambal bukan? Ternyata dibalik enaknya kecombrang, bagian bunganya memiliki khasiat untuk tubuh karena memiliki kandungan antioksidan, vitamin, saponin, glikosa, antimikroba, mineral, polinfenol dsb.

Zat yang terkandung pada kecombrang ini bermanfaat untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbung kasar bunga kecombrang dan batangnya lalu gunakan sebagai sabun setiap kali mandi.

  1. Tomat

Tomat memiliki sifat yang bisa membunuh bakteri pada kulit. Selain itu ada juga sifat astringen yang mampu mengecilkan pori serta mengurangi produksi keringat. Kamu bisa menggunakan jus tomat dengan menambahkannya dengan air hangat di bak mandi. Berendamlah pada larutan tomat tersebut sekitar 20-30 menit.

  1. Minyak peppermint

Minyak Peppermint mempunyai sifat antibakteri. Kamu bisa mencampurnya dengan minyak kelapa, sode kue, maizena untuk jadi alternatif deodorant.

Untuk menggunakannya, oleskan beberapa tetes minyak peppermenint ke ketiak atau campurkan dulu dengan sedikit air lalu semprotkan ke ketiak.

Bisa juga dengan mencampurkan 10 tetes minyak peppermint, 4 sendok minyak kelapa, 4 sendok tepok jagung, 4 sendok soda kue lalu letakkan di wadah. Gunakan ke ketiak saat dibutuhkan, ini membuat ketiak tetap kering dan bau badan berkurang.

Ternyata menghilangkan bau badan bisa menggunakan bahan alami bukan? Cobalah tips tersebut agar kamu bisa mengatasi bau badan yang sering muncul. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan tubuh dan jika menggunakan deodorant pilihlah yang cocok untuk kulit serta mengandung bahan alami.

 

 

 

 

Bagikan postingan ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *