Blogging

Pengalaman Migrasi Blog Blogspot ke WordPress

pengalaman pindah blogspot ke wordpress

Aku kira acara migrasi blogspot ke wordpress itu sulit. Blogku yang pertama aku bayar jasa migrasi ke teman. Lalu untuk blog ku yang lain aku mencoba sendiri dan ternyata ga serumit yang aku bayangkan.

Kenapa Pindah ke WordPress?

Sebenarnya wordpress dan blogspot tidak terlalu berbeda. Aku bisa ngeblog dengan nyaman. Traffic juga bisa bersaing. Namun setahun belakangan, entah kenapa tulisan blogku susah sekali terindeks. Bahkan tulisan lama yang sebelumnya sudah terindeks jadi tidak terindeks.

Sudah coba berbagai cara termasuk memperbaiki tulisan dan blog dan melakukan indexing ulang. Namun proses indexing bisa memakan waktu lama bahkan ada yang sudah berbulan-bulan tak kunjung muncul di pencarian google.

Ini berpengaruh dengan kerjaanku sebagai blogger. Karena beberapa klien/pemberi job mensyaratkan tulisan harus sudah terindex untuk dilakukan pembayaran. Walhasil aku pernah ga dibayar karena masalah indexing ini.

Akhirnya memberanikan diri untuk migrasi. Alhamdulillah setelah pindah ke wordpress, tulisanku cepat terindeks. Bahkan bisa hanya hitungan menit saja.

Untuk teman-teman yang ingin mencoba juga. Bisa Simak cara pindah wordpress ke blogspot berikut ini.

Tutorial Migrasi Blogger Ke WordPress

Nah yang mau convert blogspot ke wordpress bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan akses ke blog blogspot yang ingin dimigrasi
  2. Siapkan hosting wordpress. Akan lebih baik hosting wordpressnya sama dengan tempat domain kamu. Tapi kalo nggak juga ga apa-apa sih.
  3. Klik menu settings/setelan lalu scroll ke bawah di bagian manage blog/ Kelola blog. Klik back up content/ cadangkan kontenimport blogger to wordpress
  4. Akan muncul menu pop up. Lalu klik tombol File yang didownload adalah file Xml itu akan kita pindahkan ke wordpress.file xml blogspot download
  5. Masuk ke hosting wordpress yang sudah kamu pesan. Kalau aku tidak install wordpress manual ya. Aku install wordpress di cpanel hostingnya. Disini aku menggunakan WordPress Manager by Softaculous.Wordpress Manager by Softaculous
  6. Setelah Blog WordPress kita sudah terinstall. Buka Menu wordpress tools/peralatan. Lalu pilih import.
  7. Pada halaman import ada pilihan blogger  Klik install now.tools import wordpress
  8. Lalu system akan menginstall modul migrasi blogspot ke wordpress. Selanjutnya jika sudah klik run importer.
  9. Akan muncul tulisan import blogger. Pilih choose file dan masukkan file xml yang sudah kita download di blogspot tadi.
  10. Klik upload file dan import. Tunggud ulu sampai proses migrasi ini selesai. Jika kamu mengikuti cara migrasi blogger ke wordpress dengan benar maka semua user, postingan, komentar dan file lain dari blogger akan pindah ke wordpress.

Redirect Blogger ke WordPress

Nah convert blogspot ke wordpress sudah di lakukan. Namun saat ini pengunjung masih mengarah ke blogger yang lama. Untuk itu kamu perlu melakukan pengalihan traffic dengan menginstall plugin Blogger to WordPress.

  1. Buka menu plugins lalu pilih add new
  2. Ketik blogger to wordpress lalu klik install now
  3. Aktifkan plugin wordpress ini dengan klik activate
  4. masuk lagi ke dashboard wordpress. Pilh tools lalu blogger wordpress redirection – klik start configuration.blogger to worpress redirection
  5. Akan muncul Alamat website lama kita di blogspot lalu klik get code. Akan muncul kode html untuk redirect blogger ke wordpress. Copy kode html tersebut.
  6. Buka Kembali dashboard blog lalu pilih theme- edit htmledit html theme blogspot
  7. Hapus semua script html bawaan blogger lalu copy script html dari wordpress. Klik
  8. Di halaman blogger to wordpress redirection. Klik verify configuration

Sekarang sudah selesai nih pemindahan blogspot ke wordpress. Kamu juga bisa mengubah permalink wordpress di bagian pengaturan – permalink. Kalau aku memilih struktur permalink nama tulisan sehingga nantinya bisa mengatur link lebih pendek.

Hal yang perlu diperhatikan

  1. Karena tulisan permalink blogspot sering diatur custom. Jadi permalink di wordpress berubah drastis. Awalnya aku cukup kehilangan traffic. Jadi aku menggunakan plugin redirection untuk meredirect Tulisan lama ke link baru. Tapi ini cukup merepotkan jika kamu punya tulisan banyak.
  2. Jangan lupa untuk mengatur ulang google search console dan menambahkan sitemap Biar link tulisan yang baru bisa terindeks dengan baik dan kamu tidak kehilangan traffic.

Selamat mencoba

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Thanks, bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *