pendidikan

Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia yang Edukatif dan Menghibur

Lagu anak indonesia hoala dan koala

Hai teman-teman, merasa nggak sih bahwa Lagu Anak Indonesia makin jarang dinyanyikan oleh anak-anak zaman sekarang?

Yup, kenyataannya memang seperti itu. Miris saat tahu anak-anak lebih hafal lagu tiktok dan tidak punya alternatif lagu lain yang sesuai dengan umur mereka. Padahal sebenarnya ada cukup banyak lagu yang bisa dinyanyikan.

Ingat nggak jaman kita kecil dulu? Lagu semut-semut kecil, libur telah tiba, kamu makannya apa sering dinyanyikan anak-anak usia tk dan SD. Anak-anak bergembira dengan dunianya yang masih polos dan ceria. Sebuah kenangan yang indah.

Saya berharap Ubay dan Ghazy pun punya pengalaman menyenangkan seperti saya kecil dulu. Salah satu caranya adalah menghadirkan atmosfer dunia anak-anak yang seru dengan lagu anak dan tontonan yang sesuai dengan umur mereka. 

Namun tentu saja pemilihan lagu untuk anak tidak bisa sembarangan. Tontonan dan lagu yang tersedia di youtube memang banyak. Tapi jangan salah, jika tidak hati-hati orang tua bisa tertipu dengan tampilannya. Saya punya pengalaman saat mencari lagu untuk Ubay dan Ghazy, meskipun dengan animasi kartun ternyata lagunya sangat tidak cocok untuk anak-anak.

Finally, bertemu dengan salah satu channel youtube yang edukatif yaitu Hoala & Koala. Senang sekali karena di channel ini tersedia banyak lagu yang disukai anak. Edukatif namun tetap menghibur. Ubay dan Ghazy pun excited dan menjadikan Hoala & Koala menjadi salah satu favorit mereka. Seperti apa sih lagunya? Yuk simak ulasannya

Mengenal Hoala & Koala

Youtube animasi hoala dan koala

Hoala & Koala adalah karakter animasi yang diciptakan dan divisualisasikan dengan animasi 3D yang punya karakter seperti anak-anak zaman sekarang yang tumbuh di tengah dunia digital.

Hoala adalah seorang anak dan Koala adalah hewan Koala. Mereka merupakan sepasang sahabat yang gemar bernyanyi. Dengan karakter 3D, tampilan animasi Hoala-Koala sangat interaktif dan menjadikan karakternya tak lekang oleh waktu.

Selain Hoala dan Koala, ada banyak karakter lain yang juga jago bernyanyi seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, penciptanya mengharapkan lagu-lagu yang dihadirkan tidak hanya dapat menghibur anak namun juga orang tua. Nantinya, orang tua dapat menemani anak menonton atau mendengarkan lagu Hoala & Koala. Nah saat ini sudah ada 5 album dan lebih dari 45 lagu anak loh yang bisa didengarkan di youtube Hoala & Koala, Spotify, Itunes serta sosial media Hoala & Koala.

Kenalan dengan Karakter Hoala & Koala

Penasaran nih dengan karakter animasi Hoala & Koala? Yuk kita kenalan dengan mereka!

karakter animasi hoala koala

1. Hoala Awandi

Hoala adalah anak perempuan dari keluarga Awandi yang berusia 3 tahun. Ia sangat gemar bernyanyi dan suka minum susu coklat serta stroberi. Meskipun masih kecil, Hoala anak yang cerdas karena sudah mampu berbicara dengan lancar dan bernyanyi dengan merdu.

2. Koala

Kola ini adalah hewan yang bisa berbicara dan berasal dari negeri Mykonos, dunia yang ada di buku cerita favorit Koala. Miss Jeruk mewujudkan keinginan Hoala untuk punya teman baik di rumah saat pandemi.

3. Miss Jeruk

Peri baik hati ini dipanggil Miss Jeruk. Karakternya berbentuk buah jeruk yang berasal dari negeri awan. Miss Jeruk selalu setia mendampingi Hoala dan mewujudkan banyak keinginan Hoala serta senantiasa mendidiknya untuk jadi anak yang baik.

4. Amar Awandi

Karakter ayah dari Hoala yang sangat menyayanginya. Amar adalah seorang pengusaha dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital.

5. Nara Awandi

Karakter ibu dari Hoala yang selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam mendidik Hoala dan banyak menyampaikan nasehatnya dalam bentuk lagu.

6. Rubin

Rubah Pemalu ini pertama kali diperkenalkan dalam lagu “Rubah Ngintip”. Rubin lebih sering mengintip dari kejauhan karena malu dan berbicara tanpa menatap muka lawan bicaranya. 

7. Lincul

Lincul adalah ular periang yang dibesarkan oleh keluarga kelinci. Karena merasa berbeda dari kelinci, Lincul memutuskan memakai bando kelinci di kepalanya agar dapat berbaur dengan kelinci.

8. Burhan

Burung hantu ini memiliki mata rabun di siang hari. Meskipun begitu ia suka dengan sulap. Karena pemandangannya sering terganggu, trik sulap Burhan sering gagal.

9. Bu Aya

Bu Aya adalah guru taman kanak-kanak yang mengajar Hoala dan teman-temannya. Bu Aya digambarkan sebagai sosok yang bijaksana namun sering teledor. Namun di sisi lain ia sangat sabar dan disayangi oleh murid-muridnya. 

10. Serigili

Serigala jantan yang baik hati namun sering ditakuti  karena tampak menyerapkan. Ia pun sering merasa sedih karena hal itu dan memutuskan untuk memakai bulu domba berwarna merah muda agar tidak terlihat menyeramkan. 

11. Om Pong

Macan pemalu ini adalah macan jantan yang memiliki gigi berbeda dari macan umumnya. Ia tak memiliki taring dan tak pernah percaya diri karena selalu ditertawakan kawan macan.

12. Om Bre

Singa K-Pop ini merupakan singa jantan modern yang mewarnai rambutnya layaknya orang korea. Ia penggemar K-Pop dan sangat lihai menari sehingga sangat disenangi oleh orang lain. 

Youtube dan lagu animasi anak Hoala & Koala sangat menarik, interaktif dan edukatif. Banyaknya variasi karakter yang lucu saling melengkapi dan membuat lagu anak yang disajikan tidak membosankan. 

Salah satu lagu yang banyak ditonton di channel youtube Hoala & Koala adalah Lagu Kuman.

Lagu anak kuman hoala dan koala

Habis pergi harus segera mandi

Kalau kamu tak mandi kuman jadi sekompi

Kuman-kuman

Dapat kamu hilangkan

Jika kamu basuhkan badanmu

Yuk, bersihkan!


Kuman-kuman

Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi

Setelah kamu pergi

Kuman-kuman

Dapat kamu bersihkan dengan segera mandi

Setelah kamu pergi

Lagu ini memperlihatkan Hoala yang badannya kotor lalu ibu menasehati dengan lagu. Mengajak Hoala segera mandi agar kuman segera pergi dan tubuhnya jadi bersih kembali.  Masih banyak lagi lagu anak-anak yang seru dan menyenangkan namun tetap punya nilai pembelajaran dan moral yang sangat tepat untuk perkembangan anak-anak.

Dari sisi penggarapan, musik hoala dan koala dibuat dengan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala serta banyak sekali variasi alat musik untuk penggarapan lagu seperti saxopone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik seperti gamelan dan angklung. Selain itu genrenya pun unik. Tak hanya genre children pop yang diangkat Hoala & Koala namun tetap ada variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop hingga etnik.

Kehadiran Hoala & Koala menjadi angin segar terhadap kemajuan dan perkembangan dunia musik terutama lagu anak Indonesia. Semoga anak-anak makin tertarik untuk bernyanyi lagu yang sesuai dengan usianya serta bisa menikmati dunia anak yang menyenangkan dan ceria.

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Wah lucu-lucu animasinya, anak bakalan seneng banget lihat ini apalagi sudah lama di rumah sampai jenuh dan bosan hanya youtube yang menghibur dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *