pendidikan

Gerakan Ayo Tunjuk Tangan, Dukung Kemajuan Anak Indonesia


Anak-anak memiliki hak untuk maju

Untuk meraih mimpi dan cita-citanya

Pendidikan dan Kesehatan. Dua hal ini menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak agar jadi #GenerasiMaju. Hal ini juga yang menjadi fokus utama saya dalam membesarkan anak.

Seorang anak yang sehat dengan nutrisi yang tepat dan punya kesempatan belajar yang baik akan memiliki peluang lebih besar untuk dapat mencapai impian mereka di masa mendatang.

Idealnya setiap anak Indonesia punya kesempatan belajar yang sama, begitu juga dengan pemenuhan nutrisinya. Namun sangat disayangkan bahwa faktanya “9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses terhadap nutrisi dan pendidikan (UNICEF 2020)”

Pandemi yang melanda cukup membuat kita kualahan. Banyak hal yang berubah termasuk kegiatan belajar. Anak-anak yang biasanya melakukan pembelajaran tatap muka langsung dengan guru. Kini harus beradaptasi dengan sistem belajar online. 

Tantangan Nutrisi dan Pendidikan Anak Indonesia

Kendalanya tentu ada. Sistem pembelajaran daring tidak serta merta mudah diterima masyarakat terutama anak-anak yang belum terbiasa dengan teknologi. Anak saya Ubay contohnya. Setahun sebelum masuk PAUD, ia sudah membayangkan keceriaan bermain dan belajar bersama guru dan teman-teman di sekolah. Namun, mendadak pandemi datang dan ia sangat sedih karena hanya bisa belajar di rumah.

Tantangan lain pun dirasakan oleh tetangga sekitar rumah yang tidak mempunyai fasilitas belajar online untuk anak-anak. Gadget, kuota hingga kesiapan orang tua mendampingi pembelajaran online pun menimbulkan masalah. Akibatnya banyak anak-anak yang malah berkeliaran bebas saat jam belajar karena ketidakmampuan ia dan orang tua mengikuti sistem daring. 

Bagaimana dengan nutrisi?

Ketimpangan memang terjadi. Tidak semua anak mendapatkan nutrisi yang tepat dan tidak semua orang tua mendapatkan edukasi mengenai pemenuhan nutrisi si kecil. Bunda mungkin sering membaca bagaimana anak Indonesia yang banyak mengalami stunting, gizi buruk, dll. Apalagi semenjak pandemi, beberapa keluarga terdampak ekonominya sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan layak. 

Bisakah Anak-Anak Mendapatkan Kemerdekaannya?

Bicara mengenai kemerdekaan, belum lama ini Indonesia merayakan 76 tahun kemerdekaannya. Namun benarkan Indonesia sudah benar-benar merdeka?

Pencapaian kemerdekaan Indonesia masih mengalami kendala yang besar termasuk bagaimana pemenuhan hak anak Indonesia dalam akses pendidikan dan nutrisi. Untuk itu Danone bersama #SGMEksplor berusaha melakukan banyak usaha baik untuk edukasi dan nutrisi. Hal ini dengan sejalan dengan pemerintah yang berharap mampu menyiapkan SDM unggul dan memastikan anak Indonesia terpenuhi haknya.

Sebagai bentuk dukungan untuk kemajuan anak Danone bersama SGM melakukan gerakan nasional AYO TUNJUK TANGAN. Gerakan ini mengajak para bunda memenuhi akses pendidikan dan nutrisi mereka agar tumbuh kembang maksimal serta memberikan masa depan yang lebih baik. 

#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia 

Gerakan #AyoTunjukTangan : Bersama Dukung Indonesia diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 2021. Saya beruntung bisa ambil bagian dalam zoom meeting Peluncuran Gerakan Ayo Tunjuk Tangan yang dihadiri oleh Kak Seto (Pemerhati dan Sahabat Anak Indonesia , Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPPAI), Astrid Prasetyo (Marketing Manager SGM Eksplor), Reza Rahardian (Aktor & Aktivis Sosial), Alyssa Soebandono (Selebitri dan Bunda 2 Anak). 

Gerakan ini sebagai upaya kolaborasi untuk ikut peduli dan ambil bagian dalam mendukung kemajuan anak Indonesia. 

Kak Seto mengingatkan agar anak-anak terlindungi dan mendapatkan haknya salah satunya masalah nutrisi dan pendidikan yang harus kita jawab bersama. Berdasarkan Konferensi Hak Anak, anak-anak punya 4 hak dasar yaitu Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Perlindungan dan Hak Partisipasi (untuk didengar suaranya).

“Sangat Penting SINERGI BERSAMA semua pihak, baik itu orang tua, guru, sekolah, pemerintah,masyarakat. Swasta dll. Mari kita besinergi untuk mengedepankan kepentingan anak. Mari kita Tunjuk Tangan untuk Ibu-Ibu dukung kemajuan anak Indonesia. Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Menjadi anak hebat di bidangnya masing-masing” (Kak Seto)

Reza Rahardian juga menyampaikan pengalamannya melihat anak indonesia yang mengalami kendala akses pendidikan dan nutrisi yang kurang memadai. Hak anak salah satunya bangunan sekolah yang memaai menjadi faktor yang sangat penting. Begitu juga dengan pemenuhan nutrisi terutama di daerah Indonesia Timur. 

Begitu juga dengan Alyssa Soebandono yang memberi semangat untuk para bunda memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Ini jadi tujuan kita bersama untuk saling bersinergi. Gerakan ini sangat baik. Kita sebagai bunda pun pasti berusaha memberikan yang terbaik “Kita bisa sama-sama mendukung gerakan ini agar anak-anak jadi #GenerasiMaju”

Dukungan Danone Bersama SGM Eksplor untuk Anak Indonesia

Masih banyak anak Indonesia yang harus terus diberikan dukungan, karena 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengakses nutrisi dan pendidikan. Kagum dan setuju bahwasituasi seperti sekarang ini pihak yang memiliki kesadaran dan kepedulian untuk anak Indonesia. Salah satu nya adalah Danone Bersama SGM Eksplor sejak 1954 yang percaya bahwa anak Indonesia berhak untuk maju. “Anak Indonesia berhak meraih mimpinya untuk masa depan yang lebih baik.” Sebuah tekad yang disampaikan oleh Mba Astrid Prasetyo (Marketing Manager SGM Eksplor) menjadi motivasi untuk kita semua. 

Berikut bunda beberapa bentuk dukungan SGM Eksplor untuk anak Indonesia agar jadi Generasi Maju :

  1. Nutrisi : SGM Ekplor mendukung  nutrisi melalui penyedian produk bernutrisi SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC
  2. Akses Edukasi : SGM Eksplor memberikan akses edukasi dalam bentuk pelatihan kepada orang tuanya agar tau bagaimana menstimulasi si kecil dan juga edukasi langusng kepada anak. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya : edukasi ke daerah pelosok Jawa dan Sumatera, edukasi Isi Piringku, melalui platform Sekolah generasi maju di website yang membantu orang tua dan anak, Warung Anak Sehat
  3. Fasilitas Pendidikan : internet gratis, smartphone dan renovasi paud. 

Semua dukungan dari SGM Eksplor tentu butuh keterlibatan banyak pihak untuk mendukung mereka menjadi Anak Generasi Maju. Di tahun 2021 ini, SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial AYO TUNJUK TANGAN. Sebuah gerakan sosial untuk mengajak Bunda dan masyarakat Indonesia dukung kemajuan Anak Indonesia. Gerakan ini juga didukung oleh Telkomsel, Cakap, dan mitra lainnya dari kalangan retailer dan e commerce.

Melalui donasi untuk dukung kemajuan anak Indonesia kita bisa berpartisipasi dalam beberapa hal baik yaitu:

  • Bantu 75.000 anak mendapatkan dukungan nutrisi
  • Bantu 1.500 anak dapatkan beasiswa pendidikan online
  • Bantu renovasi fasilitas sekolah

Ayo Ikut Dukung Gerakan #AyoTunjukTangan

Dukungan kecil kita sangat berharga bunda. Yuk kita ikut dukung Anak Indonesia jadi Gerakan #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia. Siapapun itu bisa ambil bagian dengan mengikuti cara berikut ini: 
  1. Kunjungi website www.generasimaju.co.id/ayo-tunjuk-tangan.
  2. Pilih dan klik dukungan bunda, apakah dukungan nutrisi, beasiswa pendidikan online dan renovasi fasilitas sekolah. Bunda bisa pilih ketiganya jika berkenan.
  3. Isi Data Diri dan Wujudkan Dukungan Bunda
  4. Jika donasi berhasil, bunda akan mendapatkan pesan konfirmasi
  5. Beri dukungan sebanyak-banyaknya, dan bantu anak Indonesia jadi maju!
  6. Bagikan keseruannya di media sosial bunda agar makin banyak bunda lain yang tau
Satu komitmen yang kita berikan bisa membawa perubahan besar bagi anak-anak Indonesia. Saya dan bunda serta seluruh masyarakat Indonesia bisa mengambil peran mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Yuk bun kita mulai dari hal kecil ini. Semoga semua kebaikan yang bunda berikan bisa berdampak baik untuk si kecil dan seluruh anak Indonesia.
Besar harapan kita Anak Indonesia meredeka dengan akses pendidikan dan nutrisi yang layak 🙂
Bagikan postingan ini :)

(18) Komentar

  1. Agenda yg gagas SGM cukup bermanfaat ya, gerakan ayo tunjuk tangan menggambarkan kekompakan orang tua dan anak utk masa depan dan kajuan Indonesia

  2. Salut banget deh dengan program ini sampai SGM juga melibatkan Warung Anak Sehat untuk nutrisi terbaik anak usia sekolah

  3. Gerakan yang bagus sekali dengan bentuk kepedulian kita semua untuk ikut mensukseskan #AyoTunjukTangan .
    Semoga gerakan ini sukses dan banyak anak Indonesia yang terbantu dalam hal pendidikan dan kesehatan, terutama.

  4. Mari dukung Gerakan #AyoTunjukTangan agar makin banyak anak Indonesia yang terpenuhi haknya.

  5. Ini memang harus tetap di gaungkan, apalagi sejak usia dini, semoga kita senantiasa sehat dan pandemi ini segera berakhir.

  6. Program yg keren..! Semoga sukses ya.. Oya, program ini tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga2 yg masih ada anak kecil kan ya? Jadi ingin ikutan juga deh..

  7. Iya mba. Siapa aja bisa ikut berpartisipasi

  8. Betul banget saling membantu saat pandemi

  9. Yukk sebarkan juga ke lainnya agar makin banyak yg ikut ayo Tunjuk Tangan

  10. Iya betul banget apalagi semenjak pandemi makin banyak anak2 yang membutuhkan uluran tangan

  11. Iya betul bun totalitas ya

  12. Iya betul mbak, semoga makin banyak yang berpartisipasi

  13. Dengan aksi tunjuk tangan bisa memberanikan anak untuk mengungkapkan sesuatu ya Mba.
    Salut nih dengan gerakan tunjuk tangan

  14. Gerakan tunjuk tangan, kelihatan sepele tapi punya arti yang begitu besar. Dari gerakan ini, bisa juga mendorong kedekatan antara Bunda dan anak. Salut buat SGM!

  15. Wah, keren banget programnya. Gerakan Ayo Tunjuk Tangannya beda dr yg lain yak. Semoga anak2 sekarang makin rajin belajarnya klo nutrisinya tercukupi ya

  16. Iya mbak, kita bisa saling bantu dan peduli dengan pendidikan dan nutrisi anak lainnya

  17. Iya mbak. Selain itu kita juga bisa ambil bagian dalam kemajuan anak Indonesia

  18. Aksinya lebih ke kepedulian untuk kemajuan anak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *