Otomotif

Contoh Peralatan Bengkel Beserta Gambarnya

Jika Anda sedang memikirkan untuk membeli, mempelajari, dan mencari informasi peralatan bengkel, mungkin informasi ini akan sangat membantu anda. Alat bengkel merupakan salah satu alat wajib bagi Anda yang memiliki hobi untuk otak atik kendaraan bermotor, atau barang lainnya. Nah, ada beberapa alat bengkel wajib yang harus dimiliki oleh para pemula nih, untuk perbaikan ringan. 

Dengan menggunakan peralatan bengkel ini Anda juga bisa menggunakan untuk berbagai tujuan termasuk membuat kerajinan tangan, memperbaiki kendaraan, dan sebagainya. Langsung saja kita bahas informasi lengkapnya di bawah ini. Tenang karena di informasi dan contoh peralatan bengkel ini akan kita lengkapi juga dengan contoh gambar alat bengkelnya kok. 

Ini dia beberapa contoh peralatan bengkel beserta gambarnya: 

Set Kunci Pas

set kunci pas peralatan bengkel

Kunci pas adalah sebuah perlengkapan bengkel penting. Bahkan hampir semua hal bisa dikerjakan jika kita memiliki set kunci pas lengkap. Alat bengkel satu ini membantu mengencangkan mur dan baut dengan sangat mudah. Kita tahu bahwa kendaraan sendiri memiliki banyak sekali mur dan baut yang terletak di banyak tempat. Tentu memiliki set kunci pas berkualitas juga harus menjadi faktor yang diperhatikan. 

Ada banyak jenis kunci pas yang bisa digunakan. Jika Anda ingin memiliki set perlengkapan kunci pas akan lebih baik jika melengkapi juga dengan kunci ring, atau perhatikan penggunaan sehari – hari. 

Kunci Sok Atau Socket

kunci socket

Sebenarnya kunci sok ini memiliki fungsi yang sama dengan kunci pas, namun dari sisi kepresisian sendiri kunci sok lebih memiliki performa yang sangat baik. Memang dari segi harga sendiri set kunci sok lebih mahal, tapi akan menjadi salah satu investasi yang sangat baik untuk Anda yang sering utak atik kendaraan dan sebagainya. 

Set Perlengkapan Obeng

sekrup set perlengkapan obeng

Sekrup juga merupakan salah satu perangkat penyatu atau pengikat untuk perbengkelan, dan set obeng yang menjadi salah satu alat bengkel wajib untuk Anda miliki. Dapatkan juga obeng lengkap untuk membantu melakukan perbaikan servis di berbagai kendaraan. Pertimbangkan pemilihan alat bengkel satu ini sesuai dengan penggunaan, misalnya dari aksesoris, kemudian panjang gagang, jenis obeng dan sebagainya. 

Tang

peralatan bengkel tang

Selanjutnya ada tang yang merupakan salah satu contoh peralatan bengkel untuk Anda. Tang memiliki fungsi sebagai alat menghilangkan bahan secara efektif tanpa memotong. Perlu diperhatikan beberapa hal seperti ada jenis tang yang harus dimiliki, tang standar, tang potong, tang pompa. Anda bisa membeli set perlengkapan tang untuk melengkapi semua kebutuhan, atau mungkin tang standar menurut kami sudah cukup sebagai permulaan. 

Dongkrak

dongkrak mobil

Salah satu contoh peralatan bengkel yang wajib dimiliki adalah dongkrak, terutama untuk pemilik mobil. Dongkrak memiliki fungsi baik untuk keadaan darurat, misalnya ban bocor dan sebagainya. Anda tidak perlu memilih dongkrak dengan teknologi canggih misalnya dengan teknologi hidrolik, tapi paling tidak semua jenis dongkrak terutama untuk dongkrak standar sudahlah cukup untuk didapatkan. 

Set Hook and Pick

set hoot and pick

Hook and Pick adalah sebuah peralatan yang berguna untuk mengambil kabel, di tempat – tempat yang sulit dijangkau. Biasanya penggunaan peralatan bengkel satu ini digunakan untuk memperbaiki kelistrikan sepeda motor ataupun mobil. Alat ini sangatlah serbaguna untuk menjangkau atau memperbaiki kerusakan yang ada tanpa menimbulkan kerusakan lainnya. 

Senter 

senter

Terlihat sederhana bukan? Ya, senter merupakan contoh peralatan bengkel serbaguna. Senter bisa digunakan untuk berbagai hal terutama jika berhubungan dengan perbengkelan. Senter akan membantu kita memperbaiki banyak hal terutama saat kekurangan cahaya. Kita tahu bahwa biasanya parts otomotif sendiri seringkali tersembunyi di tempat yang sulit untuk dijangkau. 

Palu

palu

Contoh peralatan bengkel selanjutnya adalah palu. Jika membutuhkan tekanan besar untuk memperbaiki sesuatu maka palu adalah jawabannya. Kita sering menghadapi permasalahan yang mengharuskan untuk membuat sebuah barang lurus atau jika Anda ingin melepas sesuatu yang tersangkut, palu mampu mengerjakannya. 

Ada beberapa palu yang baik untuk digunakan misalnya palu karet yang memiliki impact besar tanpa merusak, cocok untuk penggunaan untuk part yang vital. Namun untuk penggunaan standar palu biasa sangatlah baik. 

Wearpack

wearpack safety

Terakhir ada wearpack untuk perangkat keselamatan di industri perbengkelan. Penggunaan wearpack merupakan salah satu hal wajib untuk menjamin standar keselamatan kerja. Wearpack safety bisa dipertimbangkan sebagai salah satu perlengkapan yang harus dimiliki untuk mengamankan diri Anda. 

Itu dia beberapa contoh peralatan bengkel wajib yang harus dimiliki. Silakan untuk pelajari sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Gak pernah nyentuh peralatan ini dah, baru mengenalinya karena lihat gambar-gambernya hehe. Mantep, kalau suami minta ambilin jadi tahu yang mana, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *