logoria__1_-removebg-preview

Bijak Kelola Keuangan bersama Sampoerna Mobile Banking

Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan akses siapapun untuk melakukan aktivitas termasuk belanja secara online. Namun di sisi lain, kemudahan yang kita rasakan justru menimbulkan efek buruk dalam hal pengelolaan keuangan terutama bagi generasi milenial dan generasi Z.

Milenial dan Gen Z digadang-gadang sebagai generasi yang cenderung boros, sulit menabung, dan tidak memperdulikan investasi di masa depan. Benar nggak sih? 

Penyebab Milenial dan Gen Z Punya Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Belum lama ini aku mengikuti launching Sampoerna Mobile Banking. Selain memperkenalkan SMB ada juga talkshow yang memberikan ilmu dan insight mengenai pengelolaan keuangan.

Menurut kak Felicia Putri Tjiasaka (Influencer &  Investment storyteller) saat talkshow “Hidup Minimalis Untuk Masa Depan Maksimal” memang betul bahwa milenial dan Gen Z itu memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya akses internet yang memperbolehkan kita melihat dunia yang lebih luas dan juga e-commerce yang mendemokratisasi pembelian barang antar kota, provinsi dan bahkan negara.

Belum lagi saat ini banyak tren seperti FOMO (Fear of Missing Out), YOLO (You Only Live Once) yang marak di media sosial, serta tantangan menjadi generasi sandwich pun membelenggu banyak generasi muda. 

Meskipun kecanggihan zaman menjadi sebuah sisi positif bagi anak muda agar bisa belajar banyak hal dengan mudah termasuk belajar investasi. Namun nyatanya mereka punya pemikiran dan psikologis  yang sulit diatur jika dihubungkan dengan tren. 

Ya, harus diakui kita kadang sulit menahan diri ketika melihat orang lain membeli barang mewah dan baru. Muncul keinginan untuk mendapatkan hal yang sama dan berusaha dengan cara apapun meskipun kita sadar bahwa kita tidak mampu untuk membelinya. 

Dengan karakteristik psikologis seperti ini menurut kak Felicia penting banget bagi Gen Z dan millennial untuk belajar menahan diri terhadap godaan sesaat dan memperbaiki mindset investasi dengan menghargai proses dan belajar untuk konsisten.

Hidup Minimalis untuk Keuangan yang Sehat

Bijak mengelola keuangan sejak muda? Kenapa tidak? 

Sudah saatnya sih gen z dan milenial lebih melek pengelolaan keuangan agar keuangan lebih sehat dan masa depan finansial menjadi aman. Dari talkshow yang aku ikuti bersama Sampoerna Mobile Banking, salah satu kuncinya adalah hidup minimalis. 

Apa sih konsep hidup minimalis ini?

Gaya hidup minimalis memang jadi tren belakangan ini. Kita sering lihat postingan mengenai decluttering yang populer, dimana kita melakukan beres-beres dengan tujuan menyingkirkan barang yang tidak kita butuhkan. 

Konsep hidup minimalis maksudnya adalah konsep di mana menjalani hidup dengan barang sesedikit dan sederhana mungkin, namun dapat bermanfaat secara maksimal. Kita berusaha semaksimal mungkin untuk fokus kepada sesuatu yang memang penting dan memberikan nilai serta menyingkirkan distraksi. Distraksi bukan hanya barang tapi juga pikiran dan mindset kita untuk memiliki banyak hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Pelaku gaya hidup minimalis, Olga Agata menyampaikan manfaat dari  gaya hidup minimalis yang ia sebut mindful living. Menurutnya hidup minimalis bukan hanya tentang memakai baju monokrom dan punya sedikit barang. Tetapi lebih pada kesadaran untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, melepas keterikatan yang tidak diperlukan dan “hadir” dalam setiap pengambilan keputusan. 

“Dengan begitu, setiap pengeluaran menjadi lebih bijaksana dan setiap pemasukkan senantiasa memberikan rasa cukup. Dengan rasa cukup, kita jadi tidak mudah merasa iri dengan kehidupan orang lain yang kita lihat dari media sosial,” tambah Kak Olga. 

Hidup minimalis juga merupakan hidup terencana dengan hidup secukupnya, membuat anggaran harian, bulanan dan memiliki tabungan plus dana darurat.

Untuk itu memang penting banget bagi Gen Z dan milenial untuk giat menabung dan berinvestasi sejak sekarang. 

Sampoerna Mobile Banking, Ajak Anak Muda Bijak Kelola Keuangan

Selain talkshow mengenai Hidup Minimalis, aku juga excited banget karena dalam kesempatan itu diluncurkan Sampoerna Mobile Banking untuk mempermudah nasabah milenial dalam menabung serta melakukan berbagai transaksi perbankan.

“Di era yang serba digital ini, kebutuhan nasabah akan transaksi digital semakin meningkat. Sampoerna Mobile Banking merupakan jawaban atas setiap kebutuhan transaksi digital generasi milenial,” tutur Henky Saputra, Finance & Business Planning Director, Bank Sampoerna.

Pak Henky juga menambahkan anak muda perlu belajar dari krisis yang terjadi seperti pandemi COVID-19.  Sangat penting untuk hidup terencana, memiliki tabungan dan hidup lebih hemat. 

Mengenal Sampoerna Mobile Banking

Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) melakukan peningkatan layanan mobile banking sekaligus mempertegas identitas layanannya dengan memperkenalkan Sampoerna Mobile Banking (SMB). Sebelumnya layanan ini bernama BSS Mobile. Peningkatan layanan ini dilakukan untuk mempermudah nasabah milenial dalam menabung serta melakukan berbagai transaksi perbankan.

Berikut 3 Keunggulan Sampoerna Mobile Banking:

1. Mudah

Sampoerna mobile banking menawarkan kemudahan dalam pembukaan rekening. Cukup dengan smartphone kita bisa mendaftar dan melakukan transaksi merchant menggunakan QRIS, kirim uang ke nomor hp, bayar-beli, hingga top up tanpa ribet

2. Murah

Tak perlu khawatir biaya mahal nih. Buka tabungan di sampoerna mobile banking tanpa setoran awal, bebas biaya bulanan, transfer online ke bank lain lebih murah hanya Rp 3.000,-

3. Berhadiah

Sampoerna mobile banking menyediakan banyak hadiah sepanjang tahun bagi kamu yang nabung di SMB.  Ada undian setiap bulan dan triwulanan melalui tabungan Sampoerna Mobile Saving diharapkan menumbuhkan kebiasaan menabung nasabah dengan total hadiah 3 (tiga) miliar rupiah.

Wow banget kan hadiah total 3 miliar nih buat kamu yang rajin menabung. Yuk mulai hidup minimalis dan bijak kelola keuangan mulai dari sekarang bersama Sampoerna Mobile Banking. 

Tags:

Share Post

Related Posts

24 Responses

  1. Memang tak mudah mengelola keuangan apalagi di zaman sekarang banyak godaan di mana keinginan terkadang melebihi kebutuhan. Untung ada Sampoerna Mobile Banking ya. Demi masa depan kini dan nanti yang cerah, kita bisa menabung dengan baik di sini. Pakai smartphone aja cukup, bebas biaya admin bulanan pula, banyak promo dan transfer ke bank lain hanya bayar 3K aja. Kepoin ah.

  2. Kalau dulu males menabung gara-gara harus ke bank, buka rekening juga harus ke bank, dengan Sampoerna mobile Banking hal itu tidak perlu terjadi ya. Asyiknya lagi Kita juga bisa menabung dalam jumlah kecil. Ketimbang beli barang-barang yang tak dibutuhkan lebih baik uangnya ditabung untuk masa depan

  3. Wuaaa, makin banyak aja bank digital yang hadir di Indonesia. Aku seneng karena konsumen juga jadi banyak pilihan. Kalau masalah pengelolaan uang, sekarang aku mencoba untuk bikin budgeting mbak, jadi stick to the budget gitu

  4. Kemudahan berbelanja via berbagai aplikasi ecommerce memang menjadi salah satu penyebab borosnya pengeluaran gen Z yaa.. Pendapatannya udah lumayan tapi borosnya juga. Mendingan mulai digiatkan nih aktivitas menabung, toh kini menabung pun makin mudah kaaan..

  5. iya mbak, ini sebenarnya enggak terjadi pada generasi milenial dan gen z aja sih, generasiku juga sekarang gitu deh, secara kita ada di masa semua serba online gini haha, godaan belanja itu ruar biasa. memang kudu bijak ya dalam mengelola keuangan pribadi apalagi kalau sudah berumah tangga. sekarnag bisa nabung lewat mobile banking, semuanya jadi serba mudah. kudu seimbang antara pemasukan dan pengeluaran. kalau bisa sih lebih banyak yang disimpen yaa

  6. Menarik nih, trendnya lagi hidup minimalis sekarang. Sejalan sama go green ya dimana kita beli yang kita butuhkan aja. Klo masih bisa diutilize, bisa di re-use juga. Lebih hemat pula, bisa nabung buat yang lain hihi

  7. Menarik nih, trendnya lagi hidup minimalis sekarang. Sejalan sama go green ya dimana kita beli yang kita butuhkan aja. Klo masih bisa diutilize, bisa di re-use juga. Lebih hemat pula, bisa nabung buat yang lain hihi

  8. Hidup minimalis ya demi bisa mengelola keuangan dengan baik. Harus rajin menabung juga nih. Buat dana cadangan. Jangan sampe pas butuh uang malah kebingungan Karena nggak ada uang. Harus rajin memilih dan memilah nih.

  9. edukasi dari Sampoerna Mobile Banking ini keren juga, soalnya zaman sekarang mengelola keuangan itu perlu banget, kondisi pandemi membuat gaya hidup dan kebutuhan hidup juga berubah.

  10. Berkembangnya dunia maya bisa positif juga negatif ya kalau kita ga bisa mengerem sendiri. Banyak orang lain menampilkan berbagai hal yg membuat kita jadi ikut tertarik dan membahayakan tabungan 🙂
    Belajar hidup lebih minimalis lagi ah apalagi bisa menyimpan dana di Sampeorna Mobile banking yang bebas biaya supaya masa depan lebih maksimal

  11. Hidup minimalis sekarang ini jadi idaman. Benar-benar pakai yang ada, mengelola sebaik mungkin termasuk perihal keuangan. Adanya mobile banking pasti bantu sih. Kaya Sampoerna ini. Hadiahnya menggiurkan!

  12. Iya nih aku setuju dengan konsep minimalis punya baranf sedikit tapi bermanfaat dan bisa maksimal. Aku salah satu yang suka terhanyut godaan beli barang dan alhasil barang numpuk padahal belun tentu kepake 🙁

  13. Digital banking sekarang ini semakin canggih ya, mak. Benar-benar menawarkan kemudahan bagi pengguna, sekarang lewat sentuhan jari sudah bisa buka rekening, nggak perlu repot ke bank.
    Semoga adanya layanan mobile banking ini bisa membuat kita lebih bisa banyak menabung ya dan mengelola keuangan dengan bijak.

  14. Iya bener juga ya mba
    Banyaknya marketplace dimana kita bisa belanja apapun dengan mudah memang jadi godaan yang sangat kuat.

    Harus punya rem yang pakem generasi sekarang ini. Untungnya, menabung juga makin mudah… Tinggal memperkuat niat/usaha.

  15. Hidup minimalis untuk masa depan maksimal, bener juga sih ya. Hidup kalau untuk memenuhi gaya hidup nggak bakal ada habisnya, tapi kalau membeli sesuatu sesuai kebutuhan, pasti barang yang dibeli bisa bermanfaat dengan baik.

    Baca ini jadi ingat cerita kampung milyader di Tuban itu, karena nggak paham pengelolaan keuangan, begitu terima uang milyaran langsung dibelanjakan macam-macam

  16. Di era digital seperti ini, mobile banking adalah sebuah kebutuhan utama ya mbak.
    Adanya Sempoerna Mobile Banking ini bisa memudahkan para nasabah ya mbak
    Untuk lebih bijak kelola keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe

Just subscribe to my newsletter
to receive all fresh posts

home3-hero-img.jpg