logoria__1_-removebg-preview

Aplikasi Audiobook Storytel, Cara Asyik Menikmati Buku

Audio book Harry potter di aplikasi storytel
Sebagai orang yang konvensional dalam urusan membaca buku, aku cukup penasaran saat tren mendengarkan buku makin populer. Apakah sensasinya akan sama? Apakah aku tetap bisa berimajinasi seperti saat membaca buku fisik? Pertanyaan itu akhirnya terjawab saat aku mencoba mendengarkan audiobook di Storytel, sebuah platform streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di Indonesia yang menyediakan banyak buku best seller.

Pantas saja audiobook banyak dibicarakan karena menawarkan kemudahan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan dengan cara yang menyenangkan. Bahkan untuk kutu buku sekalipun, menemukan waktu yang tepat dan cukup untuk membaca adalah sebuah tantangan. Dan akhirnya audiobook menjadi sebuah angin segar serta alternatif agar kita tetap bisa โ€œmembacaโ€ dengan cara yang lebih modern.

Bukankah mengasyikkan jika setiap hari kita bisa menambah halaman dari buku favorit yang selama ini hanya sebatas rencana? Apalagi untuk ibu-ibu sepertiku, yang baru saja membuka satu halaman sudah dihimpit bocah-bocah. Buku berganti buku anak, atau tumpukan lego untuk dimainkan bersama. 

Dengan kehadiran Storytel aku bisa mendengarkan buku saat mencuci baju, menyetrika, bahkan memasak.  1 buah buku yang biasanya butuh waktu lama untuk dituntaskan bisa kudengarkan dalam 1-2 hari saja. 

Tentang Aplikasi Buku Audio Storytel

Aplikasi audiobook storytel

Storytel adalah platform buku audio dan e-book yang memiliki lebih dari 500.000 judul yang sudah terkenal dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Storytel beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia dan berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Platform audiobook ini mempunyai visi untuk menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan banyak kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati siapa saja, di mana saja dan kapan saja.

Di aplikasi Storytel kita bisa mendengarkan buku best seller baik audiobook Indonesia dan Inggris. Jika belum tersedia audiobooknya kita bisa baca buku online karena disini juga tersedia e-book.

Favoritku adalah novel fiksi seperti yang saat ini sedang aku dengarkan yaitu Selamat Tinggal karya Tere Liye. Ada juga rekomendasi buku lainnya seperti Mariposa, Dilan, Divortiare, dan Negeri Lima Menara. 

Bagi pecinta buku berbahasa Inggris, Storytel juga menghadirkan audio book bahasa inggris seperti Harry Potter audiobook, game of thrones, sapiens, Hunger Games dan berbagai buku populer lainnya. 

Keunggulan Menikmati Buku di Storytel

Aku menikmati pengalaman saat mendengarkan beberapa buku yang ada di aplikasi Storytel. Aplikasi audiobook ini menjadi salah satu jalan keluar bagi orang yang kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk membaca buku sepertiku. Bagaimana dengan sensasinya? Tentu tidak bisa kita samakan dengan membaca buku fisik karena keduanya punya sensasi yang berbeda.

Mendengarkan buku best seller di storytel

Lalu apa saja keunggulan Storytel Audiobook?

1. Tersedia Ratusan Ribu Audiobook

Seperti sebuah perpustakaan yang menyediakan beragam buku menarik, Storytel mempunyai ratusan ribu audiobook yang bisa didengarkan.  Mulai dari buku bestseller lokal sampai internasional, novel fiksi dan non fiksi akan mudah ditemukan. Beberapa rekomendasi buku yang menarik untuk didengarkan seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, dan Hunger Games untuk versi berbahasa Inggris. Sedangkan untuk buku berbahasa Indonesia kita akan menemukan buku Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara dan novel populer lainnya. 

Oya, tak melulu audiobook, pelanggan juga bisa menikmati keseruan baca buku online melalui e-book yang dimiliki oleh Storytel.

2. Dibacakan Oleh Narator Berkualitas

Kunci dari sebuah audiobook adalah kepiawaian narator dalam membacakan buku sehingga pendengar bisa memahami. Akan lebih baik lagi jika narator mampu menggambarkan cerita seperti yang diinginkan penulisnya dan membawa imajinasi kita lebih jauh. 

Yap, imajinasi adalah salah satu sensasi yang kita bisa dapatkan saat membaca buku. Akan hampa rasanya mendengarkan buku jika narator tak mampu membawa kita pada imajinasi yang biasa kita dapatkan saat membaca buku.

Untuk itu Storytel menghadirkan narator berpengalaman hingga public figure ternama yang dapat membawakan cerita dengan baik, artikulasi jelas, serta intonasi yang tepat. 

3. Fitur Aplikasi Storytel yang Lengkap

Keunggulan lainnya dari aplikasi storytel adalah fiturnya yang lengkap sehingga membantu pengguna untuk menikmati buku-buku terbaik. 

  • Rekomendasi Buku

Saat pertama kali membuka aplikasi storytel, aku disuguhkan berbagai rekomendasi terbaik baik berupa buku bahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris. Ada juga editorโ€™s pick yang bisa menjadi pilihan jika kita belum menentukan ingin membaca buku apa.

  • Fitur Pencarian

Sudah punya buku yang diincar? Kita bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ada di aplikasi Storytel. Bisa langsung dengan mengetikkan judul buku, penulis ataupun narator. Selain itu, kita pun dapat menemukan buku berdasarkan kategorinya seperti kategori anak, romance, biografi, nonfiksi, klasik dan kategori lainnya.

  • Rak Buku

Dalam fitur ini kita bisa menyimpan buku-buku yang sudah didengar maupun yang akan di dengar. Misalnya aku baru mendengarkan setengah buku Selamat Tinggal namun ingin mendengarkan buku lain itu bisa kok. Nanti progress terakhir akan tersimpan di rak buku.

  • Target Cerita

Di menu profil kita akan menemukan fitur target cerita yang bisa kita atur untuk menyemangati kita membaca dan mendengarkan buku. Di fitur ini kita bisa memilih jangka waktu target misalnya 30 hari, 180 hari, 90 hari dll dan menarget berapa jumlah cerita yang ingin didengarkan. 

4. Harga Langganan yang Ramah di Kantong

Untuk mendengarkan ratusan ribu buku yang ada di Storytel ternyata sangat hemat dibandingkan jika kita harus membeli semua buku itu. Install aplikasi Storytel dan biaya berlangganan hanya Rp 39.000. Kalian bisa install Aplikasi Storytel untuk iOS maupun Aplikasi Storytel untuk Android. Nikmati keseruan mendengarkan audiobook favorit kalian.

Pengalaman Menikmati Audiobook di Storytel

Storytel memberikan pengalaman baru dalam menikmati buku. Jika sebelumnya aku rela duduk berjam-jam untuk membaca buku dan menyelesaikannya. Kini aku bisa mengetahui cerita dalam buku tersebut sembari melakukan hal-hal yang lain.

Ya, menikmati buku di aplikasi Storytel dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Baik itu saat beraktivitas di rumah, ataupun saat melakukan perjalanan di luar rumah. Kadang aku juga mendengarkan saat sedang istirahat. Rebahan sambil mendengarkan audiobook benar-benar menyenangkan. Mata aku tidak perih karena tak perlu berjam-jam menatap layar handphone seperti saat saat membaca e-book ataupun membaca buku fisik.

Salah satu buku yang aku dengarkan di Storytel adalah kisah Sintong, penjaga toko buku bajakan sekaligus mahasiswa yang tak kunjung kelar skripsinya. 

Audio book selamat tinggal tere liye di storytel

Sintong tentu tidak bodoh, Ia pernah menjadi redaktur di majalah kampusnya, bahkan ia juga kerap menulis opini ke surat kabar untuk mengcounter isu-isu sosial yang sedang muncul di masyarakat. Itulah alasan Dekan mau memberinya tambahan waktu agar Sintong bisa segera menyelesaikan kuliahnya.

Namun kisah cinta dan hidup Sintong membuatnya malas-malasan mengerjakan skripsi. Hingga akhirnya ia bersemangat kembali apalagi saat menemukan salah satu buku Sultan Pane yang saat masanya gigih menyuarakan keberanian dan memegang teguh idealismenya. 

Sebenarnya aku sudah membaca Kisang Sintong tahun lalu saat novel ini PO. Tapi karena rasa penasaran aku mengulang mendengar audiobook nya di Storytel. Selain itu ada beberapa inti cerita yang sudah aku lupa hehe. 

Buku Selamat Tinggal karya Tere Liye dibawakan oleh narator Ajeng Atmakusumah. Suaranya enak didengar dengar artikulasi yang jelas. Begitu juga saat bagian percakapan, narrator mengubah cara bicaranya untuk membedakan karakter tokoh. Overall aku cukup menikmati mendengarkan audiobook ini.

Selain mendengarkan Audiobook Indonesia, aku tak ketinggalan mencoba mendengarkan audiobook Bahasa Inggris. Sudah lama rasanya tidak mengasah kemampuan listening. Jadi aku mencoba mendengarkan Harry Potter (J.K Rowling). Asyik sekali mendengar pronunciation pembacaan buku ini. Sembari mendengarkan cerita, bisa belajar kosakata bahasa Inggris. Jika kurang paham apa yang diucapkan, aku biasanya akan mengurangi kecepatan pembacaan. 

Bagaimana? Sudah coba mendengarkan buku di aplikasi audiobook Storytel?

Tags:

Share Post

Related Posts

45 Responses

  1. Metode membaca buku makin bertambah nih meski bukan hal baru. Jd kita berasa didongengin meski kita udh dewasa. Apalagi naratornya jg ada dr kalangan aktris/aktor/penulis bukunya sendiri. Lgsg download ah buat dengerin buku favoritku.

  2. dengarkan buku sambil belajar, bener2 bagus ni storytel, cari buku cerita berbahasa inggris sehingga kita mendengarkan ceritanya , kan bisa nambah kosakata juga ya ๐Ÿ™‚

  3. Seru ya baca audiobook di storytel ini. Aku suka banget karena bisa disambi kerjaan lain. Selain lebih produktif, jadi kayak ada yang nemenin gitu kalau lagi berkegiatan

  4. Akhirnya bisa menikmati buku dengan vibes yg berbeda. Jd ngga ada alasan lagi untuk nggak bisa 'mengunyah' buku karena skg fitur audionya membuat kita bs 'baca buku' sambil melakukan agenda lain. Keren ๐Ÿ™‚

  5. Wahhh, nemu apk baruuuu. Sebelumnya juga ada di st*rial, kan sudah twrsedia versi audiobook. Dan sekarang setelah membaca seluruh artikel ini jadi penasaran pengin coba download apknya. Thankyou kak atas rekomendasinya

  6. asyik nih ada aplikasi audiobook, karena aku agak kesulitan membaca buku motivasi karena sulit konsentrasi ( banyak gangguan, hehehe). tapi seru juga mendengarkan audiobook cerita seperti harry potter bersama anak

  7. Bener banget Mbak, PR bagi ibu-ibu untuk baca buku tiap hari. Hiks. Saya termasuk salah satunya.

    Pakai aplikasi Storytel, jadi ndak ada alasan untuk ndak baca buku, karena praktis, tinggal mendengarkan

  8. Aku tadi langsung download dan cobain, ternyata menyenangkan bgt, aku jadi makin semangat membaca.Aku juga pilih cerita rakyat karena tadi dengerin bareng anakku, seru bgt katanya.

  9. Belom pernah dengerin Storytell dan makin penasaran banget setelah baca disini juga. Cara baca buku dengan mendengarkan pula dan banyak pilihan cerita yang ingin dibaca sesuai dengan kebutuhan yaaa.

  10. Dengan instal Audiobook Indonesia Storytel serasa punya perpustakaan pribadi di rumah yaa..
    Senang sekali bisa membaca dan mendengarkan buku dimana saja, kapan saja.

  11. Storyrtel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak yah, jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka ya. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi mereka melalui cerita-cerita yang didengarkan lewat aplikasi ini.

  12. Suka sekali dengan aplikasi Storytel. hampir seminggu ini saya gak absen dengerin buku. Pokok sambil beresin kerjaan rumah sambil dengerin storytel. Eh lama-lama kelar juga beberapa buku.

  13. Zaman now kita bisa menikmati buku dari suara2 keren melalui aplikasi audiobook Storytel ya mbak. Aku belum mencobanya nih padahal udah banyak teman2 yang rajin pakai hihihi ๐Ÿ˜€ Jadi ga ada lagi alasan ga sempat masak ya karena di dapur pun kita bisa sekalian me time ๐Ÿ˜€ Variasi pilihannya juga banyak, ahjadi bingung ntar mau yang mana wkwkwkwk ๐Ÿ˜€

  14. Saya belum pernah nyobain aplikasi storytel ini ya kayaknya seru nih. Kalau ada storytel ini membantu banget nih buat kita tetep bisa baca buku tapi tetep bisa disambi sama kativitas atau pekerjaan yang lain

  15. Aku lagi dengerin Harry Potter buku 1 di Storytel nih. Dulu baca lengkap serinya versi Bahasa Indonesia.Kini dengan versi Inggris sambil belajar bahasa. Asyik…dengar buku bisa sambil apa saja:)

  16. Muraahhh bangettt….
    Storytel cuma 39ribuan perbulan dpt mendengarkan isi buku sepuasnya. Beli buku saja harga diatas 39 ya makk.

    Cocok banget biat yg males membaca aplikasi ini dan bisa di sambi apa aja.

  17. Aku install di hpku mbak, terus suatu saat aku dengerin buku dan anakku ikut denger. Sekarang dia yang lebih sering minjam hpku buat dengerin buku. Hihi… tak lupa saya set mode anak dulu sebelum di kasih ke dia

  18. Asyik ya, semakin banyak cara untuk bisa membaca. Sekarang buku, didengarkan juga bisa…

    Yang aku suka dr storytel, koleksi bukunya buanyaaaak banget…

  19. Kayanya praktis banget ya, membaca buku menggunakan aplikasi audiobook seperti storytel ini. Memang sensasi membaca buku fisik itu berbeda ya, tapi kayanya sesekali bisa jadi alternatif membaca yang menyenangkan

  20. Enak juga ya "baca" bukunya dibacain!
    Berguna banget pasti untuk anak-anak yang emaknya ga tahan baca buku lama-lama karena lelah di mata!

    Aku udah coba donlot tapi harus langganan duluya ternyata

  21. membaca buku bisa sekalian didengerin dengan aplikasi audiobook storytel ini ya mak, jadi misal nih sambil melakukan pekerjaan rumah tangga masih bisa tuh mendengarkan buku yang diinginkan

  22. Saat beristirahat, menjelang tidur, bahkan saat lagi liburan menikmati suasana alam.. bisa banget nih dengerin audiobook. Ya ampun nulisnya kok malah kebayang suasananya. Install app storytelnya udah, liburannya kapan ini. Huhuhu

  23. Aku uda instal Aplikasi Audiobook Storytel dan mendapatkan banyak manfaat mendengarkan buku dengan gembira. HIhii~
    Nostalgia banget waktu dengerin buku-buku Lupus.

  24. Artikel ini membawaku ke acara Voice Over beberapa waktu lalu dimana aku berkenalan dengan istilah audiobook.

    Setuju!
    Jadi narator audiobook itu harus piawai lho!
    Jadi pendengar bisa merasakan semua greget nuansa buku.

    Apalagi yang sesi pembicaraan.
    Harus bisa menyesuaikan dengan suasana di buku.

    Sepertinya aku akan mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi audiobook Indonesia, Storytel!

  25. Wah ini bisa menjadi pengalaman baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati cerita dari buku!

    Semoga misi mulia Storytel aplikasi audiobook Indonesia, untuk menghubungkan kita dengan kesejahteraan, kreativitas dan persfektif yang lebih luas, terwujud!

    Btw,
    Kepo juga nih dibacain cerita sama mba kesayanganku, Dian Sastro.
    Gimana kira-kira sensasinya ya.
    Hmmm.

  26. Aku baru dengerin tadi, judulnya Maryam karya Oki Madasari. Sudah baca sih, tapi kangen aja dengerin dongeng. Sampai aku ketiduran tadi siang hehehe, jadi tahu-tahu dah panjang aku ga ngeh

  27. wah mau banget aku langganan ini mba, jadi bisa 'baca' sambil multitasking dong yaaa..suka bangetttt. Soalnya aku memang kalau cuma baca aja tuh bener bener gaa sempat mba. dan sekarang kalau ada inovasi kayak gini jelas sangat membantuu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe

Just subscribe to my newsletter
to receive all fresh posts

home3-hero-img.jpg