Bank memberikan banyak layanan keuangan untuk nasabah dan masyarakat luas. Salah satunya adalah remittance atau layanan kirim uang ke luar negeri dengan cara yang lebih mudah dibanding layanan pengiriman uang lainnya.

Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk transaksi bisnis, pengiriman biaya kuliah, membayar fasilitas kesehatan di luar negeri, hingga belanja di e-commerce internasional. Khususnya untuk keperluan bisnis, layanan remittance bisa menghemat dana operasional bisnis Anda.

Menjalankan bisnis hingga ekspansi ke luar negeri tidak mudah. Anda wajib memahami persyaratan dan prosedur bisnis berskala internasional. Tidak hanya itu saja, masih banyak faktor lain yang harus Anda perhatikan agar operasional bisnis berjalan lancar, seperti urusan pengiriman uang yang biasa terjadi dalam transaksi bisnis. Saat ini, sudah tersedia aplikasi kirim uang ke luar negeri yang bisa membantu memudahkan operasional bisnis Anda di luar negeri.

Tips Kirim Uang ke Luar Negeri untuk Operasional Bisnis

Image 2
https://pixabay.com/photos/meeting-workplace-team-office-5395615/

Sebagian besar orang menghindari transaksi kirim uang ke luar negeri dengan berbagai alasan. Biaya ongkos kirim yang mahal, nilai tukar valas yang tinggi, proses transaksi rumit dan memakan waktu lama. Namun jika Anda ingin bisnis berkembang hingga ke luar negeri, Anda tidak bisa menghindari layanan perbankan ini. Agar Anda tetap bisa menjalankan operasional bisnis dengan lancar, berikut ini beberapa tips pengiriman uang ke luar negeri yang bisa dilakukan dengan aman dan mudah.

1. Pilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memilih lembaga terpercaya yang menyediakan layanan remittance. Anda bisa memilih bank atau lembaga keuangan lain yang sudah memiliki izin resmi dari BI dan di bawah pengawasan OJK.

Tujuannya agar dana yang Anda kirim tetap aman dengan proses transaksi yang bisa dipantau. Beberapa bank kini menyediakan layanan remittance melalui aplikasi kirim uang ke luar negeri yang praktis dan bisa diakses melalui smartphone.

2. Perhatikan Nilai Tukar Valas

Kirim uang ke luar negeri tidak bisa dilepaskan dari transaksi valas. Sebelum melakukan pengiriman uang, Anda wajib mengetahui nilai tukar terkini agar lebih mudah menghitung jumlah nominal sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengetahui nilai tukar valas, Anda juga bisa menghitung biaya transaksi yang akan dibebankan pada Anda. Informasi nilai tukar valas terkini bisa Anda dapatkan melalui bank, internet, atau melalui aplikasi perbankan digital.

3. Periksa Ulang Data Transaksi

Saat melakukan transaksi, pihak bank akan memberikan formulir berisi data yang dibutuhkan dalam transaksi. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap. Periksa ulang nama Anda sebagai pengirim, nama penerima uang, nama bank dan negara tujuan, serta jumlah nominal yang mau dikirim.

Tujuannya agar uang yang Anda kirim sampai ke tangan penerima yang benar dalam proses yang lebih cepat. Jika terdapat sedikit kesalahan, maka prosesnya bisa lebih panjang, bahkan terjadi kegagalan transaksi. Agar Anda bisa menggunakan layanan pengiriman uang dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kirim uang ke luar negeri yang bisa diakses kapan saja melalui smartphone.

 4. Pahami Mekanisme Transaksi

Mekanisme transaksi pengiriman uang ke luar negeri membutuhkan proses yang lebih lama dibanding pengiriman uang antar rekening dalam negeri. Hal ini terjadi karena membutuhkan pihak ketiga sebagai penghubung yang disebut sebagai correspondent bank.

Proses pengiriman uang berjalan lebih lama juga disebabkan karena sistem perbankan Indonesia yang berbeda dengan luar negeri. Jika Anda harus mengirimkan uang untuk operasional bisnis dalam waktu cepat, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi kirim uang ke luar negeri yang memberikan fasilitas transfer same day, artinya uang yang Anda kirim diterima di hari yang sama.

Fasilitas ini bisa Anda dapatkan dengan catatan informasi yang Anda berikan lengkap dan benar, serta waktu pengiriman tidak melewati masa berlaku mata uang di hari tersebut. Dengan cara ini, operasional bisnis di luar negeri bisa berjalan lancar.

5. Ketahui Biaya Pengiriman Uang

Jika Anda melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri, Anda akan dikenakan biaya ongkos kirim. Sebelum melakukan transaksi, Anda harus mengetahui berapa nominal biaya ongkos kirim yang dibutuhkan. Tujuannya agar uang yang Anda siapkan tidak kurang yang menyebabkan prosesnya jadi tertunda atau gagal.

Beberapa lembaga keuangan menetapkan biaya ongkos kirim yang lumayan mahal. Namun jangan khawatir, banyak juga bank yang menawarkan biaya ongkos kirim gratis untuk tujuan negara yang menggunakan mata uang tertentu. Teliti dalam memilih lembaga keuangan atau perbankan, agar Anda bisa menghemat biaya transaksi dan menghemat dana operasional bisnis di luar negeri secara keseluruhan.

Transaksi Kirim Uang ke Luar Negeri Aman

Perkembangan teknologi digital juga dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan perbankan. Salah satunya dengan kehadiran aplikasi kirim uang ke luar negeri yang praktis dan bisa diakses melalui smartphone. Seperti Aplikasi digibank by DBS yang menyediakan layanan remittance untuk kemudahan operasional bisnis Anda di luar negeri.

Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS dengan nyaman karena sudah mendapat izin resmi dan diawasi pemerintah. Aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kelancaran operasional bisnis di luar negeri, di antaranya adalah:

  • Transaksi praktis melalui smartphone selama 24/7
  • Fx rate terkini dan kompetitif
  • Proses transfer uang lebih cepat bisa sampai di hari itu juga
  • Bebas biaya ongkos kirim ke lebih dari 20 negara yang menggunakan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.

 

Transaksi kirim uang ke luar negeri untuk operasional bisnis Anda semakin mudah, hemat, dan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi perbankan digital yang terpercaya ini bisa Anda gunakan dengan nyaman melalui smartphone kapan saja Anda membutuhkannya. Prosesnya cepat tanpa membutuhkan waktu yang panjang, sehingga operasional bisnis di luar negeri bisa berjalan lancar. Segera manfaatkan remittance melalui Aplikasi digibank by DBS dan dapatkan informasi selengkapnya di tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/transfer-valas

Bagikan postingan ini :)

riafasha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *