industri Lingkungan

Program Water Management PGN SAKA, Bentuk Kepeduliaan Menjaga Air

water management

PGN Saka adalah anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) yang berdiri pada tahun 2011. Bergerak di usaha hulu minyak dan gas bumi, Saka Energi menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui water management program agar sumber air tetap terjaga dari pencemaran.

Kenapa Water Management Penting untuk Perusahaan?

Akses air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sejalan dengan program sustainable development goals. Untuk itu penyediaan air bersih dan layak konsumsi menjadi sebuah program yang harus dilakukuan oleh semua pihak tak terkecuali perusahaan.

Permasalahan mengenai air menjadi perhatian serius, salah satunya masalah pencemaran air dari limbah hasil kegiatan manusia. Apabila air tercemar, tentu akan berpengaruh pada kualitasnya sebagai komuditas utama hidup manusia.

Karena harus kita akui tidak banyak perusahaan yang peduli dan tertib mengelola industrinya dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. Limbah yang berasal dari kegiatan pabrik sudah tidak memiliki nilai guna. Bahkan bisa mengandung bahan berbahaya bagi lingkungan dan menimbulkan pencemaran tanpa pengolahan yang tepat.

Untuk itu perusahaan membutuhkan pengelolaan air secara khusus dalam setiap proses industrinya. Dengan menghemat penggunaan air dan manajamen air bersih, kelangkaan sumber daya air bisa dikendalikan dan mencegah kehilangan serta rusaknya air karena alasan pencemaran limbah pabrik.

Water Management PGN SAKA

pgn saka water management

Saka Energi Indonesia telah memberikan kontribusi dalam pengembangan bisnis PGN dan ketersediaan energi di Indonesia. Perusahaan ini telah melakukan beberapa akuisisi lapangan minyak dan gas di berbagai PSC di Indonesia ataupun Kerjasama lainnya di luar Indonesia.

Dalam menjalankan perusahaan, PGN Saka mengelola kegiatan dengan tetap memperhatikan Pengelolaan Air (Water Management) sebagai bentuk kontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Berikut Program Water Management yan dilakukan PGN SAKA:

  • Efisiensi Air

Setiap industri pasti membutuhkan ketersediaan air dalam pelaksanaan kegiatannya. Begitu juga bagi perusahaan PGN SAKA, pemanfaatan air tidak bisa dihindari karena menjadi salah satu elemen dasar yang menunjang kegiatan operasional.

Namun disisi lain, air bersih juga dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Air merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap hari. Untuk itu, setiap industry ditantang dan dituntut untuk bijak dalam menggunakan sumber daya air. Begitu juga yang dilakukan oleh PGN SAKA, penggunaan air digunakan seefisien mungkin agar ketersediaan sumber daya air tetap terjaga.

  • Penurunan Beban Pencemaran Air Limbah

Selain tantangan pengelolaan air yang efisien, tantangan lainnya yang harus dihadapi oleh perusahaan adalah air limbah yang terproduksi dari hasil kegiatan produksi perusahaan. Jika tidak disikapi dengan bijak, limbah ini berpotensi mengakibatkan pencemaran lingkungan termasuk pencemaran pada sumber air.

PGN SAKA Energi menyadari potensi pencemaran ini sehingga melakukan program penurunan beban pencemaran air limbah. Strategi water management yang dilakukan adalah melakukan re-injeksi ke dalam sumur produksi sebagai Pressure Maintenance. Selanjutnya sisa reinjeksi dibuang setelah dilakukan pengolahan. Strategi ini dapat mengurangi kemungkinan limbah perusahaan merusak lingkungan khususnya sumber air.

Water Management seperti yang dilakukan PGN SAKA layaknya juga diterapkan oleh perusahaan lainnya apapun bentuk proses industry yang dilakukan. Dengan menerapkan pengelolaan air yang tepat, perusahaan berarti telah mematuhi peraturan perundangan serta berkontribusi dalam kelestarian lingkungan.

Bagikan postingan ini :)

(7) Komentar

  1. Wah keren banget ya PGN, kepeduliannya sangat luar biasa karena sangat jarang yang seperti ini

  2. Baru tahu tentang water management dan setuju banget perusahaan perlu banget melakukan water management sebagai bentuk kepedulian menjaga bumi.

    1. iya kak setiap perusahaan perlu melakukan ini

  3. Air ini menjadi krusial apabila tidak dikelola dengan baik. Apalagi dalam skala besar atau industri. Dalam upaya efisiensi dan pengurangan air limbah, bagus banget program yang dilaksanakan oleh PGN SAKA. Sukses terus ya.

  4. Masalah air ini emang nggak sepele, kaya masalah sampah. Dua masalah ini aku rasa pangkalnya sama yaitu pengolahan limbah. Dan aku seneg banget kalau ada perusahaan yang ikut berkontribusi dalam menjaga kualitas sumber daya kaya PGN Saka ini.

  5. Penyediaan air bersih sangat penting bagi penunjang kegiatan di perusahaan. Aku juga baru tau ada water management nah, menarik untuk diikuti. Nice artikel kak ria:))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *