Olahraga

Tips Melakukan Workout Di Rumah Agar Hasilnya Efektif

workout di rumah

Semenjak pandemi lebih banyak orang yang memilih untuk melakukan workout di rumah, yaitu latihan yang bagus untuk kesehatan.

Apalagi banyak juga orang-orang yang punya rutinitas padat atau sibuk sehingga tidak memungkinkan untuk bisa ikut olahraga di pusat kebugaran atau tempat gym.

Karena di zaman sekarang sebenarnya kecanggihan teknologi juga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan olahraga, cukup melihat dari panduan yang ada secara online.

Aktifitas fisik atau olahraga penting dilakukan oleh siapa saja, karena sebenarnya ini merupakan bagian dari investasi untuk masa depan.

Tidak harus dengan intensitas yang tinggi atau terlalu lama, cukup meluangkan waktu setidaknya 150 menit dalam seminggu, sudah bantu untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tentunya untuk jenis latihan ini bisa disesuaikan dengan tujuan masing-masing, karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda.

Pada dasarnya ada banyak jenis latihan workout yang dapat Anda lakukan dari rumah saja, apalagi jika ditunjang dengan sarana yang memadahi, misalnya dengan punya treadmill maka nantinya bisa latihan kardio dengan cara lari atau jogging, bisa juga melakukan latihan beban dengan menggunakan alat bantu yang ada di rumah. Namun juga ada beberapa jenis workout yang sebenarnya tidak membutuhkan bantuan alat, misalnya dengan Yoga atau mungkin senam.

Ada berbagai manfaat menakjubkan yang bisa Anda rasakan dengan workout di rumah, namun untuk Anda para pemula penting sekali untuk tahu tipsnya berikut ini, yaitu:

  1. Tentukan tujuan workout ini

Tentunya memiliki tujuan latihan penting, karena akan berpengaruh terhadap jenis latihan seperti apakah yang paling pas atau cocok untuk dilakukan. Misalnya jika tujuannya sekedar untuk kebugaran, maka bisa memilih latihan kardio.

Sedangkan ketika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan sekaligus juga membentuk tubuh, maka dapat ditunjang dengan melakukan latihan angkat beban. Artinya memang berbeda tujuannya, akan berbeda pula latihan yang pas untuk dilakukan.

  1. Membuat jadwal

Karena dilakukan dari rumah terkadang banyak yang tidak disiplin dalam melakukan kegiatan olahraga atau latihannya. Sehingga hasil yang didapatkan juga menjadi kurang optimal, guna menyiasatinya maka Anda bisa membuat jadwal latihan.

Hari apa dan kapan harus melakukannya, sehingga lebih jelas terprogram. Dengan adanya jadwal maka Anda juga bisa lebih disiplin dalam melakukan latihan tersebut.

tips workout efektif di rumah
Foto oleh Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-orang-wanita-relaksasi-6707031/
  1. Pilihlah jenis latihan yang sesuai

Masuk ke poin pertama yaitu sesuai dengan tujuan workout Anda. Hendaknya memilih jenis latihan yang paling pas. Sebenarnya tidak ada paksaan juga harus latihan ini, apalagi bagi orang-orang yang masih baru mulai belajar untuk bisa aktif olahraga.

Cukup pilih jenis olahraga yang paling disukai saja, karena jika Anda bahagia melakukannya, maka hasil yang didapatkan otomatis akan lebih optimal.

  1. Pastikan melakukannya secara disiplin tanpa ada tekanan

Artinya dibuat enjoy saja, pada akhirnya yang akan merasakan manfaat adalah diri sendiri. Jadi jika Anda ingin hasil yang optimal maka lakukanlah dengan sepenuh hati tanpa ada paksaan.

Banyak keuntungan dari melakukan workout dari rumah, diantaranya adalah:

  1. Waktu serta lokasi fleksibel, tidak ada tuntutan bagi Anda untuk datang ke tempat latihan dengan jadwal yang sudah pasti, karena terkadang mungkin ada halangan yang tidak memungkinkan ikut jadwal latihan yang sudah ada. Sedangkan jika dilakukan dari rumah maka bisa sesuka hati kapan saja.
  2. Lebih hemat biaya, apalagi tidak perlu membayar member ataupun membayar personal trainer, semua latihan dilakukan sendiri dengan bantuan video dari Youtube misalnya ataupun yang lain.
  3. Tidak ada tekanan dari siapa saja, karena dilakukan sendiri tanpa bantuan dari trainer, otomatis juga tidak ada tekanan yang dirasakan.
  4. Lebih privacy, bagi beberapa kalangan seperti diantaranya adalah para introvert yang tidak suka bertemu dengan banyak orang, sebenarnya workout di rumah ini bisa jadi pilihan terbaik.

Namun juga ada kekurangan dari latihan di rumah ini, termasuk diantaranya hasil terkadang kurang optimal tanpa panduan ahlinya. Jika merasa demikian maka Anda bisa daftar kelas di FIT HUB saja. biaya terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.

Bagikan postingan ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *