bisnis

Tips dan Ide Usaha Rumahan di Desa

Semenjak pandemi covid 19 melanda, sebagian masyarakat Indonesia mengalami kesulitan ekonomi. Kita sering mendengar kabar PHK yang menyebabkan pekerja kehilangan pekerjaan dan kebingungan harus melakukan apa untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarga.

Kondisi yang sulit akhirnya membuat banyak orang berpikir untuk memulai usaha yang unik dan menjanjikan. Apalagi kini kita sedang berbenah untuk tetap bertahan dalam era new normal. 

Bicara soal membangun usaha, kalau buka di pinggiran kota mungkin sudah biasa. Mainstream istilah anak zaman now. Tapi apakah ada yang terpikir untuk membuka usaha rumahan di desa?

Ternyata peluang usaha rumahan di desa cukup besar loh teman-teman mengingat potensi bisnis di desa sangat menguntungkan. Selain kondisi pedesaan yang kondusif dan nyaman, persaingan bisnis di desa pun relatif rendah dibanding di kota. Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah meningkatkan perekonomian di pedesaan. Jadi kenapa tidak mencoba membuka usaha rumahan di desa. 

ide usaha rumahan di desa

Tips Membangun Bisnis di Desa

Setelah mengetahui bahwa usaha di desa menawarkan peluang untuk menghasilkan keuntungan. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum membangun usaha di desa. Berikut beberapa tips nya:

1. Lakukan Survei Peluang Usaha di Desa

Survei sangat penting untuk mengetahui usaha seperti apa yang belum ada di desa atau minim pesaing. Kamu bisa mengamati apa saja produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat desa. 

Selanjutnya, kamu bisa melihat kebutuhan dan sumber  daya yang ada di desa.  Dengan begitu akan muncul prospek baik yang menguntungkan di masa mendatang.

Misalnya jika masyarakat masih belum banyak yang memiliki kendaraan, kamu bisa mempertimbangkan membuka usaha transportasi. 

2. Buat Usaha Sesuai Minat dan Kemampuan

Membuka usaha tanpa ada modal keinginan dan kemampuan rasanya sulit untuk berkembang. Jadi ciptakan peluang usaha di desa yang sesuai dengan kemampuan kamu agar saat menjalaninya tidak setengah hati.

Menjalani usaha yang kita sukai tentu akan menimbulkan perasaan bahagia dan bonusnya mendapat keuntungan usaha. Untuk itu pahami dulu bidang usaha yang cocok untukmu.

3. Lakukan ATM

ATM adalah singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Setelah survei dan membuat pertimbangan, kamu bisa memilih bisnis atau peluang usaha dengan melihat usaha yang serupa. Jika belum ada itu lebih baik. Namun jika sudah ada, tak perlu khawatir. Kamu perlu melakukan analisa mengenai kekurangan kelebihan usaha tersebut sehingga bisa menciptakan usaha baru yang lebih baik dan unik. 

4. Manfaatkan Teknologi Digital

Kita perlu bersyukur karena saat ini teknologi semakin canggih sehingga memudahkan untuk membuka dan mempromosikan usaha. 

Meskipun di desa kita bisa memasarkan usaha bukan hanya di desa, tetapi secara luas ke seluruh pelosok negeri dengan memanfaatkan internet. 

Atau jika tidak punya banyak modal, kamu bisa mengambil peluang usaha rumahan di desa via Whatsapp di Evermos. Nantinya dengan bergabung bersama Evermos, kamu bisa tahu cara jualan online laris di whatsapp tanpa harus punya toko sendiri.

Ide Usaha Rumahan di Desa

Sudah mencoba melakukan tips membuka usaha di desa namun masih bingung sebaiknya buka usaha apa? Tak perlu khawatir! Kali ini saya akan berbagi beberapa ide usaha rumahan di desa yang unik dan menjanjikan. 

  • Usaha Ternak

Desa biasanya masih punya pekarangan dan lahan yang luas sehingga bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha ternak. Bisa ternak ayam kampung, atau berternak lele. 

Ayam kampung adalah salah satu komoditas yang punya prospek cukup baik, tanpa memerlukan modal besar dan jauh lebih murah dibandingkan ternak kambing maupun sapi.  Selain itu dengan menekuni usaha ternak ayam kampung, anda bisa mendapatkan dua hasil yaitu daging dan telur yang bisa dipasarkan di warung makan, restoran maupun pasar. 

Begitu juga dengan lele yang merupakan jenis ikan yang paling mudah dibudidaya. Tidak perlu modal terlalu besar, namun menjanjikan hasil yang berlipat ganda.

  • Bisnis Pulsa

Saat ini  hampir semua orang sudah memiliki smartphone begitu juga masyarakat desa. Jadi pulsa dan kuota menjadi salah satu kebutuhan penting yang memberikan prospek cerah untuk untuk dijadikan peluang usaha. 

Dengan memilih lokasi strategis, konter pulsa sangat menjanjikan. Kamu pun tidak perlu modal terlalu besar. Hanya dengan 500 ribu bisa loh membuka usaha rumahan di desa. 

  • Toko Sembako

Dulu jika bertandang ke desa saya sering kesulitan mencari warung kelontong atau toko sembako yang menjual berbagai kebutuhan. Nah ini bisa kamu jadikan peluang loh karena kebutuhan pokok masyarakat itu selalu tinggi, baik di desa maupun di kota.

Jika ada toko sembako di desa, kamu bukan hanya akan mendapat keuntungan tetapi juga membantu masyarakat desa sehingga mereka tidak perlu menempuh jarak jauh untuk belanja.

  • Usaha Kuliner dan Oleh-Oleh

Menjual makanan adalah salah satu ide yang sangat brilian jika ingin memulai usaha di desa yang sudah berkembang. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat yang tidak sempat membuat makanan setiap hari.

Jika menyasar anak muda, kamu bisa menambahkan fasilitas seperti wifi, live musik atau mengadakan event di desa agar menarik pengunjung bahkan dari desa lainnya.

Nah selain usaha kuliner, kamu bisa mengambil peluang usaha oleh-oleh khas desa termasuk makanan khas dan usaha kerajinan. Setiap desa pasti punya keunikan dan oleh-oleh khas desa yang unik. Produk usaha bisa kamu pasarkan secara online agar makin di kenal bahkan hingga ke luar negeri.

  • Menjadi Dropshipper/ Reseller Evermos

Jualan Online via Whatsapp di Evermos

Saat ini banyak yang memanfaatkan media sosial dan whatsapp untuk berjualan online. Nah jika kamu tidak mempunyai cukup modal, Jualan Online via Whatsapp di Evermos dengan menjadi dropshipper dapat menjadi salah satu peluang menarik nih.

Apa sih keuntungan menjadi dropshipper?

Dropshipper adalah kegiatan menjual barang-barang yang dipasarkan oleh toko online. Namun bedanya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal bahkan tanpa modal. Dropshipper juga minim resiko karena tak perlu membeli barang terlebih dahulu.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis tanpa modal, Evermos menawarkan menjadi reseller sehingga kamu bisa memulai usaha tanpa modal dengan waktu yang fleksibel. Untuk menjadi dropshipper/ reseller Evermos cukup daftarkan diri di website Evermos.

Evermos adalah sebuah platform, sebuah wadah, untuk menjual produk-produk Muslim Indonesia. Dengan menjadi reseller/dropshippernya, kamu bisa loh menjual seluruh produk Evermos tanpa harus membelinya langsung. Cukup modal tekad dan semangat untuk memasarkan produk secara online.

Salah satu cara jualan online agar laris adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti whatsapp. Saat ini pengguna whatsapp sangat besar. Perhatikanlah kata-kata jualan online di WA agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang kamu pasarkan. 

Nah itu tadi tips dan ide usaha rumahan di desa yang bisa kamu coba. Semoga membantu kamu untuk membuka usaha ya!

Selamat mencoba!

Bagikan postingan ini :)

(2) Komentar

  1. Kalo di sini pada jualan kue2, che. Malem pada jualan makanan, jadi sepanjang jalan rame yang jualan dan beli. Rata2 cemilan kayak takoyaki, martabak, roti bakar dll

  2. Wah iya ini sering banget kepikiran bagaimana nasib orang di desa yang sulit berbisnis. Apalagi sebagian dari mereka memilih merantau, tapi ternyata tetap bisa aja berbisnis dan memenuhi kebutuhan sehari-hari asal kita tahu pasarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *