bisnis teknologi

Website dan Email Marketing Sebagai Senjata Digital, UMKM Wajib Coba!

Pak Suparmanto sangat antusias saat berjumpa denganku dan teman-teman blogger di Dinas Koperasi dan UKM Bengkulu. Pemilik usaha Gula Semut Aren itu jauh-jauh datang dari kabupaten Rejang Lebong untuk berdiskusi agar produk usahanya yang dikenal dengan gula herbal bisa go digital. Lelaki berpembawaan periang itu menyodorkan kemasan plastik berisi gula berwarna coklat, lalu dengan santun meminta saran agar usaha kecilnya bisa berkembang.

Harapan Pak Suparmanto sama besarnya dengan pelaku UMKM yang juga hadir di pertemuan ini dan pemilik usaha di seluruh Indonesia. Pahlawan ekonomi Indonesia yang berkontribusi terhadap 60,3% PDB ini nyatanya banyak menemui kesulitan dalam pemasaran digital untuk meningkatkan penjualannya.

“Bukannya tidak ingin mengikuti perkembangan teknologi, tetapi saya bingung harus bagaimana memulainya. Jika tidak dipelajari, usaha kami akan makin ketinggalan”. Ucapan Pak Suparmanto ada benarnya. Kecanggihan teknologi tidak bisa kita bendung apalagi ditolak. Alih-alih antipati, teknologi yang menawarkan kemudahan layaknya disambut untuk jadi senjata digital dalam meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, kisah sukses pemanfaatan digital juga banyak kita baca dan temui. Bahkan saya menjadi saksi sejarah kisah sukses perkembangan usaha fashion adik saya yang bernama moyclo (dulu namanya moystuff). Kami memulai usaha dari rumah kontrakan lalu mulai memasarkan produk aksesoris ulang tahun dan fashion melalui media sosial. Usaha yang di tahun 2015 itu hanya punya omset tak seberapa, kini sudah berkembang pesat bahkan mampu membuka grosir fashion di tanah abang dan memproduksi sendiri produknya. Kuncinya adalah media digital.

Kenapa UMKM Harus Go Digital?

Belajar dari kesulitan dan kesuksesan pelaku UMKM, kita bisa menarik benang merah bahwa penggunaan media digital sebagai senjata untuk berperang di dunia bisnis sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan data terbaru yang diterbitkan oleh Datareportal.com pada laporan “Digital 2023 Indonesia” yang menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Disebutkan bahwa pengguna Internet Indonesia sebesar 212,9 juta atau 77% dari total populasi.

Besarnya penggunaan internet ini menjadi peluang yang tak boleh disepelekan oleh UMKM apalagi belanja online masih menjadi pilihan masyarakat dengan trend yang terus berkembang. Selama kuartal I 2023, laporan dari salah satu e-commerce di Indonesia bahkan menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Bila pelaku UMKM mampu beradaptasi dan menemukan peluang untuk pertumbuhan bisnis, mereka akan mampu survive di era digital dan bahkan maju lebih pesat.

Selain karena penggunaan internet yang hampir merata di Indonesia, ada alasan lain yang rasanya tepat untuk menggambarkan mengapa digitalisasi menjadi salah satu kunci majunya UMKM:

  • Loyalitas Pelanggan Lama, Kehadiran Pelanggan Baru

Siapa sih yang tidak senang punya pelanggan yang loyal dan rutin bertransaksi dengan usaha kita? Tentu saja semua pelaku UMKM menginginkannya. Namun untuk perkembangan usaha, capaian pelanggan tentu ingin lebih luas dan tidak terkesan “itu-itu saja”.

Kendala yang dialami oleh UMKM adalah perihal keterbatasan distribusi dan sistem pemasaran. Namun dengan kehadiran media sosial dan website, masalah tersebut bisa diatasi. Pemasaran produk akan lebih luas karena dunia online menawarkan kemudahan tanpa batas ruang dan jarak. Kita tidak perlu datang langsung untuk menawarkan produk. Namun hanya melalui daring saja, kita punya peluang besar untuk mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak.

Lebih jauh, digitalisasi juga membuktikan kepada pelanggan baru bahwa usaha kita mampu bersaing dan berkembang. Dengan inovasi yang terus memudahkan pelanggan, akan menambah loyalitas pelanggan lama yang memang cenderung nyaman dengan ekosistem digital.

  • Biaya Pemasaran dan Operasional Jauh Lebih Hemat

Sebuah usaha memerlukan beberapa item pembiayaan yang tidak sedikit. Apalagi biaya pemasaran dan operasional yang tidak boleh dilewatkan setiap bulannya. Melalui go digital, penggiat umkm akan mampu memangkas dan meminimalisir biaya seperti saat berjualan konvensional. Misalnya sewa kios, biaya transportasi saat promosi, dan cara pemasaran offline lainnya.

Kita flash back deh, cara pemasaran saat belum ada iklan di media digital. Di kotaku satu halaman iklan di media cetak seperti koran harus merogoh kantong sekitar dua juta rupiah. Bayangkan 2 juta rupiah jadi iklan di facebook, instagram, email marketing ataupun untuk pembuatan website. Wah jangkauannya bisa sangat luas bukan? Email marketing misalnya, dapat mengirim promosi melalui pesan ke ribuan orang sekaligus dalam sekali klik, jauh lebih hemat bukan?

Di sisi operasional, modal untuk membuat usaha jauh lebih hemat karena tidak perlu toko fisik agar produk UMKM bisa di kenal. Pasalnya, website sudah menjadi semacam showcase atau etalase dimana konsumen bisa berkumpul melihat-lihat, memilih, lalu bertransaksi dengan aman tanpa harus keluar rumah. Hemat waktu dan biaya transportasi bukan?

  • Usaha Semakin Bertumbuh di Ranah Industri Modern

Pemasaran yang tak terbatas dan penyebaran informasi yang sangat luas melalui digitalisasi akan membuat potensi penjualan semakin meningkat. Pelanggan baru akan berdatangan dari daerah yang berbeda dan latar belakang beragam karena produk yang dipasarkan lebih banyak terlihat melalui platform digital. Kamu akan lebih beruntung jika produk itu viral di media sosial, dengan begitu permintaan akan semakin tinggi dan usaha akan makin tumbuh dan berkembang.

Selain itu dengan go digital, usahamu akan memasuki tahapan baru di ranah industri modern. Meskipun masih menyandang status UMKM, dengan penggunaan platform media sosial dan website, bisnis ini akan punya branding sendiri di tanah air bahkan di kancah internasional.

Ini Dia Senjata Digital untuk UMKM

Pemasaran melalui media digital menjadi senjata yang mumpuni untuk terjun ke dunia usaha. Kita bisa memanfaat media digital ini untuk meningkatkan penjualan:

SOCIAL MEDIA

Tahukah kamu menurut data we are social, di tahun 2023 rata-rata setiap hari waktu menggunakan media sosial orang Indonesia yaitu 3 jam, 18 menit. Waktu yang cukup panjang untuk dimanfaatkan menjadi media promosi bisnis.


Bagi sebuah bisnis, sosial media adalah ladang subur untuk meraih kesuksesan. Berbagai platform media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, instagram, dan twitter dapat dijadikan sebagai front liner kantor bisnis digital. Melalui sosial media di setiap platform, kamu bisa memberikan informasi tentang brand, detail produk, berinteraksi dengan audiens, membagikan konten dan meningkatkan kesadaran konsumen akan kehadiran merek produkmu.

WEBSITE

Tak banyak yang aware akan pentingnya kehadiran website untuk menciptakan branding dan meningkatkan penjualan. Jika sosial media adalah frontliner, situs web bisa dikaitkan dengan identitas produk yang nantinya akan memberikan konversi penjualan. Melalui website jugalah kamu akan mengumpulkan database pelanggan.
Tentu saja, agar konsumen tak sebatas lihat-lihat saja, dibutuhkan website yang menarik. Kamu akan dengan mudah melihat keberhasilan strategi promosi di website melalui traffic pengunjung, klik produk hingga produk yang terjual.

Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Setidaknya ada tujuh cara agar website yang dibuat dapat menaikkan penjualan!

1. Buat Website dengan Domain dan WebHosting Indonesia Terpercaya

Hal pertama yang dilakukan adalah merancang website yang ingin dibuat untuk usaha. Nama domain tentu akan berhubungan dengan produk yang akan dijual. Tentukan dulu ide dan tema website, apa hanya sekedar informasi produk atau semacam website e-commerce yang juga bisa menjual berbagai jenis barang.

Setelah mendapatkan nama domain lakukan pengecekan ketersediaan domain. Kamu bisa menggunakan nama domain umum seperti (.com) dan usahakan nama domain jangan terlalu panjang.

Selanjutnya pilihlah paket web hosting Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan budgeting usahamu. Pembelian hosting ini cukup terjangkau, akan lebih hemat dibanding dengan pemasaran tradisional. Pilihlah hosting yang terpercaya seperti Exabytes Indonesia. Saat aku kebetulan cari-cari paket hosting, ternyata ada beberapa pilihan seperti Business Web Hosting dengan harga mulai dari 13.900/bulan dan WordPress Hosting dengan harga mulai dari 34.900/bulan.

 

Kenapa Beli WordPress Hosting di Exabytes Indonesia?

Hosting itu ibarat kunci bagaimana website usaha kita bisa berjalan dengan baik. Jika hostingnya suka eror, tentu akan berpengaruh pada performa website. Untuk itu memang perlu hati-hati banget memilih penyedia hosting. Exabytes Indonesia sendiri menawarkan beberapa kelebihan hostingnya:

  • Website mu akan 5x lebih cepat pemuatan halamannya dari server hosting bisa karena memiliki LiteSpeed ​​Cache for WordPress (LSCWP) dan NVMe SSD
  • Punya perlindungan Website Security 360, pemindaian malware & perbaikan website otomatis, membuat website lebih aman.
  • WordPress Hosting Exabytes Indonesia dilengkapi dengan database tambahan untukmembuat staging environment, menguji perubahan baru dengan aman seperti (Contoh: plugin baru, themes baru, atau update core/ plugin / themes) sebelum di publish.
  • Tidak perlu khawatir data hilang atau saat terjadi serangan karena hosting exabytes bisa melakukan backup harian.
  • Setiap pendaftaran hosting tahunan, kamu akan mendapatkan domain .ID, .CO.ID, .COM gratis
    Bantuan teknis 24/7/365 siap membantu jika ada kendala

2. Rancang Template dan Desain yang Menarik dan Responsif

Setelah melakukan pendaftaran website dan hosting, template dan desain menjadi elemen penting yang menarik minat pelanggan. Desain yang ciamik perlu dilengkapi dengan tampilan responsif yang bekerja baik di segala jenis perangkat terutama smartphone. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan ponsel pintar untuk berselancar di internet. Jangan sampai mereka gagal membeli karena kesulitan mengakses website yang tampilannya tidak user friendly.

3. Jangan Sepelekan Copywriting

Copywriting adalah teknik penulisan naskah iklan yang singkat tetapi persuasif. Di halaman depan website, copywriting juga menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis online. Meskipun singkat, proses kreatif dalam menciptakan kalimat dan gambar yang menggugah nyatanya tidak semudah yang dibayangkan.
Diperlukan riset akan target, tren terkini, hingga penguasaan bahasa yang baik. Namun meskipun belum menguasai teknik ini, jika sering dilatih, kamu akan bisa melakukannya dengan baik. Intinya, buatlah tampilan home semenarik mungkin seolah kita adalah seorang pelanggan.

4. Pentingnya Tampilan Testimoni

Bukti nyata bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar berkualitas adalah testimoni pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa produk benar-benar dibeli sehingga calon pelanggan akan terbantu untuk mempertimbangkan apakah ia akan membeli atau tidak.
Kumpulan Testimoni pembelian bisa ditampilkan pada landing page website. Testimoni bisa kamu kumpulkan dalam bentuk foto yang dikirimkan pelanggan, chat pelanggan, hingga bukti pembelian.

5. Fitur Live Chat Website Sangat Membantu

Meskipun terkesan sederhana, live chat sangat membantu. Percayalah! Fitur ini memudahkan pelanggan berinteraksi secara realtime dan mendapatkan respon dengan cepat. Aku beberapa kali mendapatkan kemudahan ini, misalnya saat mengalami kendala pembayaran atau menanyakan ketersediaan produk. Jika ada fitur live chat, pembeli tidak akan beranjak menutup website karena mereka akan mendapatkan solusi dari customer service melalui live chat.

6. Perhatikan Kecepatan Website

Kenapa sih pelanggan ingin berbelanja online? Tentu saja mereka ingin hemat waktu bukan? Jadi jika online shopnya lambat, tentu mereka akan beralih membuak website lainnya.
Melansir dari HubSpot, “hampir 70% pelanggan setuju bahwa kecepatan website sangat mempengaruhi keputusan mereka ketika ingin membeli produk secara online.” Nah loh, maka penting sekali setiap pelaku UMKM memperhatikan performa kecepatan website dengan memilih penyedia hosting yang tepat.

7. Sediakan Metode Pembayaran Beragam dan Memadai

Namanya juga belanja online, pasti konsumen ingin dimudahkan perihal pembayaran. Jangan sampai saat melakukan check out masih terkendala sistem pembayaran yang kurang beragam. Alih-alih menambah belanjaan, bisa jadi konsumen justru kabur karena penjual tidak memiliki metode pembayaran yang memadai.

Sebaiknya metode pembayaran di website mudah dan fleksibel. Berikan beberapa opsi seperti bank transfer dari beberapa bank, pembayaran offline melalui minimarket, kartu kredit hingga dompet digital. Dengan adanya multi pembayaran ini, akan meningkatkan kredibilitas bisnis dan menarik calon konsumen baru.

EMAIL MARKETING

email marketing

Email untuk pemasaran apa bisa? Banyak yang menganggap email hanya sekedar berbalas email dan mengirim file. Nggak banyak yang tahu loh manfaatnya meskipun email marketing tergolong cukup tua dibanding dengan sosial media. Wah faktanya, email bisa jadi senjata pemasaran digital yang powerful loh dan bermanfaat untuk bisnis.

Inilah yang disebut dengan email marketing, dimana kita bisa membuat email khusus yang fungsinya untuk berinteraksi lebih lanjut dengan pelanggan maupun calon pelanggan potensial.

Cara kerja email marketing cukup sederhana. Pelaku UMKM dapat memberikan penawaran menarik seperti ebook gratis, webinar gratis, hingga free trial untuk mendapatkan email calon konsumen. Melalui data email tersebutlah, pelaku UMKM akan mengirimkan informasi dan penawaran kepada calon konsumen untuk mengenal produk lebih jauh dan melakukan pembelian.

Manfaat Email Marketing:

  • Hemat biaya dengan hasil maksimal
  • Punya jangkauan yang luas
  • Lebih mudah mendapatkan data pelanggan
  • Lebih efektif karena 90 persen konsumen mengecek email setiap harinya
  • Menjaga relasi dengan pelanggan dan pelaku UMKM bisa menyeleksi pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian lalu mengirimkan hadiah atau voucher diskon untuk menarik minat mereka
  • Email marketing dapat disesuaikan dengan desain yang menarik dan menyertakan link website dan produk
  • Dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan survei, kuesioner maupun reward kepada konsumen
  • Kegiatan promosi dapat diukur misalnya dengan melihat seberapa banyak yang klik, konversi hingga unsubscribe email.

Kesimpulan

Website, media social dan email marketing merupakan senjata digital yang powerful untuk menembus batas marketing tradisional selama ini. UMKM yang go digital akan dimudahkan dalam proses pertumbuhannya untuk naik kelas. Tak terbatas dengan waktu dan jarak, media digital nyatanya mampu memecahkan kendala tersebut. Dengan pemanfaatan website dan email marketing, pelaku UMKM akan dimudahkan untuk mendapatkan pelanggan baru yang tentunya akan meningkatkan penjualan.

Bagikan postingan ini :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *