Finance

Ketahui Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan sebuah layanan perlindungan dari pihak asuransi dengan memberikan ganti rugi pada kendaraan Anda khususnya mobil apabila terjadi kerusakan pada mobil baik itu kerusakan parah maupun sekedar lecet bahkan hilang. 

Asuransi ini terdiri dari beberapa jenis, bagi Anda yang memiliki atau baru akan membeli mobil Anda wajib sekali mengajukan asuransi yang satu ini. Kenapa harus memiliki asuransi, karena banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Alasan Harus Memiliki Asuransi Adalah

Berdasarkan catatan WHO disebutkan bahwa pembunuhan terbesar berasal dari kecelakaan lalu lintas. Seperti yang diketahui bahwa jika Anda sudah berada di jalan, segala hal bisa saja terjadi meskipun Anda sudah berhati-hati. Oleh karena itu dengan adanya asuransi, maka Anda akan terus merasa aman saat berkendara, namun tetap ingat selalu menjaga keselamatan diri adalah hal yang paling utama harus Anda lakukan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahunnya di setiap negara selalu tercatat adanya kasus kecelakaan lalu lintas. Dan apabila kecelakaan ini terjadi pada mobil Anda maka akan terjadi kerusakan, padahal berbagai sparepart pada mobil memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk memperbaikinya Anda tidak hanya merogoh kocek yang sedikit hingga mencapai 8 juta rupiah.

Selain kecelakaan yang terjadi, di kota-kota besar juga cukup rawan terhadap bencana alam seperti banjir yang bisa menyerang kendaraan Anda. Jika bencana ini terjadi tentu saja Anda harus memperbaiki mobil Anda yang sudah terkena air banjir, biayanya juga tidak tanggung bisa mencapai 40 juta. Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus mendaftarkan mobil Anda ke pihak asuransi. 

Keuntungan yang Didapatkan Jika Memiliki Asuransi Mobil

  • Memperoleh perlindungan

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi, salah satunya adalah memperoleh perlindungan. Termasuk tujuan dari asuransi itu sendiri akan memberikan perlindungan bagi kendaraan yang Anda miliki. Perlindungan yang Anda peroleh bisa berupa perlindungan dari kecelakaan maupun dalam hal perawatan.

  • Bisa mengganti kerugian Anda

Keuntungan selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah pihak asuransi akan memberikan ganti rugi yang cukup banyak sesuai dengan jumlah premi di polis Anda yang sudah dibayarkan. Jadi misalnya kendaraan Anda mengalami kecelakaan dan memiliki kerusakan yang cukup parah maka biaya kerusakan ini bisa digantikan dari pihak asuransi. Dan apabila kendaraan Anda hilang atau dicuri, kerugian yang Anda alami ini bisa diminimalisir dengan adanya asuransi mobil.

  • Sama saja melakukan investasi

Dan yang terakhir keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah dengan memiliki asuransi sama artinya Anda telah melakukan investasi terhadap perawatan mobil Anda. Mobil Anda akan terjamin perawatannya baik itu akibat kerusakan kecil hingga yang sangat parah. 

Nah bagi Anda yang nantinya akan menjual mobil Anda, dengan adanya asuransi yang dimiliki ini juga akan meningkatkan harga jual Anda. Sehingga memiliki asuransi ini memang tidak ada ruginya sama sekali justru mobil Anda akan terjamin keamanannya karena terlindungi dari kerusakan dan menjamin harga jual yang cukup tinggi.

  • Bisa menanggung kerusakan pihak ketiga

Kecelakaan yang terjadi di jalanan bisa berupa kecelakaan tunggal atau kecelakaan dengan pengemudi lain. Jika kecelakaan tunggal terjadi maka kerusakan dan kerugian yang terjadi hanya menimpa pada diri Anda sendiri. Lalu bagaimana bila terjadi kecelakaan akibat kesalahan Anda dan menabrak pengemudi yang lainnya, apakah kerugian yang dialami pengemudi lain bisa tercover oleh asuransi juga?

Jawabannya bisa, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengganti rugi ke pihak lain jika kecelakaan terjadi menimpa pada diri Anda. Hal tersebut karena jika Anda memiliki asuransi mobil maka pihak asuransi lah yang akan mengurus ganti rugi kepada pihak ketiga yang terkena kecelakaan juga. Sangat aman bukan, jadi Anda akan merasa tenang jika sudah memiliki asuransi karena jika kecelakaan terjadi dan Anda sedang diliputi kesedihan, Anda tidak perlu memikirkan hal yang lainnya karena pihak asuransi lah yang akan mengurus semuanya.

  • Membantu Anda mengurus kendaraan Anda jika terjadi kecelakaan

Seperti yang sempat disebutkan tadi bahwa adanya asuransi bisa membantu Anda saat sedang mengalami kecelakaan karena perlu Anda ketahui bahwa proses pasca kecelakaan adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan secara sendiri. 

Oleh karena itu Anda bisa dibantu oleh pihak asuransi untuk mengurus proses klaim, mencari bengkel dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kendaraan Anda. Jadi jika itu terjadi pada Anda, Anda bisa fokus saja pada kesehatan diri Anda sendiri dan pihak asuransi akan mengurus semua hal yang diperlukan mobil atau kendaraan Anda. 

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang asuransi mobil yang bisa membantu melindungi kendaraan Anda dimanapun perjalanan Anda. 

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Untuk kendaraan yang bisa saja mengalami kecelakaan di jalan raya penting untuk mendapatkan asuransi. Tidak hanya melindungi tetapi mempermudah kalau memang terjadi kecelakaan yang mengharuskan perbaikan dan membutuhkan biaya banyak. Terima kasih informasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *