Teknologi yang berkembang pesat memberikan banyak kemudahan dan keuntungan termasuk bagi pelaku usaha. UMKM bisa go digital dengan membuat toko online yang jauh lebih efisien dan hemat biaya apalagi untuk pengusaha pemula. Berbagai pilihan platform dapat dimanfaatkan mulai dari penggunaan whatsapp, media sosial, marketplace, dan website e-commerce.

Manfaat Membuat Toko Online

Kamu mungkin bertanya-tanya apa saja keuntungan membuka toko online dan kenapa sih saat ini makin banyak usaha yang membuat online store?

Jika dilihat dari data penggunaan internet yang dikeluarkan oleh we are social (2023), terdapat 212,9 juta atau 77% dari total populasi masyarakat Indonesia yang sudah terhubung oleh internet. Hal ini tentu saja menjadi peluang bagi pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya lebih luas dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa manfaat dan kelebihan toko online untuk bisnismu:

1. Waktu Operasional Tidak Terbatas

Sebuah toko biasanya memiliki jam operasional dan tentu saja dijaga oleh karyawan. Namun jika kamu memiliki toko online, keuntungan yang pertama adalah toko punya waktu operasional yang tidak terbatas, bahkan bisa standby 24 jam setiap harinya. Meskipun kamu sedang istirahat, pelanggan tetap bisa melihat-lihat produk dan melakukan pembelian. Kamu bisa memprosesnya segera dan dikirim langsung kepada pelanggan. Hal ini tentu akan menghemat biaya operasional seperti untuk membayar karyawan menjaga toko.

2. Menghemat Biaya

Meskipun online store membutuhkan biaya, namun jauh lebih rendah dibandingkan memiliki toko fisik yang harus disewa setiap bulan. Belum lagi biaya listrik, air, gaji karyawan, hingga biaya kebersihan. Jika membuka toko secara online, kamu hanya membutuhkan akses internet, dan jika membuat website membutuhkan hosting, domain dan admin. Lebih hemat dan efisien.

3. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Karena toko online memanfaatkan penggunaan internet, hal ini akan mempengaruhi target penjualan dan pelanggan. Kamu dapat meningkatkan keuntungan lebih cepat karena toko online dapat diakses oleh siapa saja kapanpun dan dimanapun bahkan sampai keluar negeri.

apa saja keuntungan membuak toko online
Foto oleh Kampus Production: https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-tulis-laptop-meja-sepatu-7289746/

4. Lebih Fleksibel

Promo dan diskon adalah suatu hal yang dinanti-nanti oleh pelanggan. Jika kamu menggunakan toko online, perubahan promo secara mendadak bisa diunggah secara cepat melalui social media ataupun website. Sehingga pelanggan lebih cepat tahu dan tidak ada kendala terlambatnya informasi. Hal ini juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnismu.

5. Bisa Melihat Secara Pasti Hasil Marketing

Kelebihan penjualan menggunakan marketplace maupun website adalah kita bisa melihat kenaikan penjualan serta penambahan pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Data-data tersebut bisa didapatkan dari laporan penjualan sehingga kamu bisa segera menyusun strategi penjualan selanjutnya sehingga bisa memangkas biaya pemasaran.

6. Promosi Bisnis di Online Store Lebih Mudah

Promosi konvensional menggunakan brosur dan door to door cukup menguras tenaga, waktu dan biaya. Berbeda jika menggunakan online marketing, kamu bisa memanfaatkan strategi SEO, SMO dan content marketing agar toko onlinemu bisa bersaing di jagat maya.

Buatlah sebuah toko online yang menarik dan mudah diakses pelanggan. Lalu share ke sosial media agar lebih banyak orang yang tahu mengenai toko yang sudah dibuat. Untuk iklan, ada layanan google ads, facebook ads yang bisa dimanfaatkan. Biaya iklan ini pun lebih hemat dibandingkan iklan di media lainnya.

7. Transaksi Mudah dan Cepat dengan Toko Online

Produk toko yang sudah online memiliki pencatatan barang yang rinci dan akurat. Transaksi pun lebih mudah. Pembeli dapat melakukan pembayaran dengan berbagai pilihan metode pembayaran. Setelah berhasil, barang akan dikirimkan ke alamat yang sudah diinput oleh pelanggan.

Berbeda dengan toko offline, prosesnya cukup lama mulai dari mencari-cari barang, antrian pembayaran, menghitung, hingga menyerahkan uang kembalian. Seringkali terjadi selisih uang di kasir karena tidak teliti dalam menghitung pembayaran.

8. Interaksi Langsung Dengan Pelanggan

Meskipun secara online, kamu tetap bisa menyapa pelanggan melalui fitur chat maupun formulir kontak yang disediakan. Interaksi ini mampu membuat pelanggan lebih dekat dengan penjual. Pelanggan pun tak segan memberikan masukan untuk perbaikan toko online kedepannya.

9. Keuntungan Lebih Besar

Di awal kita sudah mengetahui bahwa toko online memiliki jangkauan yang lebih besar dan lebih hemat. Oleh karena itu, dengan membuat toko online kamu bisa memangkas banyak biaya operasional dan meningkatkan penjualan karena banyaknya pelanggan dari berbagai daerah. Keuntungan menjadi naik dan bisnis berkembang lebih cepat.

Apa Saja Platform untuk Membuat Toko Online

Banyak sekali ternyata platform yang menyediakan kemudahan untukmu dalam mengembangkan bisnis online. Berikut beberapa platform yang bisa dimanfaatkan:

  • Whatsapp Business

Aplikasi pesan whatsapp bukan hanya sekedar untuk chat dan telepon loh. Kamu bisa membuka akun bisnis di whatsapp business untuk mempromosikan produk. Di whatsapp business kamu dapat mengupload produk/jasa beserta harganya layaknya sebuah toko sederhana.

  • Media Sosial

Platform selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah media sosial misalnya instagram, facebook maupun tiktok shop. Saat ini sudah banyak pengguna media sosial yang berbelanja melalui platform ini. Penjual bisa membuat review singkat melalui video menarik atau live shop dan menyertakan produk pada keranjang kuning.

  • Marketplace

Salah satu toko online yang sangat diminati adalah marketplace yang banyak sekali di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka akun di setiap marketplace. Keuntungannya adalah kamu tidak akan kesulitan mendesain web karena tinggal menambahkan produk dan mengelolanya.

  • Website Toko Online

Selanjutnya kamu bisa membuat website e-commerce sendiri dengan menyewa hosting dan membeli domain. Website menjadi langkah profesional untuk meningkatkan branding usaha dan menjangkau pelanggan lebih luas.

  • Web Toko Online Tanpa Coding

website online store plugo

Sebagian orang mungkin menyerah membuat website karena tidak memiliki kemampuan dalam membangun website menggunakan coding. Belum lagi mungkin memikirkan sewa hostingnya yang lumayan menguras biaya untuk pengusaha pemula.

Ada nih solusinya membuat website online store yang mudah dan praktis tanpa perlu install plugin dan menguasai ilmu coding. Kamu bisa buat toko online melalui Plugo yang caranya sangat mudah.

Plugo adalah platform e-commerce all-in-one yang membantu kamu memulai bisnis online. Platform ini memungkinkan pengguna mempersonalisasi toko online dengan template website, integrasi pembayaran dan kurir, omnichannel, SEO, dan fitur marketing.

Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat pembuatan toko online untuk mengembangkan bisnis! Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform ataupun membuat website toko online untuk meningkatkan penjualan dan memaksimalkan keuntungan. Selamat mencoba!

Bagikan postingan ini :)

riafasha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *