Kesehatan

Aplikasi Primaku : Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan Mudah

Setiap orang tua pasti menginginkan buat hatinya tumbuh sehat dan kuat. Namun untuk merealisasikannya tentu tidak mudah. Diperlukan ketekunan dan perhatian yang terus menerus dalam memantau tumbuh kembang anak. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah monitoring pertumbuhan dan perkembangan serta pemberian imunisasi sejak anak bayi lahir.

Monitoring tumbuh kembang menjadi penting karena orang tua bisa tahu apakah si kecil sehat dan tumbuh sesuai dengan usianya. Karena menurut dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes saat saya mengikuti Webinar bersama PrimaKu (16 Desember 2021), untuk mengatakan anak sehat bukan hanya berarti ia tidak sakit. Ada parameter pertumbuhan dan perkembangan yang perlu di perhatikan oleh orang tua.

Yang pertama, anak dikatakan sehat jika ia bertumbuh. Hal ini meliputi pertumbuhan tinggi, kenaikan berat badan, lingkar kepala.

Yang kedua adalah parameter perkembangannya. Anak dikatakan sehat jika ia mempunyai kemampuan sesuai dengan tingkatan usianya. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan motorik, kognitif, linguistic, kinestetis dan kemampuan lainnya. 

Parameter yang ketiga adalah anak tidak mudah sakit. Dan hal ini bisa dicegah dengan pemberian imunisasi dan pola hidup sehat.

Pentingnya Monitoring Tumbuh Kembang Si Kecil

Dulu saya sering banget dengar pendapat bahwa yang penting anak sehat. Padahal selain tampak sehat, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk memastikan anak tumbuh sesuai dengan usianya. 

Orang tua perlu melakukan pemantauan tumbuh kembang yang merupakan kegiatan untuk menemukan secara dini apakah ada penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan. Penyimpangan pertumbuhan bisa berupa status gizi kurang atau buruk, anak pendek dll) sedangkan penyimpangan perkembangan bisa seperti terlambat bicara atau bahkan penyimpangan mental emosional anak seperti gangguan konsentrasi dan hiperaktif. 

Dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak kita bisa mengetahui secara dini adanya gangguan tumbuh kembang sehingga bisa ditindaklanjuti segera agar hasilnya lebih baik

Btw, skrining pertumbuhan ini biasanya dilakukan di pusat kesehatan seperti posyandu, puskesmas dan dokter anak setiap bulan. Biasanya petugas kesehatan akan menimbang berat, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala. Data tersebut nanti akan dibuat dalam bentuk kurva pertumbuhan sesuai umur dan jenis kelamin di buku kesehatan anak. sedangkan skrining perkembangan dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan dan menggunakan kuesioner yang dapat dijawab oleh orang tua menggunakan buku kesehatan Ibu dan Anak.

PrimaKu, Solusi Orang Tua dalam Memantau Tumbuh Kembang Anak

Nah, masalah yang sering terjadi nih banyak orang tua yang lalai dan lupa soal pencatatan tumbuh kembang di buku KIA. Malah saya kadang juga lupa imunisasi apa saja yang sudah dilakukan saat ditanyakan dokter

Thanks to PrimaKu sekarang sih masalah lupa itu nggak jadi soal karena pencatatan dan pemantauan tumbuh kembang anak makin mudah. Belum lama ini saya sudah  download aplikasi PrimaKu di playstore. Penggunaannya cukup mudah, kita cukup mengisi data anak yang ingin dipantau pertumbuhan dan perkembangannya. Biar lebih kenal yuk simak informasi mengenai Aplikasi PrimaKu.

Apa sih PrimaKu? 

PrimaKu adalah aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, Primaku memiliki fitur-fitur unggulan guna memantau tumbuh kembang anak dengan mudah yang dapat diakses melalui smartphone. 

Menurut Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) Primaku. Aplikasi ini adalah aplikasi one stop solutiens yang terus mengembangkan berbagai layanan untuk semakin memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak. dengan dukungan penuh IDAI, PrimaKu dapat jadi solusi bagi orang tua dan sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah atasi permasalahan stunting.

Kehadiran PrimaKu menurut dr Miza juga akan membantu anak-anak terhindar dari masalah kesehatan karena orang tua selalu memperhatikan rekam medis, melaksanakan imunisasi secara berkala dan melakukan konsultasi apabila dibutuhkan.

Tak hanya untuk orang tua dan anak, PrimaKu juga memudahkan para dokter anak dalam menjalankan praktek sehari-hari terutama bagi pasien yang datang dengan menunjukkan data anaknya langsung dari aplikasi ini. Dengan semakin mudahnya layanan dan informasi yang diperoleh orang tua, potensi anak mereka mengalami masalah kesehatan akan sangat kecil.

5 Fitur Unggulan PrimaKu

1. Grafik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Dalam fitur ini orang tua dapat memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga mereka mengetahui apakah ketiganya sesuai dengan usia serta jenis kelaminnya. Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu kurva yang sangat mudah dipahami orang tua. 

Saat saya memasukkan data pertumbuhan Ghazy dari lahir hingga sekarang, akan muncul informasi apakah berat badannya normal, tingginya normal/pendek/tinggi juga lingkar kepalanya. 

Terkait perkembangan, orang tua dapat memonitor perkembangan anak yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak. untuk memulainya kita bisa memilih umur anak. lalu akan muncul pertanyaan yang harus dijawab jujur oleh orang tua. Misalnya untuk anak 48 bulan, anak diminta untuk menyusun kubus tanpa jatuh. Dari beberapa pertanyaan tersebut nanti akan ada informasi apakah perkembangan anak normal atau tidak.

2. Imunisasi

PrimaKu menghadirkan fitur imunisasi  dimana terdapat jadwal imunasi IDAI 2020 disertai dengan reminder sehingga membantu orang tua menjalankan kegiatan tersebut tepat waktu. 

Fitur ini membantu banget ya Mom, karena dari pengalaman, saya seringkali kelupaan meletakkan buku KIA sehingga bingung imunisasi apa saja yang sudah dijalani anak. di fitur ini saya juga jadi tahu nih jenis imunisasi yang disarankan oleh IDAI bahkan untuk anak yang sudah bersekolah. Jika Mom baru bergabung di aplikasi PrimaKu, Mom bisa input saja data imunisasi sebelumnya. 

3. Konsultasi

Orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah tergabung dalam IDAI secara online melalui telepon, video call hingga chat di aplikasi PrimaKu.

PrimaKu menyediakan layanan konsultasi dokter ini dengan banyak pilihan dokter. Kita bisa memilih dokter berdasarkan dokter yang terdekat, pengalaman, hingga subspesialisasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Komunitas

Orang tua dapat berbagi pengalaman dengan sesama mengenai pertumbuhan anak mereka. Dalam fitur ini kita bisa mengajukan pertanyaan seputar kesehatan dan perkembangan anak. Nantinya pengguna lainnya bisa menanggapi dan memberikan saran sesuai dengan pertanyaan kita.

5. Rekam Medis

Di fitur rekam medis PrimaKu. Orang tua bisa mencatat apa saja keluhan ataupun penyakit si kecil selama proses tumbuh kembangnya. Rekam medis ini sangat membantu kita saat akan memeriksakan tumbuh kembang si kecil,

Selain fitur-fitur di atas, PrimaKu juga memberikan banyak artikel informatif yang tentunya bermanfaat bagi orang tua di fitur artikel. Beberapa artikel yang sudah saya baca seperti skrining hiperaktif, suplmentasi zink pada anak, anakku masih mengompol dan banyak lagi loh artikel yang bisa kita  baca gratis.

Kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif dalam menjaga tumbuh kembang anak sejak lahir sangat penting bagi orang tua terutama di masa pandemic. Orang tua perlu memberikan perhatian ekstra agar Kesehatan pertumbuhan anak tetap terjaga.

Untuk itu dr. Mirza menyarankan orang tua segera install aplikasi PrimaKu, menginput data pertumbuhan dan perkembangan anak dari waktu-waktu agar semakin mudah untuk melihat tumbuh kembang anak dan memberikan stimulasi yang dibutuhkan sesuai usianya. 

Aplikasi PrimaKu bisa di download melalui playstore atau appstore. setelah itu tinggal mengisi data anak sesuai dengan umurnya, dan kita bisa segera memanfaatkan fitur-fiturnya.

Follow juga instagram @official.primaku karena PrimaKu juga aktif melakukan edukasi untuk masyarakat melalui instagram yang berisi tumbuh kembang anak. 

Bagikan postingan ini :)

(20) Komentar

  1. bermanfaat banget emang ya buat para ortu, karena bisa mencatat riwayat kesehatan anak dalam satu aplikasi yang lengkap

  2. Aplikasinya memudahkan banget untuk para ortu memantau tumbuh kembang anaknya. Apalagi kalo user friendly ya mak

  3. Aplikasinya asyik banget lebih aman untuk penyimpanan data tumbuh kembang anak. Ga ada acara ketlingsut segala kalau data tumbuh kembang anak di simpan di aplikasi kayak gini

  4. Masya Allah kereen banget coba sejak 12 tahun lalu sdh ada yg online kek gini jd enak memantau tumbuh kembang anak

  5. Yang keren itu ada artikel nya sebagai sumber informasi yang bisa diambil ma faat sebagai sarana media informasi

  6. Sekarang memonitor tumbuh kembang anak jadi lebih mudah ya mba, cukup dengan aplikasi saya yakin banyak ibu yang terbantu

  7. primaku makin lengkap ya mak ada screening buat anak jadi tahu sesuai gak sama tumbuh kembang usianya. seneng aja rasanya bis gampang liat grafik tanpa garisin manual wkwk

  8. Ada imunisasi juga ya. Aku mau download aplikasinya. Penting soalnya nih buat crk tumbuh kembang Hanan

  9. Wah jaman sekarang jadi serba praktis ya dengan adanya macam2 aplikasi termasuk aplikasi primaku ini , para ibu jd mudah memantau perkembangan anak

  10. Jaman dulu aku suka catat nih perkembangan tumbuh kembang anak di buku catatan, kalau sekarang enaknya bisa monitoring secara online lewat primaku. Jaman makin maju semua jadi lebih mudah

  11. Dengan adanya aplikasi seperti ini, sekarang memantau tumbuh kembang anak jauh lebih mudah ya. Nggak hanya itu juga mungkin, karena efisiensinya, juga bisa meringankan kekhawatiran-kekhawatiran orangtua di kemudian hari.

  12. alhamdulillah sekarang lebih mudah dan praktis mencatat tumbang anak di app primaku. Aku dulu pengguna aplikasi ini pas awal-awal baru launching. Meskipun begitu, tetap aku sambil catat manual di buku KIA untuk laporan ke posyandu/puskesmas.

  13. Bener banget mbak, malah sekarnag gak tau kemana larinya buku KIA itu haha. Semua sudah serba digital, Mantab sekali PrimaKu bisa menjadi solusi tumbuh kembang anak. Jadi, anak sehat bukan hanya nggak sakit ya mbak, noted!

  14. Wah, sekarang ada aplikasi begini ya. Pastinya banyak membantu para orang tua nih buat mantau tumbuh kembang anak. Dulu, terakhir anak bungsu, aku mantaunya pake web. Sejak aku hamil sampe ke masa balitanya. Dulu belom zaman soalnya aplikasi. Semoga banyak orang tua yang tahu nih. Banyak manfaatnya.

  15. Memantau tumbuh kembang anak itu sangat penting ya mbak
    senang banget klo sekarang ada aplikasi primaku ini
    aplikasi yang sangat membantu kita dalam memantau tumbuh kembang anak

  16. bener, enggak mudah untuk merealisasikan anak terus sehat, dan bertumbuh sesuai dengan harapan ya, mbak. apalagi perihal berat badan, aaah…terus mnjadi PR buat mamak2.

    Btw, fitur di PrimaKu penting. Melihat ada fitur imunisasi, aku jadi pingin download aplikasinya juga.

  17. Aku dulu sering ditegur sama Ibu karena anak lebih kuat ke ASI daripada makan MPASI. Dan sebenarnya kalau kita amati melalui buku tumbuh kembang anak dar Puskesmas, alhamdulillah semua pertumbuhannya masih berada di garis hijau.

    Kini apalagi…ada aplikasi PrimaKu, pasti semakin mudah dan meyakinkan para Ibu saat memeriksakan tumbuh kembang anak secara rutin.

  18. Saya udah unduh aplikasi Primaku ini sejak beberapa tahun yang lalu. Masih kepakai banget sampai sekarang buat mantau tumbang anak. Senengnya sekarang aplikasi Primaku udah lebih kece

  19. Aplikasi wajib nih, ortu mesti unduh PrimaKu, dengan menginput data pertumbuhan dan perkembangan anak dari waktu-waktu akan memudahkan untuk melihat tumbuh kembang anak dan memberikan stimulasi yang dibutuhkan sesuai usianya. Keren sekali sih..makin praktis aja pantau tumbuh kembang anak kita

  20. Dulu saya menggunakan buku yang diberikan dokter untuk memantau tumbuh kembang anak. Terkadang emang suka lupa bacanya. Ingatnya pas mau ke dokter doang. Nah dengan aplikasi ini tentu canggih. Emak-emak akan lebih mudah memantau perkembangan sang buah hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *