Wisata alam Bengkulu memang sangat beragam, menawarkan keindahan pemandangan yang tidak akan mengecewakan. Provinsi yang dikenal sebagai Bumi Rafflesia ini terdiri dari 1 Kota dan 9 Kabupaten. Setiap daerah punya ciri khas tersendiri. Kota Bengkulu dan Kabupaten Kaur dikenal dengan pantainya, Kepahiang dan Rejang Lebong dipenuhi wisata alam air terjun yang menyejukkan.

Jika teman-teman berencana untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bengkulu. Kali ini aku mau berbagi rekomendasi wisata Bengkulu terbaru dari berbagai Kabupaten dan Kota.

Rekomendasi Wisata Alam Bengkulu Terbaru

Objek wisata alam di Provinsi Bengkulu ada banyak, mulai dari pantai, air terjun, kebun teh, danau hingga mengunjungi flora endemik yang ada di Bengkulu.

Apa saja wisata alam favoritku? Yuk simak ulasannya untuk kalian jadikan pertimbangan jika mengunjungi Bengkulu!

1. Bunga Rafflesia di Kawasan Bukit Daun

Jika beruntung, saat mengunjungi Bengkulu kita bisa bertemu dengan Bunga Rafflesia, bunga endemik yang jadi ikonnya Bengkulu. Tentu saja bunga ini berbeda loh dengan bunga bangkai, jangan salah ya!

Tumbuhnya bunga Rafflesia memang tidak terduga karena bunga ini merupakan parasit. Namun, biasanya bisa ditemukan di sekitar kawasan hutan Bengkulu Tengah dan Kepahiang.

Jika ada Bunga Rafflesia yang mekar, biasanya di sepanjang jalan gunung menuju Kepahiang, akan ada spanduk “Rafflesia Mekar”. Beberapa pemandu akan membantu untuk menuju ke tempat Bunga Rafflesia yang tumbuh. Butuh beberapa menit, dengan jalan yang cukup terjal dan becek apalagi jika hujan turun. Jadi usahakan tidak menggunakan dress apalagi sepatu high heels.

Sebenarnya melihat Bunga Rafflesia tidak dipungut biaya, namun kita setidaknya memberi Rp 10.000/orang kepada pemandu.

2. Pantai Panjang, Kota Bengkulu

Pantai Panjang menjadi salah satu ikon  Bengkulu. Pantai di Bengkulu ini sangat cantik dengan air yang jernih dan pasir putih halus. Dihiasi jejeran pohon pinus dan cemara, pantai ini sangat panjang membentang sekitar tujuh kilometer.

Lokasi nya pun cukup strategis tak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Dekat dengan Bencoolen Mall dan banyak penginapan disekitarnya. Bisa ditempuh menggunakan angkot, kendaraan pribadi, maupun ojek online. Biasanya saat kesini aku memilih duduk di pondok yang disediakan penjual es kelapa. Menikmati angin sepoi sembari mengambil foto pantai yang ciamik.

Jika ingin berkunjung di pagi hari, kita bisa menikmati fasilitas olahraga seperti jogging track, voli pantai, atau penyediaan sepeda.

Tempat kuliner pun juga tersedia, jadi tak khawatir akan susah mencari makanan. Menu khas Bengkulu seperti seafood pbanyak dijual di sekitar Pantai Panjang.

 3. Wisata Alam Desa Rindu Hati

Desa Rindu Hati merupakan desa wisata yang terletak di Taba Penanjung Bengkulu Tengah. Kawasan ini dibuka untuk umum pada Desember 2020. Belum lama ini aku bersama keluarga berkunjung ke desa wisata yang dikenal dengan sungai yang jernih dan batu-batu besarnya ini.

 

Untuk memasuki kawasan ini kita perlu membayar tiket Rp 5.000/orang dan jika ingin menyewa saung/pondokan Rp 25.000 sepuasnya. Cukup murah loh, jadi meskipun membawa banyak keluarga tidak terlalu menguras kantong.

Saat tiba di Desa Wisata Rindu Hati kita akan disuguhkan dengan pemandangan wisata air terjun dan sungai yang jernih. Tujuan utama pengunjung kesini tentu saja untuk mandi di sungainya. Jika ingin menjajal pengalaman lainnya, kita juga bisa menyewa glamping ataupun bermain river tubing.

4. Curug Embun

Curug Embun merupakan air terjun yang ada di Kabupaten Kepahiang tepatnya di wilayah Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai. Untuk sampai kesini hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pasar Kepahiang.

Saat memasuki lokasi ini, akan terlihat persawahan dan kebun warga dengan latar belakang perbukitan yang berbaris. Dari area parkir, kita perlu berjalan sekitar 200an meter melewati jalan setapak yang menurun.

Kita akan disambut embun yang terbawa angin, air terjun yang terus turun dan tumbuhan-tumbuhan yang melengkapi keindahan wisata alam kepahiang ini.

Tinggi air terjun Curug Embun sekitar 10 meter, tidak terlalu tinggi namun saat tumpahan airnya menerabas bebatuan dan tumbuhan-tumbuhan sekitarnya, suasana disini sangat indah di pandang mata. Jika beruntung, seringkali muncul pelangi di tengah air terjun.

 5. Pantai Pengubayan

Pantai di Kaur memang tidak mengecewakan. Jika suka pantai, aku merekomendasikan kalian untuk tidak melewatkan untuk berkunjung ke pantai di Kabupaten Kaur. Pantai Pengubayan hanyalah salah satunya, masih banyak sekali pantai di Kaur yang masih alami dengan pasir putih besar dan air yang jernih. Cantik dan menyenangkan.

Pantai Pengubayan terletak di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan. Wisata alam Kaur ini sempat viral dan disebut-sebut mirip dengan Pantai Kuta Bali. Selain keelokan pantainya yang banyak dikunjungi wisatawan untuk melakukan olahraga air, di Pantai ini juga disediakan pondokan untuk beristirahat juga penginapan.

6. Kebun Teh Kabawetan

Semua hijau dengan kebun teh sejauh mata memandang. Udara yang dingin, pagi berkabut dan sejuk membuat aku betah berlama-lama di Kebun Teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang.

Obyek wisata alam ini menawarkan keindahan hamparan pemandangan di lereng-lereng perbukitan. Untuk sampai kesini, kurang lebih 10 km dari pusat kota Kepahiang atau 82 km dari Kota Bengkulu.

Selain bisa mengambil foto dengan latar hijau, kita juga bisa beristirahat di pondokan yang dibangun pengelola Kebun Teh Kabawetan sembari menikmati secangkir kopi hangat. Dari pondok juga akan terlihat bukit Kaba yang yang Indah serta Kota Kepahiang di kaki bukit.

Itulah destinasi wisata alam terbaru yang layak untuk dikunjungi terutama jika kamu menyukai alam dan pemandangan yang Indah.

Tertarik mengunjungi wisata alam yang mana?

Bagikan postingan ini :)

riafasha

20 Komentar

  1. Masya Allah, indahnya bunga raflesia. Dari dulu pingin banget lihat secara langsung keindahan bunga raflesia…bener-bener besar banget ya mbak…

  2. Dari ke enam tempat ini, baru pantai panjang saja yang sudah saya kunjungi mbak. Pengen deh suatu saat menjelajah tempat yang lain, terutama bisa menyaksikan bunga raflesia yang sedang mekar.
    Oh ternyata bunga raflesia ini beda dengan bunga bangkai ya

  3. hihi iya nih kadang suka spontan nyebut bunga raflesia itu bunga bangkai. Cantik banget ya buka ikonik bangsa Indonesia ini, di foto dari dekat tuh kereeen banget. Oya, wisata dan pemandangan di Bengkulu cantik2 ya, apalagi desa sungai dan air terjunnya

  4. Aku tertarik mengunjungi wisata pantainya, mak! Tapi juga pengin melihat langsung bunga rafflesia yang mekar karena belum pernah huhu ~

  5. Cantik banget..
    Wisata alam di Bengkulu yang memikat hati.
    Paling unik dan pingin banget ya, melihat dari dekat Bunga Rafflesia. Indahnyaa~
    Mekarnya hanya beberapa kali dalam setahun ya, kak..?

    Sungguh beruntung kak Ria pas dateng, pas lagi mekrok banget Bunga Rafflesia-nya.

  6. Wah, bisa sedekat itu dengan bunga raflesia
    Cantik banget ya bunganya
    Bengkulu punya banyak wisata dengan pemandangan indah

  7. Catat dulu ah, siapa tau nanti ada rezeki bisa main ke Bengkulu lalu ku ingin sekali itu mampir melihat bunga Raflesia dan juga main ke Desa Rindu Hati.

  8. Ternyata banyak juga tempat wisata menarik di Bengkulu yang bisa dikunjungi yaaah, tertarik banget pengen lihat bunga Raflesia nih mbak

  9. Belum semuaaaa hahaha karena aku belum pernah main ke Bengkulu hehehe. Desa Rindu Hati sepertinya paling bikin aku kepincut nih. Bisa cebur2an main air, bisa relaksasi menikmati aliran air di antara bebatuan. Kepengen juga sih melihat langsung bunga Raflesia, pengen semuanya wkwkwkw 😀 Wisata alam seruuunya ga habis2 ya mbak Ria.

  10. indah sekali jadi ingin kesana.terimaksih kak sudah berbagi, salam juga buat semuanya

  11. Belum pernah ke Bengkulu euy. Dengan daerah yang memanjang dan sempit (di peta), tak terpikir kalau Bengkulu punya kebun teh (dataran tinggi). Ternyata ada yaaa…. Di pulau Sumatera, Bengkulu mmg provinsi terkecil di Pulau Sumatera, tetapi Bengkulu punya bunga Rafflesia Arnoldi yang membuat namanya mendunia. Duuh..pengen deh lihat bunga ini secara langsung. Kalau bunga bangkai sih dulu saya sering lihat di kebun belakang hehehe

  12. Wah ada kebun teh juga ya di sana. Maafkan aku yg taunya raflesia aja.
    Itu indah banget desanya, mau deh ke sana dan air terjunnya. Aamiin. Doa aja dulu, kan, hihihi.

  13. Banyak juga pilihan wisatanya, tapi aku tetap penasaran sama Bunga Rafflesia kalau ngomongin Bengkulu. Ini bunga tumbuh kapan saja tanpa musim kah? Khawatirnya udah jauh ke sana, eh gak lihat pas mekar

  14. Aku punya sodara di bengkulu sayang belum sempet kesana, katanya emang bengkulu bagus untuk pantai masih bersih alami.

    Semoga diberi kesempatan bisa ke bengkulu

  15. Waktu road trip Bogor ke Pekanbaru, aku gak mampir kota Bengkulu. Banyak juga tempat wisata menarik di Bengkulu, aku pengen deh ke desa wisata Rindu Hati untuk main air.

  16. penasaran liat bunga Rafflesia langsuunng, jadi pengen ih, ahaha. Ternyata banyaak ya yang bisa dijelajahi di Bengkulu. Kayanya blog ini akan aku save deh supaya bisa diintip lagi saat mau ke Bengkulu 😀

  17. Kenapa ada yang bilang di Bengkulu ngga ada apa-apa ya padahal pemandangan alamnya cantik dan apa saja ada mulai dari pantai berpasir putih hingga air terjun dan sungai

  18. Mbak, duduk dekat bunga Rafflesia itu enggak perlu pakai masker?
    Aku malah membayangkan aromanya sesuai dengan yang pernah kubaca dan dengar sejak kecil. Namun, saya sangat ingin motret bunga itu lho, Mbak

  19. Kebun teh ada juga ya di Bengkulu hehehe Emang gak ada bosen2nya kalo aku main ke kebun teh..suka sama pemandangan hijaunya apalagi ademnya.. Semoga bisa sampe kesini ..

  20. Wah jadi8 tahu bunga Raflesia dari dekat walau dalam bentuk foto saja puas lihatnya karena selama ini penasaran ada beneran enggak sih bunga ini. WIsata alam memang selalu memuaskan, apalagi kalau ketemu air berasa healing. Terima kasih informasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *