Mulai dari utang yang nilainya kecil layaknya paylater bahkan sampai dengan kredit multiguna adalah hal yang biasa terjadi di Indonesia, umumnya dilakukan oleh kalangan kelas menengah ke bawah. Entah itu digunakan untuk uang kebutuhan hidup, dipakai untuk modal bisnis maupun yang lainnya memang selalu ada. Bahkan untuk tingkat kebutuhan yang jumlahnya tinggi, tidak jarang diantaranya yang memilih produk pinjaman agunan sertifikat rumah.

Penyebab Kegagalan Kredit Jaminan Sertifikat Rumah

Dibandingkan dengan jenis agunan yang lainnya, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya pinjaman sertifikat rumah ini jadi yang paling besar plafonnya, yaitu bisa sampai milyaran rupiah jika memang harga rumah atau hunian tersebut juga mendukung. Namun resikonya juga besar jika seandainya gagal dalam melakukan pengembalian utang atau pinjaman tersebut.

Patut diketahui juga bahwa pada dasarnya juga ada kemungkinan pengajuan kredit atau pinjaman Anda akan ditolak oleh pihak bank, berikut ini beberapa alasannya, yaitu:

  1. Lokasi rawan bencana alam, seperti diantaranya adalah banjir, setiap tahunnya selalu terkena banjir. Maka kebanyakan kasus akan ditolak oleh lembaga pembiayaan, karena jikapun nantinya dijual ketika nasabah tidak mampu melunasi utang maka akan sulit dan nilainya juga anjlok. Ada banyak kawasan di Indonesia yang memang rawan terhadap bencana alam semacam banjir, sehingga bank akan menolaknya.
  2. Rumah yang pernah dijadikan sebagai lokasi kriminal, seperti diantaranya adalah bekas ada pembunuhan yang ada disana atau sejenisnya, hunian semacam ini juga akan jadi bahan pertimbangan dari pihak pembiayaan, termasuk diantaranya adalah kemungkinan untuk ditolak tinggi, apalagi sebenarnya minat orang untuk membelinya juga rendah.
  3. Hunian yang masih menjadi sengketa, artinya memang dari segi kepemilikan properti tersebut juga masih dipertanyakan, biasanya masih ada pihak yang belum menerima. Jadi rumah semacam ini kebanyakan juga akan gagal atau ditolak oleh bank pada saat ingin mengajukan pinjaman atau digadaikan.
  4. Punya catatan kredit yang buruk, pengajuan pinjaman agunan sertifikat rumah juga bisa gagal ketika skor kredit yang Anda miliki tersebut buruk, hal ini bisa dilacak secara mudah, diantaranya adalah dengan melihat dari SLIK OJK, jika masih ada banyak utang yang belum selesai, bahkan Anda masuk dalam daftar hitam dari bank, maka potensi untuk disetujui applynya juga rendah.
  5. Nominal yang diminta terlalu besar, melebihi kemampuan keuangan yang dimiliki, sehingga bank tidak akan mau ambil resiko dengan mengabulkan permintaan kredit tersebut, besar kemungkinan nantinya permintaan Anda sudah pasti akan ditolak atau gagal.
  6. Tidak memenuhi syarat secara penghasilan, jika ternyata income yang Anda miliki saja sudah tidak memenuhi syarat atau ketentuan untuk mendapatkan pinjaman dari bank, maka jangan harap akan approve, karena hal ini adalah syarat utamanya.
  7. Dokumen yang tidak valid, indikasi melakukan tindak kejahatan atau penipuan, jika hal ini sampai diketahui bisa saja nama akan langsung masuk daftar hitam.

Apply Pinjaman Mudah Di Moladin Finance Saja

Ada salah satu alternatif kemudahan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan produk pinjaman agunan sertifikat rumah, diantaranya adalah melalui salah satu fintech terpercaya di Indonesia, yaitu Moladin Finance. Moladin Finance merupakan bagian dari perusahaan pembiayaan yang menyediakan berbagai layanan keuangan untuk siapa saja serta dari mana saja.

Bagi yang belum tahu pada dasarnya Moladin ini memang menawarkan layanan pinjaman yang berbasis digital atau online, sehingga memudahkan bagi masyarakat yang ingin ambil pinjaman kesini, dimana untuk apply sendiri dapat dilakukan secara mudah melalui website resmi dari Moladin Finance, akan secara langsung dihubungkan dengan para agen yang ada di seluruh Indonesia.

Agar bisa mendapatkan uang pinjaman dari Moladin Finance maka mudah saja, dimana Anda bisa menjadikan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah sebagai pilihan, dimana memang Moladin Finance sendiri menerima jaminan dalam dua bentuk tersebut. Bahkan jika seandainya dilihat dari segi plafon pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga tidak tanggung-tanggung karena mencapai angka ratusan juta rupiah. Langsung saja cek di website resmi Moladin Finance Indonesia.

Bagikan postingan ini :)

riafasha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *