Mendengar kabar dari temanku yang baru saja melakukan LASIK mata, aku ikut bahagia. Ia bahkan menangis terharu karena penglihatannya kembali jernih dan terang tanpa kacamata.

Perjuangannya memang luar biasa. Aku masih ingat saat kuliah dulu, kacamatanya cukup tebal dan minusnya terus bertambah. Ia sangat kesulitan jika harus beraktivitas tanpa kacamata. Buram semua ungkapnya. Hingga akhirnya ia mempertimbangkan untuk melakukan LASIK. Kebetulan ia saat ini bermukim di Jakarta sehingga lebih mudah untuk menemukan fasilitas kesehatan mata yang berkualitas.

Mengenal Tindakan LASIK Mata untuk Mengatasi Kelainan Refraksi

Keberhasilan temanku melakukan prosedur lasik, membuatku mulai mencari informasi tentang inovasi kesehatan mata satu ini. Yang sudah bertahun-tahun punya masalah kesehatan mata sepertiku pasti menginginkan penglihatan yang lebih jernih serta bebas lensa kontak dan kacamata.

LASIK atau Laser Assisted in Situ Keratomileusis adalah suatu tindakan pembedahan korektif dengan teknologi laser dimana lapisan tipis kornea dibuka untuk mengoreksi fungsi penglihatan mata. Tindakan lasik ini memungkinkan sinar laser mengubah bentuk kornea dan menghilangkan kelainan refrakasi diantaranya rabun jauh/mata minus (myopia), Rabun dekat/mata plus (hipermetropia) dan mata silinder (astigmatisme).

Lasik sendiri merupakan prosedur yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1990an menggunakan laser excimer, laser yang dikenal sangat akurat dan mampu membentuk kornea mata kembali sehat secara permanen. Lalu di tahun 1999 teknologi wavefront-muka gelombang mampu melakukan analisis tepat akan peta kornea.

Kombinasi laser excimer dan wavefront ini memungkinkan dilakukannya proses pembentukan kornea mata /lasik meskipun setiap orang punya kornea mata yang unik dan berbeda satu sama lain.

Keberhasilan Lasik ini bersifat permanen sehingga banyak diminati oleh banyak orang yang memiliki masalah mata. Dengan operasi lasik, cahaya yang jatuh pada kornea dapat benar-benar fokus sehingga mampu menghilangkan ketergantungan kacamata/lensa kontak serta meningkatkan fungsi penglihatan mata.

Untuk mendapatkan hasil lasik yang memuaskan, tentu harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter mata di klinik mata  terpercaya untuk menentukan apakah pasien memang membutuhkan operasi lasik atau tidak. Selain itu konsultasi juga akan memberikan gambaran mengenai prosedur yang benar sebelum dan sesudah proses lasik tersebut.

5 Manfaat Lasik Mata

Berikut manfaat  operasi mata lasik yang perlu kamu ketahui:

  1. Bebas dari Ketergantungan Kacamata dan Lensa Kontak

Pasien yang mempertimbangkan operasi lasik biasanya telah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun ketergantungan kacamata. Dengan melakukan tindakan LASIK, banyak orang yang dapat melihat dengan lebih jernih tanpa perlu bergantung pada alat bantu visual. Tanpa alat bantu penglihatan, tentu aktivitas sehari-hari akan lebih mudah. Kamu akan bisa membaca, mengemudi, berolahraga tanpa terkendala kacamata.

  1. Pemulihan yang Cepat dan Nyaman

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa tindakan operasi membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Namun tidak dengan lasik, prosedur ini memiliki proses penyembuhan yang relatif cepat dan nyaman. Bahkan temanku dapat merasakan penglihatan nya membaik hanya beberapa jam setelah prosedur lasik sehingga bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala lebih cepat.

  1. Mengoreksi Masalah Mata

Teknologi LASIK didukung oleh laser yang memberikan presisi yang luar biasa dalam mengoreksi ketidaksempurnaan mata. Ini memungkinkan dokter mata untuk merancang perubahan mikroskopis pada kornea mata, dengan keakuratan yang tinggi. Hasilnya adalah penglihatan yang lebih tajam dan fokus yang lebih baik, memungkinkan kamu untuk menikmati penglihatan yang lebih detail dan jelas.

  1. Pengobatan Minim Rasa Sakit

Tindakan operasi lasik memiliki tingkat keberhasilan tinggi dan minim rasa sakit selama dan pasca tindakan sehingga menjadi pilihan yang diminati.

Saat prosedur operasi, pasien akan diberikan anastesi berupa tetes mata. Lalu ada juga obat-obatan yang disedikan selama prosedur operasi.

Selain itu operasi ini juga merupakan prosedur non-invasif yang artinya tidak memerlukan sayatan dan tidak ada jahitan sama sekali. Tindakan lasik menggunakan laser untuk mengubah bentuk kornea mata sehingga mengurangi risiko infeksi serta mempercepat proses pemulihan.

Dengan prosedur ini, banyak orang dapat mengatasi masalah penglihatan seperti miopi, hipermetropi, dan astigmatisme tanpa perlu khawatir terhadap risiko yang signifikan.

  1. Investasi Kesehatan Jangka Panjang

LASIK merupakan perbaikan mata yang sifatnya permanen dan jangka panjang. Dengan mengoreksi masalah penglihatan, operasi lasik dapat memberikan peningkatan siginifikan pada kualitas hidup. Kamu akan menikmati manfaat penglihatan yang detail dan jelas serta punya pengalaman visual yang lebih baik seiiring bertambahnya usia.

Prosedur LASIK Mata

pemeriksaan lasik mata

Meskipun termasuk tindakan operasi, LASIK mata tidak semengerikan yang dibayangkan karena tidak memakai pisau bedah atau peralatan yang biasa dijumpai di ruang operasi. Pasien pun tidak perlu berpuasa karena hanya menggunakan bius anetresi topikal.

Sebelum menjalani operasi. Prosedur pertama yang dilakukan adalah menentukan ketajaman penglihatan adalah 3D Corneal Mapping dengan analisis muka gelombang (wavefront). Dengan teknologi ini, dokter akan mengukur ketidaksempurnaan dari mata lebih akurat.

Selanjutnya adalah pembuatan flap dengan metode IntraLase. Flap sendiri adalah lapisan jaringan tipis yang bisa dilipat kembali untuk membentuk kembali kornea mata. Metode ini menggunakan getaran tepat dari laser untuk menyesuaikan dan membuat flap sesuai bentuk mata.

Langkah terakhir adalah membentuk kornea dengan hati-hati menggunakan Laser Excimer berdasarkan pengukuran analisis muka gelombang (wavefront) dan informasi koreksi Anda yang unik. Lalu dokter akan memposisikan ulang flap.

Tindakan koreksi penglihatan dengan teknologi sinar laser ini berlangsung cukup singkat hanya sekitar 10-15 menit. Setelah selesai, pasien akan terbebas dari ketergantungan lensa kontak dan kacamata.

Jika kamu tertarik untuk menjalani tindakan LASIK, beberapa syarat yang diperlukan diantaranya tidak punya mata kering, usia minimal 18 tahun, tubuh sehat, tidak punya penyakit mata lainnya, kelainan refraksi mata punya ukuran stabil setidaknya satu  tahun dan memiliki ukuran pupil normal serta ketebalan kornea yang cukup.

Kamu bisa mendatangi dokter mata terdekat atau klinik mata seperti KMN EyeCare untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi mengenai lasik mata.

KMN EyeCare memberikan layanan LASIK mata yang menyenangkan dan minim rasa sakit karena tidak menggunakan pisau bedah sama sekali. Dokter Mata KMN EyeCare telah bepengalaman dan terampil dalam menggunakan teknologi lasee excimer yang telah disetujui oleh FDA untuk mengoreksi penglihatan pasien. Tindakan operasi dan pemulihannya pun berlangsung cepat.

Bagikan postingan ini :)

riafasha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *