Travelling

7 Destinasi Wisata Alam di Jogja, Cocok untuk Relaksasi

Kota Sultan, Kota Gudeg, Kota Pelajar, dan banyak lagi sebutan dari wisatawan untuk daerah yang terletak di ujung paling selatan Pulau Jawa ini. Ya, Yogyakarta memang menjadi destinasi di Pulau Jawa yang bisa dikatakan paling populer. Tak hanya karena kulinernya yang khas dan otentik, tapi juga pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Tak heran, orang-orang selalu merasa ingin kembali ke sini.

Alam Jogja selalu tampak ramah dan menawan, dengan megahnya Gunung Merapi di kejauhan. Sudah pasti, salah satu daerah istimewa ini menjadi tempat incaran untuk para wisatawan yang ingin melepas penat, jenuh, dan bosan. Sejenak melarikan diri dari rutinitas dan kembali ke alam yang begitu menenangkan. Belum lagi dengan tersedianya banyak villa di Jogja yang punya pemandangan alam yang tak kalah menjanjikan.

Yuk, langsung saja jelajahi alam Jogja yang memukau dengan berkunjung ke destinasi wisata berikut ini.

Goa Jomblang

Goa Jomblang menjadi salah satu dari ratusan goa yang berada di Gunungkidul. Destinasi satu ini sangat populer karena adanya sumur atau sinkhole yang terbentuk dari proses geologi yang terjadi selama ratusan tahun. Bahkan, karena keindahan dan eksotisme yang dimiliki, Goa Jomblang pernah menjadi salah satu destinasi pengambilan gambar dalam acara Amazing Race Amerika tahun 2011 lalu. Khas suasana goa pada, kamu akan mendapatkan ketenangan saat berada di dalamnya.

Hutan Pinus Mangunan

Mulanya, Hutan Pinus Mangunan adalah kawasan hutan lindung yang selanjutnya diubah menjadi area ekowisata. Pohon pinus tinggi berjejer tentu menjadi daya tarik utama di sini. Jika ingin berlama-lama, tidak ada salahnya mendirikan tenda dan menghabiskan sisa waktu menjauh dari suasana bising pusat kota dan menikmati alam sambil menyesap secangkir kopi atau teh panas. Pastinya sangat pas untuk tempat kamu melepas penat dan relaksasi pikiran.

Pantai Siung

Berada di sisi selatan Pulau Jawa membuat Yogyakarta dipagari oleh deretan pantai yang sangat indah. Salah satunya adalah Pantai Siung. Meski letaknya yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja dan pasir pantainya tak seputih di Bali, pantai satu ini tetap punya daya tarik tersendiri, yaitu batuan karang berukuran sangat besar. Berdasarkan penjelasan dari masyarakat setempat, nama Siung dari pantai ini diambil karena bentuknya yang seperti siung atau gigi kera. 

Memanjat tebing menjadi salah satu aktivitas yang paling diminati oleh pengunjung. Memang benar, tebing di pantai ini juga sering digunakan untuk berlatih olahraga panjat tebing para atlet lokal. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di bibir pantai dan berjalan menuju ke puncak Bukit Pengilon dan memandangi Pantai Siung dari ketinggian.

Watu Goyang

Destinasi wisata satu ini juga bisa dibilang unik. Berupa sebuah bukit dengan bagian puncaknya berupa dua buah batu yang bertumpuk. Sebutan Watu Goyang diambil karena batu tersebut akan bergoyang apabila disentuh. Uniknya, batu ini tidak akan jatuh, jadi tetap aman sebagai tempat pijakan untuk kamu yang ingin menikmati matahari terbenam dari tempat yang begitu sempurna di salah satu sisi Jogja.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut menawarkan pemandangan air terjun yang begitu jernih dan indah. Tentunya sangat pas menjadi destinasi wisata alam di Jogja berikutnya yang harus ada dalam daftar kunjunganmu. Habiskan waktu lebih lama di sini dengan menjajal berbagai permainan memacu adrenalin yang sangat seru. Sempatkan beristirahat di gazebo sambil menikmati aneka kuliner lezat dan deru air terjun yang terdengar sangat merdu di telinga.

Jurang Tembelan

Masuk dalam salah satu destinasi wisata alam Jogja yang kekinian, Jurang Tembelan memang sangat unik. Berada di atas bukit, kamu bisa mendapati adanya perahu yang dibuat dari bambu yang difungsikan sebagai gardu pandang dan tempat berfoto. Nikmati betapa indahnya alam Jogja dari atas jurang, terlebih saat matahari hendak terbenam di kejauhan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gurun pasir tak hanya ada di Afrika, Jogja juga punya destinasi serupa, kok. Namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Tak hanya duduk merasakan pasir coklat yang lembut di kulit, kamu juga bisa mencoba serunya sandboarding di sini. Jangan sampai terlewatkan, ya! 

Selain Jogja, alam Indonesia masih begitu beragam untuk kamu jelajahi. Destinasi pilihan selanjutnya yang bisa kamu tuju adalah kawasan Batu yang berada di Malang, Provinsi Jawa Timur. Jangan lupa untuk pesan dulu villa di Batu di Traveloka Lifestyle SuperApp agar liburanmu makin nyaman, ya!

Bagikan postingan ini :)

(1) Komentar

  1. Wih wisata alam memang yang paling tepat untuk menenangkan pikiran dan melepas penat. Apalagi Jogja menjadi tempat yang indah dan masih kental dengan adat serta budaya. Jadi, pengin ke sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *