minuman sereal asam lambung nutriflake

Sereal asam lambung Nutriflakes jadi pilihan sehat keluarga untuk mengatasi GERD dan Maag. 

Bukan main cemasnya melihat seorang teman menahan sakit di bagian perut dan ulu hatinya. Kami yang sedang mengadakan rapat sontak kebingungan, mencoba memberikan pertolongan.

Mba Eli namanya, ia memang kerap mengalami sakit perut yang kata teman-teman penyakit asam lambung. Setiap mau makan, suka merasa mual hingga tidak selera makan. Sakit ini ia rasakan sejak lama dan berulang. Jika parah, ia bahkan sampai pingsan tidak sadarkan diri.

Melihat betapa tersiksanya mba Eli saat itu, saya mencoba mencari tahu mengenai penyakit asam lambung yang ternyata kita kenal dengan istilah GERD (gastroesophageal reflux disease).

Awalnya saya pikir penyakit ini sama dengan maag mengingat gejalanya yang mirip. Kebetulan saya pernah mengalami maag karena pola makan buruk saat kemah berminggu-minggu. Namun seiring waktu saya bisa mengatasi penyakit maag tersebut

Nah, berbeda dengan maag. Asam lambung atau GERD ini gejalanya bisa lebih berat dengan sensasi terbakar pada dada atau heartburn. Menurut klik dokter “penyakit ini dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti memilih jenis makanan alami yang kaya serat dan rendah lemak”. Jahe, sayuran, pisang dan umbi garut menjadi pilihan untuk pencegahan juga pengobatan.

Kabar baiknya, saat ini khasiat umbi garut yang baik untuk lambung sudah berinovasi dalam bentuk sereal untuk asam lambung. Lebih praktis, enak, kaya nutrisi karena ada kombinasi makanan alami lainnya dan tentunya dapat mengatasi permasalahan maag dan GERD.

Mengenal Penyebab Asam Lambung Tinggi

GERD atau gastroesophageal reflux disease yang kita kenal sebagai asam lambung merupakan penyakit yang umum terjadi pada pencernaan.

Dilansir dari website siloamhospitals, GERD adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu simtom atau perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus).

Aliran balik ini akan membuat penderitanya merasakan sensasi perih dan panas seperti terbakar (heartburn) di bawah tulang dada. Jika kita biarkan, penyakit ini akan memperburuk kesehatan saluran cerna dan mengganggu aktivitas. Asam lambung naik berulang-ulang akan menyebabkan iritasi pada lapisan esofagus atau kerongkongan.

Munculnya penyakit asam lambung tinggi erat kaitannya dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Misalnya sering minum minuman berkafein, beralkohol atau minuman bersoda. Selain itu naiknya asam lambung juga bisa dipicu oleh makanan yang tinggi lemak dan asam. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan ini akan meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan otot sfingter esofagus.

Kebiasaan makan yang terburu-buru, langsung tidur setelah makan, dan makan banyak sekaligus juga akan memperberat gejala asam lambung. Faktor lainnya juga adalah kondisi stres dan kecemasan.

Gejala Jika Asam Lambung Naik

Selain nyeri di bagian dada, penyakit asam lambung sering ditandai dengan rasa terbakar yang tidak nyaman. Heartburn ini bahkan menjalar ke leher dan makin parah saat berbaring.

Seperti yang mba Eli pernah rasakan, ada rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut yang memicu kita memuntahkan makanan atau cairan dari perut. Ia pun kerap mual dan sulit untuk menelan.

Gejala lainnya yang sering timbul juga yaitu sering merasa sesak nafas, kepala pusing, jantung berdebar kencang, perut begah, kembung dan sendawa, kerongkongan sakit yang membuat kesulitan untuk tidur, bau tak sedap pada nafas hingga batuk kering di malam hari.

GERD tak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi maupun anak-anak juga dapat mengalami gejala penyakit asam lambung serupa serta muntah kecil yang kering, menangis tidak mau makan, tersedak saat tidur, tenggorokan serak, kesulitan bernafas, dan bau mulut.

Mengingat gejala nya sangat mengganggu dan dapat berpengaruh pada kesehatan. Sebaiknya kita mulai dari sekarang untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak mengalami penyakit asam lambung. Namun, jika sudah mengalami tidak perlu terlalu khawatir. Lakukan tips sehat yang akan saya bagikan di bawah ini.

Tips Sehat Atasi Asam Lambung Naik

Sebagai seorang ibu dan istri, saya menyadari bahwa penyakit asam lambung tidak boleh dianggap sepele. Apalagi saya ada riwayat sakit pencernaan. Tentu tidak ingin keluarga mengalami hal serupa bukan? Gangguan asam lambung ini dapat ditangani bahkan disembuhkan dengan pengobatan ke dokter maupun dengan cara alami.

1. Memulai Pola Hidup Sehat

Harus diakui, bahwa banyak penyakit yang kita alami disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Begitu juga dengan penyakit asam lambung. Modifikasi pola hidup dapat dilakukan untuk pemulihan penyakit GERD, jadi tidak melulu dengan obat-obatan. Pola hidup sehat adalah kebiasaan baik dan sehat termasuk mengatur pola makan. Nah, beberapa langka hidup sehat yang dapat kita terapkan yaitu:

  • Menjaga berat badan tetap ideal. Tidak kekurangan maupun obesitas agar asam lambung tidak memiliki tekanan berlebih.
  • Berhenti merokok yang dapat melemahkan fungsi katup stingfer esofagus.
  • Menghindari makanan yang dapat membuat asam lambung naik seperti makanan berlemak, makanan yang sifatnya asam, gorengan, kafein dll.
  • Menghindari makan dalam porsi besar sekali terutama di malam hari
  • Menghindari makan dalam porsi besar dan berat di malam hari
  • Tidak makan dengan terburu-buru. Usahakan makan dengan perlahan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.
  • Setelah selesai makan, jangan langsung berbaring. Tunggulah kurang lebih 3 jam sebelum tidur.
    Gunakan pakaian yang longgar alih-alih pakaian ketat yang dapat mengurangi kinerja katup sfingter esofagus.
  • Mengelola kecemasan dan stress, tidur yang cukup serta rutin olahraga.

2. Meminum Obat dan Operasi

Penyakit asam lambung juga bisa diatasi dengan meminum obat khusus setelah konsultasi di dokter. Namun biasanya obat-obatan yang ada hanya mengobati penyakit tahap ringan atau meredakan gejala sementara.Jika penyakit naiknya asam lambung semakin parah, biasanya dokter menyarankan tindakan medis berupa operasi untuk mengencangkan otot sekitar sfingter esofagus bagian bawah atau memasang cincin magnetik.

Metode penanganan medis ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi jika tidak ingin menggunakan perantara obat atau operasi. Mengubah gaya hidup dan mengkonsumsi makanan sehat menjadi pilihan terbaik.

kemasan Nutrfilakes minuman serbuk umbi garut

Nutriflakes, Sereal Umbi Garut Atasi Asam Lambung

Cara mengatasi asam lambung naik yang menurutku lebih aman, mudah dan sehat adalah mengkonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Apakah kalian pernah mendengar mengenai sereal asam lambung Nutriflakes ini? Aku mengenalnya sudah sekitar 1 tahun yang lalu saat mencari sereal sehat yang dapat dikonsumsi oleh seluruh keluarga.

Tak hanya baik untuk pejuang asam lambung, minuman serbuk umbi garut Nutriflakes juga cocok untuk yang ingin mencegah terjadinya GERD. Aku pun sudah mulai mengkonsumsinya sebagai pilihan minuman sehat yang aman di lambung.

foto kemasan box nutriflakes asam lambung berwarna hijau

Manfaat Sereal Asam Lambung Nutriflakes

Dilansir dari website Nutriflakes, ada beberapa manfaat utama sereal asam lambung ini yaitu:

  • Melancarkan dan Menguatkan Pencernaan
    Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, penyebap GERD  adalah melemahnya otot sekitar sfingter esofagus. Hal ini bisa diatasi dengan minum sereal umbi garut yang mengandung komposisi bahan alami dan kaya nutrisi dan serat. Akan menyehatkan organ pencernaan terutama usus.
  • Menurunkan Asam Lambung (GERD)
    Asam lambung yang tinggi dapat diatasi dengan adanya zat antioksidan nabati yang terkandung pada Nutriflakes seperti tanin, flavonoid, riboflavin, dan thiamin.
  • Meredakan Maag Kronis
    Bukan hanya GERD, bahan utama Nutriflakes juga baik untuk meredakan maag karena mampu menetralkan pH di lambung. Lambung jadi terhindar dari infeksi, gejala begah, nyeri dan kembung.
  • Mencegah Obesitas
    Yang ingin diet, sangat cocok minum nutriflakes karena minuman ini punya bahan spesial yang mampu mengikat lemak jahat
  • Meredakan Nyeri Sendi dan Sesak
    Sereal ini memiliki khasiat meredakan rasa nyeri sendi dan sesak napas karena bahan di dalamnya tidak mengandung purin yang tinggi.

Kelebihan Nutriflakes Sereal untuk Asam Lambung

Setelah mencoba mengkonsumsi Nutriflakes, saya jadi jatuh cinta dengan sereal ini. Rasanya enak dan manfaatnya mantap. Agar teman-teman semakin yakin, ini dia kelebihan nutriflakse berdasarkan pengalaman saya menggunakannya.

1. Kemasan Rapi dan Aman

Meskipun saya memesan dari Bengkulu dan paket Nutriflakes ini melalui perjalanan yang cukup jauh. Nutriflakes sampai dengan aman karena selain dikemas dalam dus, bagian dalamnya juga tertutup rapat dengan plastik warna perak.

tampilan belakang sereal asam lambung nutriflakes

Nutriflakes dikemas dengan warna dominan hijau. Di box luarnya dilengkapi dengan informasi produk, komposisi, informasi nilai gizi, kode produksi, petunjuk penyajian serta ada nomor BPOM RI.

2. Rasa Enak dan Nikmat

Jujur saja saya pikir kombinasi bahan-bahan alami pada Nutriflakes seperti umbi garut, daun kelor dan psyllium husk akan membuat rasa minuman serbuk ini terasa aneh. Ternyata tidak juga, Nutriflakes bukan hanya sehat tetapi juga enak.

minum nutriflakes sereal untuk asam lambung

Saat pertama kali dibuka, saya menghirup aroma wangi khas tumbuhan dipadu dengan aroma susu kambing yang lembut. Teksturnya berbentuk sereal namun lebih halu dengan butiran hijau dan coklat. Saat diseduh dengan air panas, tekstur sereal menjadi halus seperti minuman serbuk. Kekentalannya pas, rasanya enak. Anak-anak saya pun suka.

3. Cocok untuk Program Diet

Beberapa kali mencoba program diet dan minuman penurun berat badan, saya belum merasakan manfaat yang maksimal. Ada yang sama? Jika begitu, ada baiknya kita coba sereal umbi garut Nutriflakes yang mengandung karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Setelah minum Nutrfilake, ada efek kenyang sehingga dapat menjadi pengganti menu makan harian. Sangat cocok untuk kita yang sedang menjalani program diet.

4. Aman Untuk Anak, Ibu Hamil dan Lansia

Mengkonsumsi Nutriflakes sangat aman karena selain mengandung bahan alami juga sudah teregistrasi di BPOM dengan nomor registrasi MD 869011005864 sebagai produk Makanan dan Minuman. Jadi tidak khawatir lagi ya!Karena terbuat dari bahan alami, sereal ini aman tanpa efek samping, baik digunakan untuk orang sehat maupun orang yang memiliki gangguan pencernaan, mulai usia 1 tahun sampai lansia dan aman untuk ibu hamil.

5. Mengandung Bahan Alami Kaya Manfaat

Nutriflakes menjadi minuman sehat karena mengandung bahan alami yang berkhasiat untuk tubuh. Bahan utamanya yaitu umbi garut, mengandung zat pati sebagai sumber karbohidrat.

Ada juga kandungan nutrisi psyllium husk, susu etawa, daun kelor dan gula aren.untuk menurunkan berat badan, mengatasi diare, menguatkan kekebalan tubuh, dan menyembuhkan asam lambung.

Kandungan Utama Sereal Umbi Garut Nutriflakes

  • Umbi Garut (Irut)
    Irut atau umbi garut menjadi bahan utama Nutriflakes. Umbi garut mengandung beberapa senyawa kimia yang bagu untuk kesehatan tubuh seperti zat pati yang berfungsi sebagai sumber karbohidrat.
    Dengan begitu nutrisi umbi garut ini dapat membantu mengatasi obesitas, mengatasi diare, baik untuk kekebalan tubuh, dan menyembuhkan asam lambung.
  • Psyllium Husk
    Tahukah kamu, psyllium husk adalah salah satu sumber pangan yang juga kaya serat. Memang terdengar asing di telinga ya namanya!
    Psyllium husk adalah sekam atau kulit biji yang berasal dari tanaman dengan nama ilmiah Plantago ovata.
    Bahan ini mengandung 66% serat larut dan 34% serat tidak larut alami untuk menyerap air dan membentuk Gel. Saat mengkonsumsinya, gel ini akan membuat tekstur feses melunak sehingga mudah keluark. Selain itu gel ini juga berfungsi mengikat lemak, gula darah, kolesterol dalam perut dan kemudian mengangkutnya ke usus besar dan keluar melalui BAB.
  • Susu Etawa Murni
    Susu kambing Etawa kita kenal berkhasiat dan baik untuk tubuh. Mengandung vitamin A dan B lebih banyak dibanding susu sapi. Selain itu, ada juga kandungan zinc, besi, magnesium dan asam lemak rantai pendek.
    Kandungan basa dalam susu kambing etawa mampu menetralkan kadar asam dalam lambung, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resiko serangan jantung dan stroke.
  • Daun Kelor (Moringa)
    Moringa atau daun kelor merupakan bahan alami dengan nutrisi yang sangat baik dan terkandung juga pada Nutriflakes. Daun kelor dapat menangani masalah gizi karena kandungannya dapat membantu mengatasi peradangan, menurunkan kolesterol, mencegah anemia, mengatasi kanker dan infeksi bakteri.
  • Gula Aren
    Tak hanya membuat efek rasa manis dan lezat, gula aren pun mempunyai kandungan Vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan asam nikotinat (B3).
    Gula aren juga punya fungi anti-inflamasi dan antimikroba sehingga dapat mencegah infeksi. Aman dan sehat  daripada gula pasir, serta bagus untuk penderita diabetes selama tidak berlebihan.

6. Bisa Dikreasikan menjadi Camilan Enak

Sereal asam lambung ini biasanya dikonsumsi 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan malam sebelum makan malam. Atau bisa juga sebagai pengganti hidangan utama untuk penyembuhan asam lambung atau GERD.

Namun uniknya Nutriflakes ini, tidak hanya bisa tersaji menjadi minuman serbuk asam lambung saja. Tetapi juga bisa dikreasikan menjadi aneka menu yang enak dan menarik.
Apalagi jika punya anak-anak, Nutrfilakes bisa jadi pancake maupun es krim sehat. Anak-anak pasti suka dan tentunya baik untuk saluran cerna nya.

7. Sudah Dipercaya Keluarga Indonesia dengan Review Positif

Sejak 2021 sudah ada puluhan ribu konsumen yang merasakan manfaat Nutriflakes hingga melakukan pemesanan berkali-kali. Banyak review positif saat mereka minum Nutriflakes dan merasakan manfaat sereal ini untuk mengurangi gejala dan mengatasi asam lambung.

8. Mudah di Pesan Melalui Official Store Nutriflakes

Nutriflakes dijual di beberapa marketplace, seperti Shopee Nutriflakes, Tokopedia Nutriflakes, dan Lazada Nutriflakes. Untuk informasi lebih lanjut teman-teman bisa kunjungi official akun instagram nya @nutriflakes.official atau website https://nutriflakes.id/

Sereal untuk Asam Lambung Nutriflakes memang jadi pilihan sehat keluarga Indonesia untuk mengatasi penyakit asam lambung (GERD) dan maag. Rasanya enak dan nikmat, terbuat dari bahan alami umbi garut yang kaya manfaat!

Referensi
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-gerd-kenali-penyebab-faktor-risiko-dan-cara-mengatasinya
https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-lambung
https://www.ugm.ac.id/id/berita/21976-kenali-penyebab-asam-lambung-naik#:~:text=Penyebab%20sekresi%20asam%20lambung%20berlebihan,dilihat%20secara%20radiologi%2C%E2%80%9D%20tegasnya.
https://nutriflakes.id/blog/cara-mengatasi-asam-lambung-naik/
https://www.klikdokter.com/penyakit/masalah-pencernaan/penyakit-asam-lambung

Bagikan postingan ini :)

riafasha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *